Global Game Jam 2014: Bandung

Day 1: 24 Januari 2014

Di Bandung, pelaksanaan Global Game Jam 2014 dilaksanakan di lantai 4 kantor pusat Agate Studio dan diikuti oleh 46 peserta. Acara yang dimulai pada pukul 3 sore ini, dibuka oleh MC Aditia Dwiperdana yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai materi artist oleh Lead Game Designer Magato yang sekaligus juga dosen di Universitas Maranatha, Jammy Lesmana. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai materi programming oleh Head of Programmer Agate Studio, Gregorius Soedharmo. Walaupun ruang lingkup yang dijelaskan oleh Jammy dan Gregorius berbeda, namun tujuan mereka adalah sama-sama memberikan tips dan trik membuat game dalam jangka waktu 48 jam.

Jammy Lesmana

Gregorius Soedharmo

Setelah berbagai kata sambutan dan penjelasan tersebut, acara dilanjutkan dengan pembentukan tim / grup sebanyak 12 grup. Setelah pembentukan tim / grup selesai acara di hari pertama ditutup dengan makan malam bersama yang dilanjutkan dengan pembagian ruangan kerja bagi masing-masing tim.

Day 2: 25 Januari 2014

Di hari kedua, walaupun terhambat dengan masalah WiFi lokasi yang kelebihan beban, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta untuk menyelesaikan game yang mereka buat.Dan bahkan saking antusiasnya, banyak peserta yang rela mandi dan bahkan tidur (baca: menginap) di lokasi.

Day 3: 26 Januari 2014

Setelah menghabiskan waktu selama hampir 48 jam, akhirnya ke-12 tim tersebut berhasil membuat game yang kualitasnya bisa dibilang tidak kalah dengan game-game luar. Berikut nama-nama game beserta gameplay-nya dari masing-masing grup:

1. Burgular Boom Saga

Burgular Boom Saga adalah game dimana kita memainkan seorang petugas keamanan yang berusaha mencegah pencuri mengambil barang di sutu rumah. Dalam mencegah pencuri tersebut, sang petugas keamanan harus membom atap rumahnya.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/burglar-boom-saga

2. Candi Crush Naga

Di game Candi Crush Naga, kita memainkan seekor naga yang harus menerobos para penjaga untuk mencapai candi yang ada. Game ini dimainkan dengan cara Swipe.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/candi-crash-naga

3. Crush the Candy King

Di game ber-platform Android ini, kita bertugas untuk menembak-nembaki musuh sambil menghindari senjata musuh yang diluncurkan. Bentuk senjata yang kita gunakan adalah permen-permen ala Candy Crush Saga.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/crush-candy-king

4. Evil Doll

Di game yang terinspirasi dari cerita Boneka Hantu ini, kita akan memainkan seorang karakter yang harus bersenbunyi dari boneka hantu tersebut. Dan setelah bersembunyi dari boneka tersebut kita harus mencari boneka tersebut bersembunyi dimana. Bertemakan horror serta didukung oleh efek suara dan musik yang mencekam, game ini pas sekali bagi kalian yang pencinta horror.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/evil-doll

5. Game: The Game

Game ini terbilang sangat unik. Mengapa ? karena di game ini kita bukan memainkan sebuah karakter yang harus mencapai misi tertentu atau mengumpulkan skor setinggi-tingginya. Melainkan di game ini kita bermain sebagai game-nya yang harus melakukan tindakan manual untuk memberikan suatu perintah yang dapat ber-effek terhadap game tersebut. (contoh: perintah pengurangan skor atau menghilangkan musuh).

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/game-game

6. Inochi No Kagami

Di game yang berformat story-telling ini, kita akan memainkan seorang siswa SMA yang merasakan perbedaan dalam kesehariannya.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/inochi-no-kagami

7. Projek Mobil

Di game ini, kita bermain sebagai karakter yang berada di dalam sebuah mobil. Mobil yang dikendarai sebenarnya sedang mengikuti event mobi balap yang secara tiba-tiba keluar dari jalur dan terdampar di tengah hutan. Mobil yang terdampar tersebut, harus melewati rintangan-rintangan yang ada di dalam hutan termasuk Monster.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/projek-mobil

8. Romance Stalker

Di game ini kita memainkan karakter yang menyukai lawan jenis yang ia sukai. Dan untuk mendapatkan sang pujaan hati, kita harus secara diam-diam men-stalk lawan jenis kita tersebut agar kita dapat mengetahui nama, kebiasaan serta kesukaan dia. Tapi, awas jangan sampai ketahuan ya !

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/romance-stalker

9. See the Same

Ini adalah game untuk menguji ketelitian mata kita. Tugas kita disini adalah harus mencari apa yang salah dan apa yang sama di dalam gambar.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/see-same

10. Trash Hunter

Di game yang terinspirasi dari banjir yang melanda ibukota Jakarta, di game ini kita harus menngumpulkan / memungut sampah di sungai agar tidak banjir lagi.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/trash-hunter

11. Vanish

Di game ini kita harus menghindari peluru musuh. Dan ingat perhatikan terus radar, karena memang hanya yang tertangkap radar sajalah kita mampu menghindari musuh tersebut.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/vanish

12. Universo

Game ber-genre Puzzle ini, dinobatkan sebagai game terfavorit di event Global Game Jam Bandung dikarenakan aransemen lagunya yang enak serta makna dari game ini yang mendalam yaitu, reflkeksi dari sifat-sifat manusia. Tujuan dari game ini adalah untuk membuat alam semesta menjadi seimbang dari berbagai pecahan / bagian sifat-sifat manusia yang beraneka ragam.

Link Download: http://globalgamejam.org/2014/games/universo

Setelah presentasi selesai, acara pun ditutup secara resmi pada pukul 16.30 sore. Sampai jumpa lagi di event Global Game Jam tahun depan !


SHARE
Previous articleDeretan Klip dan Featurette Menarik dari RoboCop
Next articleMencari Makna Kebebasan dalam Persona 5

Singer, Radio Announcer, Journalist and Entertainment Savvy and Project Manager@ duniaku.net