Detail Pertama Militia dan IMC, Dua Kubu yang Berperang di Titanfall

Titanfall

Ada beberapa franchise baru yang baru dikonfirmasikan awal tahun ini serta sudah digadang-gadang akan menjadi game-game terbaik di tahun pertama kehadiran konsol next-gen. Salah satunya adalah Titanfall. Game first-person shooter garapan Respawn Entertainment dan akan diterbitkan oleh Electronic Arts itu sejauh ini masih eksklusif PC Windows, Xbox 360, dan Xbox One saja statusnya ketika dirilis untuk 11 Maret 2014 mendatang. XO dan PC akan mendapatkannya pada tanggal 11, namun X360 mendapatkannya pada 25 Maret. Tidak dijelaskan apa ada perbedaan besar antara versi next-gen dan X360, namun yang jelas untuk versi X360 yang ditunjuk mengerjakan port-nya adalah Bluepoint Games. Developer itu sebelumnya mengerjakan versi HD untuk Metal Gear Solid 1-3 dan Ico & Shadow of the Colossus.

Sebelumnya kami sudah menuliskan mengenai keberadaan dua kubu yang terlibat dalam perang dalam game ini, yaitu Interstellar Manufacturing Corporation (IMC) dan juga Militia. Berita terbarunya, Respawn menggulirkan informasi mengenai dua kelompok yang akan kamu kendalikan tersebut.

Militia

Titanfall-Militia

Mulai dengan Militia. Frontier Militia melambangkan dukungan militer di dalam keseluruhan sistem pertahanan Frontier. Dan yang bisa masuk di dalamnya seperti para pendatang, bandit, pembajak angkasa, hingga tentara bayaran, yang semuanya bisa diubah menjadi tentara ketika mereka benar-benar dibutuhkan. Meskipun para pendatang yang sebenarnya warga biasa juga masuk di dalamnya, dan mayoritas juga dengan sedikit terpaksa karena ditempatkan bersama para penjahat, namun mereka memiliki satu tujuan untuk menghadapi eksploitasi IMC di Frontier.

Para Militia biasanya terbagi menjadi Brigade, dan setiap Brigade bertanggung jawab bertarung dalam sebuah bagian yang sudah diatur di wilayah Frontier, dan itu sama saja mencakup beberapa sistem planet. Marauder Corps, atau M-COR, merupakan bagian kecil dari Brigade yang terikat dengan Freeport System. Meskipun beberapa brigade secara kuantitas sebenarnya hanya sedikit lebih banyak dibandingkan sebuah organisasi pembajak yang besar, namun berkat sokongan sumber daya dari Militia mereka mampu menjadi penghambat bagi ambisi IMC di Frontier.

Militia bahkan sering mengklaim jika aksi mereka dalam melawan IMC adalah menjadi harapan terbesar para penduduk yang mereka wakili, namun tidak semua orang di Frontier memandangnya seperti itu. Beberapa anggota Militia yang sudah dikonfirmasikan adalah sebagai berikut:

  • MacAllan – Salah stau veteran Titan Wars, MacAllan kini menjadi executive officer IMS Odyssey, di bawah pimpinan Vice Admiral Marcus Graves. Misi Odyssey sebenarnya menjadi bagian dari operasi perdamaian di Frontier untuk IMC. Namun laporan resmi IMC mengindikasikan jika MacAllan pernah memimpin pemberontakan menggunakan Odyssey lima belas tahun lalu, seperti juga diungkapkan banyak keluhan atas perlakuan IMC pada penduduk Frontier. Namun laporan tersebut tidak pernah bisa dibuktikan kebenarannya, apalagi dengan hilangnya data rekaman penerbangan Odyssey, ketika MacAllan dan anak buahnya melarikan diri bersama kapal tersebut dan menghilang di luar wilayah Frontier.
  • Bish – Nama Bish merupakan kependekan dari Bishamon, salah satu dewa pejuang dalam mitos Tujug Dewa Keberuntungan Jepang. Bish menjadi salah satu ahli listrik IMC yang lahir dan besar di Bumi. Awalnya dia dikacaukan oleh IMC yang tidak cocok menempatkan pekerjaan di Frontier yang sesuai untuknya, yang membuatnya sampai kehilangan semua simpanannya, hingga akhirnya Bish mendapatkan tawaran Militia sebagai Combat Intel Specialist, dengan tugas melakukan serangan jarak jauh ke dalam sistem IMC selama pertarungan untuk mendukung pasukan darat, melacak berjalannya misi, dan memberi tuntunan untuk para Pilot di darat.
  • Sarah – Dia kehilangan banyak anggota keluarga dekatnya karena insiden ketika IMC menggunakan kekerasan dalam menghadapi para penduduk Frontier yang terlantar. Karena itulah kini dia bersumpah untuk menuntut balas pada IMC, bahkan tidak mau berhenti sampai mereka semua sudah menghilang dari Frontier. Sebagian besar karirnya dibangun selama menjadi Covert Operations untuk Militia, sebelum akhirnya naik pangkat menjadi komandan Marauder Corps Militia. Berkat pengalaman sukses serangannya pada banyak bangunan IMC, akhirnya kini dia masuk ke dalam High Value Target List para tentara IMC, dan kini dia juga masih terdaftar sebagai salah satu dari 50 prajurit Militia yang paling berbahaya.

