Kojima Jelaskan Mengapa Gameplay MGS V: Ground Zeroes Sangat Singkat

Gameplay MGS V: Ground Zeroes

Di artikel sebelumnya, saya menuliskan beberapa detail baru dari Metal Gear Solid (MGS) V: Ground Zeroes yang dikutip dari edisi terbaru majalah Game Informer. Dalam salah satu poin, Game Informer menuliskan bahwa gameplay MGS V: Ground Zeroes sangatlah singkat, bahkan staff Game Informer berhasil menyelesaikan misi utama dari game ini hanya dalam waktu dua jam saja. Memang sih, game ini hanyalah sekedar prolog untuk MGS V: The Phantom Pain yang merupakan MGS V “sebenarnya”. Namun tetap saja, bagi sebagian orang menggelontorkan dana sebesar US $20 hingga US $40 untuk sebuah game yang hanya memberikan waktu bermain selama dua jam bukanlah pilihan yang menarik.

Gameplay MGS V: Ground Zeroes

Tidak ingin para penggemarnya kecewa dengan pemberitaan singkatnya gameplay dari MGS V: Ground Zeroes ini, Hideo Kojima pun angkat bicara. Melalui akun Twitter resminya, dia memberikan alasan mengenai singkatnya gameplay tersebut. “MGS V: Ground Zeroes terdiri dari satu misi utama dan lima Side Ops. Dalam semua misi terdapat elemen-elemen seperti Trial Records, dimana pemain bisa berkompetisi dengan pemain lain secara online,” tulis Kojima dalam salah satu posting di akun Twitter-nya. “Ini bukanlah game linear seperti game-game MGS sebelumnya. Game ini menawarkan kebebasan dalam gaya bermain, yang kami harapkan bisa dinikmati oleh pemain berkali-kali. Saya percaya, pemain akan puas dengan waktu bermain game ini, dan tidak akan memusingkan waktu menyelesaikannya, yang merupakan standar dari game linear,” tulis Kojima lagi.

Pernyataan dari Kojima ini sepertinya semakin menegaskan elemen open world dalam MGS V, yang akan memiliki replay value yang tinggi. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, waktu dua jam yang dihabiskan memang hanya untuk menyelesaikan misi utama saja, dan seperti yang sudah dikatakan Kojima, masih banyak elemen lain yang bisa dieksplorasi di luar misi utama tersebut.

Gameplay MGS V: Ground Zeroes

Karena hanya sekedar prolog, game ini pun dibanderol di bawah harga game retail lain, yaitu US $20 (sekitar Rp 240.000) untuk versi digital Xbox 360 dan PS3, serta US $30 (sekitar Rp 360.o00) untuk versi retailnya. Sedangkan untuk Xbox One dan PS4 dibanderol sedikit lebih mahal, yaitu US $30 untuk digital, dan US $40 (sekitar Rp 480.00) untuk versi retail. Menurut rencana, MGS V: Ground Zeroes akan bisa dinikmati mulai 18 Maret 2014 yang akan datang.

[Sumber: Kotaku/Kojima Twitter]