Detail Baru MGS V: Ground Zeroes, Prolog MGS V dengan Gameplay Sepanjang Dua Jam

MGS V: Ground Zeroes

Menjelang perilisannya bulan depan, Kojima Productions kembali memberikan update beberapa detail baru untuk Metal Gear Solid (MGS) V: Ground Zeroes, game yang direncanakan hanya sebagai prolog sebelum memainkan MGS V yang “sebenarnya” dalam The Phantom Pain. Seperti dilansir dari Game Informer, MGS V: Ground Zeroes ini nantinya hanya akan memiliki gameplay sepanjang dua jam saja.

Terlalu singkat? Untungnya dua jam tersebut bukan menggambarkan keseluruhan game ini, karena GameInformer mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan angka tersebut hanya dengan memainkan misi utamanya saja. “Menilai dari misi utamanya, Ground Zeroes cukup pendek. Kami bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu kurang dari dua jam,” tulis Game Informer dalam pernyataan resminya. Karena hanya memainkan misi utamanya, tentu dua jam ini tidaklah cukup jika kamu ingin memainkan game ini secara penuh, seperti melengkapi achievement-nya dan menyelesaikan misi-misi ekstra yang tersedia.

MGS V: Ground Zeroes

Selain mengkonfirmasikan bahwa gameplay dari MGS V: Ground Zeroes ini hanya sepanjang dua jam, Game Informer juga memberikan beberapa detail lain mengenai game ini antara lain:

  • Game ini akan ber-setting di tahun 1975, sedangkan The Phantom Pain sembilan tahun setelahnya alias tahun 1984.
  • Terdapat banyak cara untuk mencapai dan masuk ke dalam Camp Omega.
  • Teropong Binocular milik Snake bisa digunakan untuk menandai musuh, yang nantinya akan muncul saat kamu membuka mini map. Fitur ini bisa kamu matikan di menu Options.
  • Paten pergerakan AI penjaga kali ini lebih bervariasi dan tidak dapat diprediksi dibandingkan MGS sebelumnya.
  • Kamu bisa menembakkan senjata baik dengan perspektif first person maupun third person.
  • Kamu bisa menembak melalui celah kecil sekalipun, seperti celah diantara kabel, atau diantara pagar duri.
  • Untuk memanajemen item, kamu bisa memanfaatkan tombol D-Pad.
  • Semua senjata yang ditemukan selama permainan bisa digunakan.
  • Saat melarikan diri dari musuh, kamu tidak lagi melihat indikator angka di layar. Sebagai gantinya, di layar akan muncul indikator arah seperti yang digunakan dalam Far Cry 3.
  • Snake kali ini memiliki kemampuan untk melambatkan waktu ketika terlacak oleh penjaga. Kemampuan ini bisa dimanfaatkan untuk menembak penjaga tersebut dengan cepat sebelum mereka mengambil aksi terlebih dahulu. Kemampuan ini juga bisa dinonaktifkan.
  • Untuk serangan jarak dekat, terdapat notifikasi di layar saat Snake sangat dekat dengan musuh. Snake bisa memilih, apakah akan menginterogasi (interrogate), menghajar (knock out), atau langsung membunuhnya (kill).
  • Beberapa interogasi bisa kamu lakukan ke penjaga untuk mendapatkan lokasi amunisi dan jalan rahasia.
  • MGS V: Ground Zeroes menyedikan berbagai macam misi ekstra.
  • Game ini juga memiliki fitur Leaderboard
  • MGS V terlihat sedikit lebih baik di PS4 dibandingkan Xbox One.
  • Untuk membuka side mission, kamu harus mengumpulkan patch XOF yang tersedia sepanjang permainan. Setelah terkumpul, kamu akan mendapatkan side mission yang berbeda-beda untuk tiap platform.

MGS V: Ground Zeroes

Karena hanya sekedar prolog, game ini pun dibanderol di bawah harga game retail lain, yaitu US $20 (sekitar Rp 240.000) untuk versi digital Xbox 360 dan PS3, serta US $30 (sekitar Rp 360.o00) untuk versi retailnya. Sedangkan untuk Xbox One dan PS4 dibanderol sedikit lebih mahal, yaitu US $30 untuk digital, dan US $40 (sekitar Rp 480.00) untuk versi retail. Menurut rencana, MGS V: Ground Zeroes akan bisa dinikmati mulai 18 Maret 2014 yang akan datang.

[Sumber: Game Informer/Via CVG]


SHARE
Previous articleTips and Trick Flappy Bird, Mendapatkan Score Tinggi Dengan Cara Legal
Next articleGlobal Game Jam 2014: Depok

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.