IMC

Titanfall-IMC

Kubu kedua yang bertikai dalam Titanfall adalah Interstellar Manufacturing Corporation, atau biasa disingkat IMC, awalnya dikenal sebagai perusahaan industri kecil yang bergerak di bidang pengolahan sumber daya alam dengan nama Hammond Engineering. Lima belas tahun kemudian, karena makin meningkatnya permintaan material untuk membangun Titan, serta dipadukan dengan teknologi survei pasar Hammond dan juga hak atas database peta, membuat perusahaan mereka berkembang pesat. Melalui proses akuisisi, merger dan re-branding akhirnya mengarahkan Hammond Engineering berubah menjadi sebuah raksasa kerajaan bisnis yang kini dikenal sebagai IMC.

Meskipun mereka dikenal memiliki reputasi buruk karena kegiatan eksploitasi Frontier yang melebihi batas, namun mereka tidak banyak dikeluhkan oleh para pemegang saham dan para pelanggannya yang tinggal di dalam Core System. Hal itu juga didukung karena kenyamanan para pelanggannya berkat banyak produk yang diproduksi IMC.

Dan dengan jalur distribusi serta sumber daya Frontier yang begitu besar, IMC makin berambisi memaksimalkan keuntungan mereka dan makin memakmurkan para direksi utama, meskipun itu harus menggunakan jalan kekerasan. Beberapa anggota IMC yang sudah dikonfirmasikan adalah sebagai berikut:

  • Graves – Dalam susunan pemerintahan IMC, Vice Admiral Graves biasanya lebih dikenal sebagai CINCFRONT, atau Commander-in-Chief, Frontier Command. Dan berkat posisinya tersebut, Graves mampu secara pribadi memerintahkan pasukan IMC di medang perang, bahkan dibandingkan komandang dalam Core Systems. Dan karena kedekatannya dengan para prajurit di lapangan, Graves juga memiliki reputasi sebagai maverick di tengah IMC, karena sikapnya yang lebih santai, meskipun karena gayanya tersebut juga sempat membuatnya dianggap terlalu mengancam keselamatan pasukan IMC, atau bahkan terlalu lunak kepada para penduduk Frontier. Grave juga yang membuat pernyataan selama skandal Odyssey, bahwa kapal tersebut dikomando secara paksa oleh MacAllan dan anak buahnya untuk memberontak.
  • Blisk – Blisk merupakan tentara bayaran dari Afrika Selatan yang kini terikat kontrak jangka panjang dengan IMC untuk diposisikan di Frontier, dengan menyediakan layanan Combat Intel serta Counterinsurgency. Sebelumnya dia pernah terlibat dengan IMC, dan seharusnya imbalan yang didapat sudah cukup untuk pensiun di pulau tropis. Namun setelah mempertimbangkan bayaran yang sangat besar dalam kontrak terbaru, dan yang lebih penting, dia bisa menggunakan senjata koleksinya dengan bebas selama bertugas, Blisk memutuskan menerima tawaran kedua dari IMC.
  • Spyglass – Spyglass bisa disebut sebagai perwujudan fisik dari teknologi jaringan kompurer IMC yang berkembang dengan sangat cepatnya, sehingga juga mampu menangani logistik, navigasi, penyebaran dan komunikasi di antara semua pasukan IMC di Frontier. Unit Spyglass dikembangkan melalui sasis Spectre yang dimodifikasi, mereka biasanya bisa ditempatkan di tengah medan perang, untuk mendukung pasukan darat dari atas dropships, dengan memberikan informasi terbaru mengenai misi, dan juga memantai keadaan sekitarnya secara live.

