Kinect Digunakan untuk Menjaga Perbatasan Korea Utara dan Selatan

Kinect

Perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara sudah sekian lama dijaga oleh banyak angkatan bersenjata, dan menjadikannya perbatasan wilayah paling ketat di dunia. Namun kali ini, tugas para tentara militer yang menjaga perbatasan tersebut akan menjadi lebih mudah dengan hadirnya satu “penjaga” baru, Kinect! Ya, selain menyenangkan digunakan untuk bermain game, rupanya ini menjadi salah satu kegunaan lain dari Kinect yang bisa bermanfaat di kehidupan nyata.

Adalah salah satu programmer asal Korea Selatan, Jae Kwan Ko yang mengembangkan software untuk Kinect yang diletakkan di perbatasan tersebut. Programmer yang mengaku belajar pemrograman secara otodidak ini mengembangkan sebuah software yang digunakan untuk terus memantau DMZ (Demilitarized Zone) yang memisahkan Korea Utara dan Selatan tersebut. Sebenarnya, sistem software ini sudah diletakkan di perbatasan sejak bulan Agustus tahun 2013 lalu, namun baru di awal Februari inilah mereka mengkonfirmasikannya kepada publik.

Seperti dilansir dari Hankooki, sistem berbasis Kinect ini bekerja dengan mengidentifikasi objek-objek yang melintasi area DMZ tersebut. Saat ada objek yang melintas, sistem tersebut bisa membedakan apakah yang melintas tersebut manusia ataukah bukan. Jika sistem mendeteksi bahwa yang melintas adalah manusia, maka sistem akan memberikan peringatan kepada pos pemantau yang ada. Sayangnya, tidak ada penjelasan lebih mendetail mengenai sistem baru ini, mungkin untuk menjaga rahasia dan keamanan nasional kedua negara.

Kinect
Suasana area perbatasan Korea Utara dan Selatan

“Saya tidak pernah berpikir sebuah sistem game bisa melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan ketahanan nasional,” ungkap Ko seperti dilansir Hankooki. Lebih lanjut, Ko mengungkapkan bahwa sistem sensor tersebut akan di-upgrade esehingga bisa mendeteksi detak jantung dan panas tubuh, yang sepertinya mengindikasikan bahwa mereka siap meng-upgrade Kinect yang digunakan dengan Kinect milik Xbox One.

Bagaimana, apakah kamu memiliki ide menarik lain memanfaatkan Kinect yang bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari? Yuk share idemu di kolom komentar!

[Sumber: Hankooki/Via Kotaku]


SHARE
Previous articleAktor Watak Philip Seymour Hoffman Meninggal Dunia
Next articleYear on Local Games, Indonesian Game Developers Kaleidoscope for 2013

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.