Nintendo Akan Terus Membawa Beragam Game Third-Party ke Barat

game third-party

Satoru Iwata mengatakan Nintendo akan terus membawa beragam game third-party ke barat, utamanya game-game yang dirilis untuk 3DS.

Hal ini terungkap melalui perbincangan antara presiden Nintendo, Satoru Iwata, dengan para investor dan analis di mana dirinya mengungkapkan akan merilis beberapa “judul kunci” untuk 3DS tahun ini. Ini karena penjualan Wii U tidak seperti yang diharapkan, dan di lain sisi penjualan 3DS sudah melebihi 40 juta unit di seluruh penjuru dunia. 3DS berada di posisi yang jauh lebih menguntungkan daripada Wii U jika dilihat dari sudut pandang penjualan. Dan Nintendo mengungkapkan bahwa 3DS akan menjadi fokus utama pendapatan profit di tahun fiskal berikutnya, yang dimulai pada tanggal 1 April 2014 mendatang.

game third-party

“Semenjak Nintendo 3DS telah memiliki pemain setianya dengan terjual lebih dari 40 juta unit, kita berada di suatu titik di mana kita tidak mungkin berpaling dari mengambil keuntungan dari bisnis software kita,” ungkap Iwata. “Kita memiliki beberapa judul kunci yang dirilis pada tahun ini, dan kita tetap berjuang untuk mendapatkan keuntungan dari judul-judul tersebut. Terlihat dari sana, saya percaya bahwa keuntungan terbanyak dalam tahun fiskal berikutnya adalah Nintendo 3DS.”

Tiga dari “judul kunci” yang telah dikonfirmasikan oleh Nintendo tersebut bisa jadi adalah Kirby Triple Deluxe, Yoshi’s New Island, dan New Super Smash Bros.. Tidak hanya game-game first-party, Iwata mengatakan kalau Nintendo akan terus membawa beragam game third-party ke barat, utamanya game-game 3DS, baik untuk tahun ini maupun tahun depan.

“Kita terkadang mendistribusikan, bahkan merilis game-game yang dibuat oleh studio pengembang Jepang untuk pasar berat tergantung situasinya. Dan kalian bisa melihat beberapa judul tersebut untuk tahun ini maupun tahun depan,” ucap Iwata kepada para investor. Contoh nyata yang sekarang sedang dinantikan perilisannya adalah Bravely Default di Amerika Utara, JRPG klasik milik Square Enix untuk 3DS. Atau kabar mengenai perilisan Inazuma Eleven untuk 3DS, meski masih belum jelas judul mana yang mereka bawa untuk region Amerika Utara tersebut.

sensor untuk Bravely Default
Bravely Default, JRPG klasik dari Square Enix yang menjadi bukti nyata usaha Nintendo melokalisasi game third-party ke barat
game third-party
Inazuma Eleven 1-2-3 Endou Mamoru Densetsu, yang diprediksikan akan dirilis oleh Nintendo Amerika untuk 3DS

Di akhir, Iwata juga menyatakan bahwa para publisher game-game third-party di barat telah mengetahui fakta bahwa penjualan 3DS di Amerika Serikat dan Eropa telah melebihi 10 juta unit. Tapi karena pihak pengembang game barat kini tengah terfokus untuk menawarkan pengalaman bermain di konsol terbaru, mereka masih dalam proses untuk mempelajari jenis game 3DS apa yang tepat mereka kembangkan. Dengan demikian, masih ada harapan bagi kita penggemar game-game Jepang yang berharap bisa memainkan game-game tersebut untuk 3DS region Amerika Utara maupun Eropa. Saya pun menantikan yang terbaik dari Nintendo. Kita tunggu saja ya kabar terbarunya dari mereka.

[ Sumber : Siliconera ]


SHARE
Previous articleLG dan Google Kini Menawarkan Nexus 5 Dengan Tiga Pilihan Warna
Next articleSimak Spesifikasi PC Minimum untuk Memainkan Titanfall
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.