Titanfall | Respawn Entertainment: Making Titanfall

Dalam Titanfall, kamu bakal bermain dalam sebuah pertarungan online multiplayer di tengah setting planet yang sudah hancur karena perang, menggunakan mecha yang disebut Titan dan juga pilotnya. Meskipun kata titan mengesankan sesuatu yang besar, berat dan lambat, namun keseluruhan aksi dibuat sangat cepat, dan bahkan karakter memiliki ability yang jamak ditumukan dalam gerakan-gerakan parkour seperti berlari di permukaan dinding atau membajak mecha musuh. Sebagai game unggulan untuk mesin game Microsoft, Titanfall juga menjadi game pertama yang akan menggunakan layanan cloud computingnya Xbox One untuk mengirimkan aktivitas non-player ke server, dan mengoptimalkan tampilan grafis selama kita bermain.

Titanfall-8

Bisa jadi berkat dukungan cloud tersebut, developer juga berencana memberikan DLC yang mampu berevolusi dengan melihat bagaimana kita memainkan game tersebut sepanjang tahun. Selain itu, untuk versi PC-nya nanti developer tidak mendukung opsi mod atau editor map pada versi PC-nya ketika game tersebut dirilis. Namun mereka berjanji akan mengevaluasi versi PC tersebut, dan memutuskan apakah akan memberikan update fitur tersebut.

Mengenai gamenya sendiri, seperti yang kami tuliskan sebelumnya, karena ada mecha yang bisa dikendalikan, maka kamu bisa bergerak entah itu di atas kaki karakter pilot, atau ketika mereka mengendarai Titan yang juga gerakannya cepat untuk menyelesaikan misi multiplayer berbasis team. Game ini hanya bisa dimainkan secara online multiplayer, namun memasukkan banyak elemen single-player, seperti adanya plot cerita yang dalam, komunikasi antar karakter, dan juga adanya karakter NPC yang mendukung pertarungan.

Titanfall-7

Respawn mengatakan, hingga 12 pemain bisa memilih tipe pilotnya, dan kemudian dijatuhkan bersamaan ke dalam map di awal permainan. Kemudian akan ada hitungan waktu sampai Titan bisa di-deploy ke tengah map, dan waktu tersebut bisa berkurang dengan berhasil mengalahkan pemain lain. Begitu kamu berhasil memasukkan Titan ke dalam map, mecha tersebut akan dilindungi medan kekuatan selama 30 detik, yang juga berfungsi untuk melindungi pilotnya sebelum bisa beraksi. Permainan akan berakhir dengan siapa yang berhasil mencapai kapal dropship lawan.

Adanya dua entitas tersebut memberi dua style gameplay berbeda dalam satu kali permainan. Pilot yang cepat dan bisa mengumpulkan momentum sembari berlari, hingga memungkinkan mereka berlari di permukaan dinding, atau melompat dua kali. Sedangkan ketika menggunakan Titan, style permainan juga terasa berbeda. Apalagi ada beberapa tipe Titan yang masing-masing memiliki ability tertentu. Kontrol pilot dan Titan-nya juga identik, gerakan double jump pilot akan menjadi opsi bergerak cepat atau dash pada Titan, karena Titan tidak bisa melompat, apalagi jongkok atau berlindung.

Titanfall-Controller-1

Sebagai game unggulan untuk Xbox One, Microsoft pun tidak ketinggalan menyediakan kontroler khusus untuk game mereka ini. Pertengahan Januari lalu mereka mengkonfirmasikan kontroler wireless Xbox One edisi terbatas dengan nuansa Titanfall, yang akan tersedia bersamaan ketika game ini dirilis. Microsoft menjual kontroler tersebut seharga US $65 melalui toko resminya. Dan sepertinya ini kontroler yang sama yang juga akan kalian temukan dalam edisi khusus Xbox One Titanfall yang sejauh ini masih berupa rumor.


SHARE
Previous articleSneak A Peek from Global Game Jam 2014 Semarang
Next articleKolaborasi Keluarga Primata Dalam Donkey Kong Country Tropical Freeze
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.