Game Mobile Terbaru: Pitfall! Krave, Ferris Mueller’s Day Off, Neon Beat, GA9: Sultans of Rema, dan Small Fry

Pitfall-Krave-3

Ada beberapa game mobile baru dirilis seminggu belakangan. Mulai yang casual, puzzle, endless runner, hingga adventure untuk iOS dan Android. Berikut kompilasi game mobile terbaru yang bisa kalian jadikan referensi sebelum mengunduh dan memainkannya.

Pitfall! Krave

Pitfall-Krave-1

Activision bersama studionya, The Blast Furnace baru saja merilis game endless runner baru, Pitfall! Krave. Tidak sepenuhnya baru sih, karena pada 2012 lalu mereka mengenalkan game mobile Pitfall (game klasik Atari dari tahun 1982) yang juga berjenis endless runner. Sekilas gameplay Pitfall! Krave mirip dengan Pitfall. Namun karena di sini Activision bekerjasama dengan produsen sereal Kellogs, ada beberapa elemen selama permainan yang berkaitan dengan produk dari produsen makanan asal Amerika tersebut. Activision merilisnya sebagai game free-to-play, meskipun kamu jangan berharap untuk memainkannya dengan santai sampai jauh jarak pelarianmu, tidak ada item in-app purchase yang perlu dikorbankan.

Pitfall-Krave-2

Selama permainan, karaktermu (Pitfall Harry) akan berlarian dengan coklat-coklat di setiap bagian jalur yang kamu lalui bisa dipungut dalam misinya untuk menemukan harta karus misterius Krave, Chocovore Idol the Ultimate Chocolate Source. Kamu harus menemukan semua potongan idol tersebut, dan mendapatkan sumber coklat utama dunia. Seperti tipikal endless runner lainnya, Pitfall akan berlari, melompat, meluncur dan berayun melalui 6 level yang disediakan, sembari menghindari kejaran (sereal) Krave Chocovores. Sayangnya, meskipun dirilis gratisan, game ini dibatasi hanya bisa dimainkan di Eropa saja. Situs Chocovore, yang menjadi website resmi game ini menuliskan Inggris Raya, Irlandia, Spanyol, Portugal, Belanda, Perancis, Italia dan Belgia saja yang bisa mengunduh dan memainkannya. Atau, kamu di luar wilayah tersebut bisa mengakses tautan berikut untuk mengunduh APK-nya secara offline.

  • Dapatkan versi Android  Pitfall! Krave  melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 4.0 dan jatah storage 49 MB.

Ferris Mueller’s Day Off

Ferris-Mueller's-Day-Off-1

Datang dari Glitch Games, developer game indie yang berpusat di UK dan sebelumnya mengeluarkan serial game adventure Forever Lost. Ferris Mueller’s Day Off masih sama seperti karya mereka sebelumnya, berupa game adventure dengan mekanis point-and-click mengenai seorang pria yang mencari keledainya yang hilang. Game yang dirilis untuk iOS dan Android ini sebenarnya menjadi parodi film komedi dari tahun 1986, Ferris Bueller’s Day Off. Karena itulah tidak heran jika dialognya juga dipenuhi dengan unsur pop culture dan humor, di sela tugas utamamu membujuk keledai yang hilang agar kembali dengan menggunakan 9 Golden Carrot.

Ferris-Mueller's-Day-Off-2

Selama aktivitas tersebut, ada banyak puzzle menghiasi dalam berbagai bentuk, selain juga bertemu orang asing yang masing-masing memiliki kepribadian unik dan lucu, dan terkadang menunjuk pada figur yang ditemui dalam film yang menjadi referensi game ini. Grafisnya yang diperlihatkan seperti lukisan gambar tangan juga menambah kesan santainya. Selain mekanis point-and-click, kami juga menemukan beberapa fiturnya yang menarik diterapkan untuk ukuran game puzzle. Seperti kamu bisa menyimpan capture layar yang kamu lihat saat ini, termasuk catatan berisi petunjuk yang bisa dimanfaatkan untuk memecahkan puzzle.

  • Dapatkan versi iOS Ferris Mueller’s Day Off melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.1 dan jatah storage 201 MB.
  • Dapatkan versi Android Ferris Mueller’s Day Off melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.2 dan jatah storage 208 MB.

Ferris Mueller’s Day Off – Intro and Gameplay Trailer

Neon Beat

Neon-Beat-1

Game klasik memang tidak bisa kita lupakan begitu saja. Seperti yang dilakukan Gripati Digital Entertainment ini. Mereka mengadaptasi Breakout, game arcade buatan Atari yang menugasimu membersihkan tumpukan balok menggunakan bola yang bergerak memantul melalui platform yang kamu kendalikan di bagian bawah layar. Gripati mengevolusikan mekanis tersebut, dan menggabungkannya dengan soundtrack yang keren melalui Neon Beat.

