Valve Siapkan Steam Music untuk Memainkan Musik Selama Bermain Game

Steam Music

Meskipun saat ini disibukkan dengan proyek Steam Machine, Valve juga tidak melupakan inovasi untuk platform Steam milik mereka. Kali ini, mereka mengkonfirmasikan bahwa dalam waktu dekat mereka akan menggulirkan fase beta untuk satu fitur baru di Steam yang mereka sebut dengan Steam Music.

Steam Music

Steam Music

Saat bermain game, mungkin seringkali kamu menemukan masalah saat memainkan musik sembari bermain game, salah satunya adalah suatu saat kamu ingin menurunkan atau menaikkan volume musik yang keluar. Tentunya, kamu harus sering-sering berpindah window antara game yang sedang kamu mainkan dengan aplikasi pemutar musik kesayanganmu di PC. Nah, Steam Music ini didesain untuk menyelesaikan masalah tersebut, dimana nantinya kamu tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi pemutar lagi di PC-mu jika ingin mendengarkan musik sembari memainkan game di Steam.

Steam Music

Steam Music

Cara kerja Steam Music sendiri hampir sama dengan aplikasi pemutar musik lainnya, dimana Steam Music akan mengakses file-file musik yang ada di PC-mu, dan memasukkannya dalam library Steam. Selain itu, dengan mengakses file musik yang ada di PC, di Steam Library nanti juga akan muncul “penawaran” mengenai lagu atau album lain dari penyanyi yang lagunya tengah kamu dengarkan. Lantas, kamu juga bisa mengatur playlist dan memainkan musik langsung melalui client Steam, tanpa harus menggunakan aplikasi eksternal lagi.

Steam Music

Steam Music

Seperti yang dikutip dari Community Group-nya, Valve akan segera menggulirkan fase beta dari Steam Music. Namun untuk sementara, hanya pengguna Big Picture dan SteamOS saja yang bisa berpartisipasi dalam beta ini. Jika kamu merupakan pengguna Big Picture dan SteamOS, kamu bisa berpartisipasi dalam fase beta dengan mendaftarkan diri di Steam Community Group, dan selanjutnya menunggu giliran untuk mencicipi fitur tersebut.

Steam Music

Perilisan dari Steam Music ini sendiri sejalan dengan rencana yang sudah didengungkan Valve sebelumnya. Pertengahan Januari lalu, Valve sempat mengkonfirmasikan bahwa mereka siap mengimplementasikan musik, film dan TV ke dalam SteamOS, yang akan membuat Steam Machine nantinya bukan hanya untuk bermain game, melainkan sebuah pilihan untuk pusat hiburan yang terpadu di ruang keluarga.

[Sumber: VG247[2]/Steam Community Group]


SHARE
Previous articleGlobal Game Jam 2014 Jakarta – Day 1
Next articleDinobot Akhirnya Menampakkan Wujudnya dalam Trailer Pertama Transformers: Age of Extinction

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.