Flappy Bird Akan Ditarik Peredarannya dari iTunes dan Google Play Store

Flappy Bird

Kabar buruk datang dari developer Flappy Bird, Dong Nguyen. Dong sudah memutuskan, bahwa dalam beberapa jam yang akan datang sejak artikel ini ditulis (9 Februari 2014) dia akan menarik game yang melejitkan namanya tersebut dari peredaran, baik dari Google Play Store maupun iTunes. Tentu saja, ini kabar yang sangat mengejutkan bagi para penggemar Flappy Bird maupun gamer kebanyakan. Banyak pihak yang bertanya-tanya, mengapa Dong justru menarik game ini dari peredaran saat sedang mencapai kejayaan dan berhasil meraup puluhan ribu dolar perharinya ini?

Perhatian publik dan media yang berlebihan adalah salah satu alasannya. Dong rupanya “risih” dengan banyaknya pemberitaan dari kepopuleran mendadak game ini. Dong pernah menyebutkan, bahwa kesuksesan Flappy Bird ini justu “menghancurkan hidupnya yang simpel” dan dia tidak suka dengan hal tersebut. “Orang-orang media menilai terlalu tinggi kesuksesan dari game saya. Hal ini adalah sesuatu yang tidak saya inginkan. Tolong, beri saya kedamaian,” ungkap Dong dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

Hingga Sabtu kemarin, terhitung sudah 12 hari Flappy Bird merajai iTunes maupun Google Play Store. Dalam 12 hari itu pula, Dong merasa “terusik” dengan banyaknya pemberitaan dari media mengenai game ini, sehingga memutuskan untuk menariknya dari peredaran beberapa jam lagi. “Saya meminta maaf kepada pengguna Flappy Bird, 22 jam dari sekarang, Saya akan menarik Flappy Bird dari peredaran. Saya tidak bisa lagi menjalani ini semua,” tulis Dong dalam akun Twitter-nya semalam. “Hal tersebut tidak berhubungan dengan isu-isu hukum,” tambahnya lagi. Pernyataan terakhir ini merupakan penegasan Dong karena sebelumnya banyak pihak yang mempersoalkan gaya grafis dan elemen-elemen dari Flappy Bird yang dianggap menjiplak beberapa game, seperti pipa-pipa yang mirip dengan pipa yang muncul di Super Mario klasik.

Flappy Bird

Lebih lanjut, Dong menyebutkan bahwa dirinya tidak kapok untuk menjadi game developer, dan akan terus membuat game di masa yang akan datang. Tentunya dengan ditariknya game ini dari pasaran, kamu sudah tidak bisa lagi mencatatkan High Score dan bersaing dalam leaderboard yang terintegrasi. Apakah Dong menyiapkan judul game lain yang tidak kalah seru? Kita tunggu saja.

Mungkin apa yang dilakukan Dong ini sangat disayangkan, karena sebelumnya sempat dilaporkan bahwa Flappy Bird berhasil menjadi mesin uang bagi Dong dengan pendapatan US $50.000 atau sekitar Rp 600 juta setiap harinya. Namun tentu Dong memiliki alasan lain dengan keputusan ini. Atau mungkin, Dong menginginkan hidup yang “damai” setelah menjadi jutawan…

[Sumber: PocketGamer]

 


SHARE
Previous articleLego Dawn of the Planet of the Apes, Ketika Kera Hasil Evolusi Tampil dalam Wujud Lego
Next articleAksi Alex Murphy dalam Puluhan Foto Terbaru RoboCop
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.