Liputan Pokemon X & Y Asian Cup 2014

Pada hari minggu tanggal 2 Februari 2014 kemarin, bertempat di Food Court Area Mall Taman Anggrek Lantai 4 Jakarta, diselenggarakan event Pokemon X & Y Asian Cup Indonesia Qualifiers Tournament yang diikuti oleh 41 peserta yang kebanyakan berasal dari area JABODETABEK.

Cuaca yang agak mendung tidak menyurutkan semangat peserta yang rela datang jauh-jauh demi mendapatkan spot 8 besar di kompetisi ini. Acara dimulai jam 12.30 siang yang dibuka dengan kata sambutan serta penjelasan mengenai aturan turnamen oleh ketua penyelenggara event ini, Ken Cashern. Ken menjelaskan bahwa turnamen ini menggunakan sistem Swiss Round (sistem akumulasi poin) sebanyak 5 ronde yang mana di masing-masing ronde peserta bertanding dengan sistem Best of 3.

Delapan peserta yang mempunyai total poin tertinggi (hasil akumulasi nilai / score dari 5 ronde), selain membawa pulang hadiah-hadiah menarik yang telah disediakan, ia juga berhak mewakili Indonesia untuk bertanding di kompetisi Pokemon X & Y Wi-Fi Battle yang diikuti oleh beberapa negara Asia lainnya di akhir bulan Februari ini.

Ken juga menjelaskan alasan dirinya menyelenggarakan event ini dengan menggunakan sistem Swiss Round daripada eliminasi. “Kalau eliminasi durasinya terlalu cepat sehingga menyebabkan kans peserta untuk memenangkan pertandingan ini terlalu sedikit dan selain itu kan lebih seru juga kan kalau diadakan dengan sistem ini, istilahnya ada greget-nya lah he..he” ujarnya.

Setelah mengucapkan kata sambutan dan menjelaskan aturan pertandingan, Ken pun langsung melanjutkan acara dengan menentukan peserta yang bertanding di ronde pertama. Nantinya dari masing-masing ronde, akan keluar 21 peserta yang menang dan 20 peserta yang kalah. Peserta yang kalah di babak pertama dan kedua, apabila ia memenangkan babak ketiga dan seterusnya, poin-nya akan bertambah yang secara otomatis dapat mengancam peserta yang sudah berada di posisi atas dan begitu juga sebaliknya.

Akhirnya setelah bertanding selama 5 ronde, didapatkan 8 peserta yang nantinya mewakili Indonesia di ajang Pokemon Wi-Fi Battle di akhir bulan Februari ini. Ke 8 peserta tersebut adalah:

  1. Oktavion Jason
  2. Aldo Muhamad
  3. Airi
  4. Taufik Hidayat
  5. Ari Bama
  6. Janitra Lemonov
  7. Aji Bima
  8. Firmansyah

Selamat bagi para pemenang dan semoga di ajang selanjutnya kalian dapat membawa nama harum Indonesia… BRAVO!!!

Delapan peserta yang mewakili Indonesia


SHARE
Previous articleBuild an Academy and Finish the Missions on Valthirian Arc II, Agate Studio’s Latest RPG!
Next articleWawancara Pokemon X & Y: Oktavion Jason

Singer, Radio Announcer, Journalist and Entertainment Savvy and Project Manager@ duniaku.net