Neon-Beat-2

Dalam game ini, setiap level terdiri dari kumpulan balok di tengah layar, dan bola yang bergerak berlawanan arah jarum jam, mengelilingi perbatasan layar. Ketika kamu menekan sembarang bagian layar, bola tersebut meluncur cepat ke tengah layar dan menarget kumpulan balok tersebut, kemudian memantul kembali, dan terus bergerak. Tujuan permainan ini adalah membersihkan semua balok sebelum batasan waktunya selesai. Mekanis permainannya memang sederhana, namun jika kamu memecahkan balok yang tepat, kamu bisa membuka power-up atau bola yang ukurannya lebih besar. Tantangannya lebih terletak pada timing, serta 60 level berbeda yang ditawarkan. Dan setiap 5 level kamu akan melawan boss berwujud pixel art. Versi iOS game ini dijual seharga US $0.99, sedangkan di Android bisa diunduh gratis, namun kamu tetap perlu membelinya untuk membuka keseluruhan level.

  • Dapatkan versi iOS Neon Beat melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 4.1 dan jatah storage 51.1 MB.
  • Dapatkan versi Android Neon Beat melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dan jatah storage 28 MB.

Neon Beat – iOS / Android Mobile Game

Gamebook Adventures 9: Sultans of Rema

Gamebook-Adventures-9-1

Salah satu developer game mobile yang sudah diakui berkat pilihan game novel digitalnya adalah Tin Man Games. Mereka dikenal melalui serial Gamebook Adventures. Game tersebut dikembangkan melalui engine gamebook Tin Man Games yang merubah iOS dan Android menjadi buku digital interaktif, dimana kita para pembacanya bisa memilih jalan cerita RPG yang sedang dibaca. Engine mereka itu juga terkenal realistis, dengan setiap lembar halaman yang dibalik digambarkan dengan animasi khusus, link yang dinamis, adanya sistem achievement, side quest seperti tipikal RPG lain. Bahkan jika merindukan adegan pertarungan untuk mengalihkan kebosanan selama bermain, kamu juga tetap menemukan sesi pertarungan dengan sistem tipikal novel digital lainnya, dimana kamu perlu melempar dadu dan menentukan seberapa kuat serangan karakter selama melawan makhluk yang ditemui selama membaca ceritanya.

Gamebook-Adventures-9-2

Sultans of Rema menjadi sekuel dari GA3: Slaves of Rema. Di sini kamu kembali ke Rema, dan bertualang ke timur mencapai City-State Callae, dalam sebuah cerita yang sarat akan politik dua wilayah yang bertikai. Cerita game ini ditulis oleh penulis gamebook Gaetano Abbondanza dan dihiasi ilustrasi bernuansa Arabian Nights. Seperti game Tin Man lainnya, ditawarkan cukup mahal. Untuk iOS kamu bisa menebusnya dengan harga US $5.99, sedangkan di Android $5.25.

  • Dapatkan versi iOS Gamebook Adventures 9: Sultans of Rema melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.0 dan jatah storage 85.8 MB.
  • Dapatkan versi Android GA9: Sultans of Rema melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.0.1 dan jatah storage 43 MB.

Small Fry

Small-Fry-2

Noodlecake Studios Inc sepertinya tahu bagaimana membuat game casual yang solid. Mereka sebelumnya sudah banyak menghadirkan game casual untuk mobile, seperti Super Stickman Golf atau Punch Quest yang sudah dikenal sukses. Dan kini untuk game terbarunya, Small Fry yang mengajukan gameplay endless runner tidak berbeda. Di sini kamu mengendalikan ikan mas berani yang berenang untuk menghindari ancaman ikan hiu. Seperti tipikal endless runner, Small Fry tidak membutuhkan kontrol rumit, hanya satu tombol saja untuk menggerakkan ikan tersebut ke atas dan bawah.

Small-Fry-1

Fry kecil yang kamu kendalikan memulai petualangan tiada akhirmu dari lingkungan air yang tenang, dan makin lama dia berenang, akan menjadi lebih berbahaya. Di sepanjang perjalanan akan ada banyak makhluk laut lainnya, yang bisa memperlambat laju Fry dan membuatnya masuk dalam mulut hiu. Karena lawannya ikan dengan ukuran puluhan kali lebih besar, Fry pun dibekali kemampuan yang tidak semestinya dimiliki seekor ikan mas, yaitu melompat. Dengan kecepatan yang cukup, bahkan Fry sanggup melompat hingga ke luar angkasa, dimana tidak ada hiu yang bisa menjangkaunya. Sekilas game ini juga mengingatkan kami pada serial Tiny Wings, meskipun keduanya berbeda setting. Small Fry bisa didapatkan gratis melalui pasar digital masing-masing platform, dengan opsi in-app purchase seperti upgrade power-up yang bisa memperlancar pelarian Fry. IAP bisa dibeli menggunakan mata uang yang bisa didapatkan selama permainan (tentu saja, terbatas), atau membelinya dengan uang asli.

  • Dapatkan versi iOS Small Fry melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.0 dan jatah storage 65.8 MB.
  • Dapatkan versi Android Small Fry melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3.3 dan jatah storage 43 MB.

The Adventures of Small Fry – Official Trailer


SHARE
Previous articleDinobot Akhirnya Menampakkan Wujudnya dalam Trailer Pertama Transformers: Age of Extinction
Next articleLagi, Zynga Pensiunkan Ratusan Karyawannya

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.