Global Game Jam 2014: Depok

Selain Jakarta, daerah yang masih dalam lingkup JABODETABEK ini juga turut berpartisipasi di dalam event yang mempertunjukkan kehebatan developer-developer game  yang diselenggarkan serentak di 7 kota ini. Mau tahu detail lengkap acara ini berikut liputannya.

Day 1: 24 Januari 2014

Di Depok, penyelenggaraan event Global Game Jam 2014 diadakan di Code Margonda (Depok Coworking Space) dan diikuti oleh 17 peserta individual yang dibentuk dalam 3 tim. Acara yang seharusnya diselenggarakan pukul 5 sore ini, terpaksa mundur 1 jam sampai pukul 6 sore dikarenakan banyaknya peserta yang terjebak hujan dan macet. Namun walau begitu, hal tersebut tidak menghalangi para peserta untuk datang berpartisipasi di dalam event yang serentak diadakan di 7 kota besar di Indonesia ini.

Acara dibuka dengan kata sambutan serta penjelasan house rules dari ketua panitia Global Game Jam Depok, Oscar Kurniawan (Oz) yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tech-talk oleh Wisnu Senjaya yang berasal dari Studio Independent yang di kesempatan ini ia berbagi cerita mengenai bagaima mengembangkan ide-ide games serta karakter game yang dibuatnya sejak lama, Miaa & Chika. Setelah sesi tech-talk  selesai. acara pun dilanjutkan dengan presentasi video keynote yang lalu diakhiri dengan pembentukan tim / grup.

Wisnu Senjaya

Day 2: 25 Januari 2014

Memasuki hari kedua, para peserta masih tetap serius menyelesaikan game buatan mereka. Rasa kantuk serta lelah dihiraukan begitu saja demi menciptakan sebuah game yang inovatif. Pada pukul 6 sore para peserta (walaupun masih 50% jadi) harus memberikan presentasi awal dari game-game mereka yang kemudian dilanjutkan dengan testing game antar peserta. Setelah testing game usai, acara pun ditutup dengan makan malam bersama.

Day 3: 26 Januari 2014

Di hari terakhir event Global Game Jam 2014 di Depok, perasaan para peserta pun bsercampur aduk dikarenakan di hari terakhir ini mereka harus menyelesaikan game mereka dan mempresentasikannya. Setelah melakukan makan siang bersama, akhirnya pada pukul setengah 2 siang, ketiga tim yang telah menghabiskan waktu hampir 48 jam ini mempresentasikan hasil karya mereka ke khalayak ramai. Dan berikut nama beserta ulasan gameplay yang dipresentasikan:

1. Candy Bunny Saga

Adalah games platformer, dimana pemain akan menjadi seekor kelinci yang ingin mengambil permen-permennya yang direbut darinya oleh singa jahat. Games ini memiliki lompatan “leap faith” yang berarti pemain mesti menekan tombol dengan tepat supaya bisa loncat ke platform berikutnya, juga ada mode loncat zig zag untuk naik ke platform yang lebih tinggi diantara dua tebing. Bunny juga bisa mengeluarkan teriakan super untuk menghalau rintangan.

Link Download: https://dl.dropboxusercontent.com/u/5810981/candybunnysaga/index.html

Tim Candy Bunny Saga

2. Trash Rush

Adalah games platformer, dimana pemain akan menjadi makhluk tempat sampah yang bertugas untuk memungut sampah yang berserakan. Gagal memungut sampah, ketinggian air banjir menghantui.

 

Tim Trash Rush

3. Kenney in Melody

Adalah games platformer, dimana pemain akan menjadi alien yang tersesat di planet melody, pemain harus mengikuti lompatan sesuai beat. Games ini direncanakan untuk bisa dimainkan oleh pemain yang buta, dengan beat sebagai panduan untuk loncatan. Jangan sampai nabrak.
Tim Kenney in Melody
Setelah ketiga tim selesai mempresentasikan hasil karya mereka, Maka acara Global Game Jam 2014 pun resmi ditutup. Oscar (oz) selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa ia sangat bangga sekaligus takjub dengan bakat para peserta dan berharap semoga event ini dapat diadakan lagi tahun-tahun mendatang.

SHARE
Previous articleDetail Baru MGS V: Ground Zeroes, Prolog MGS V dengan Gameplay Sepanjang Dua Jam
Next articleGameloft dan Marvel Siapkan Game Mobile Captain America The Winter Soldier

Singer, Radio Announcer, Journalist and Entertainment Savvy and Project Manager@ duniaku.net