Amazing Cupid, Alternatif Flappy Bird dari TouchTen yang Kaya Fitur!

Amazing Cupid

Dong Nguyen sudah membuat keputusan yang sangat disayangkan dengan menarik Flappy Bird dari pasaran. Ya, dia melakukan hal tersebut justru pada saat Flappy Bird berada di puncak popularitasnya, dan sudah menambah pundi-pundi uang Dong Rp 600 juta setiap harinya. Pasca ditariknya Flappy Bird dari pasaran, baik di Google Play Store maupun iTunes mulai bermunculan beberapa alternatif game lain yang menawarkan gameplay dan tingkat adiktif mirip dengan Flappy Bird, salah satunya adalah Amazing Cupid yang dikembangkan oleh developer asal Jakarta yang baru saja mendapatkan pendanaan dari Jepang, TouchTen Games. Amazing Cupid menawarkan gameplay yang mirip dengan Flappy Bird, namun TouchTen mengemasnya berbeda dengan tambahan banyak fitur. Seperti apa?

Dalam Amazing Bird -eh Cupid, kamu akan memerankan dewa cinta Cupid yang harus terbang melewati pilar-pilar yang ada. Sama seperti Flappy Bird, untuk membuat Cupid terbang dan melewati pilar kamu harus menyentuh layar berkali-kali. Permainanmu akan berakhir jika Cupid menyentuh salah satu pilar baik di atas maupun di bawah, ataupun jatuh. Awalnya, game ini mungkin terdengar sangat mirip dengan Flappy Bird, namun banyak fitur lain yang ditambahkan TouchTen di dalam game ini. Salah satunya adalah dalam hal tingkat kesulitan, dimana game ini menyediakan tiga tingkat kesulitan yang cukup menantang, yaitu Easy, Hard dan Impossibro. Untuk Easy, gravitasi akan menarik Cupid ke bawah, sama seperti dalam Flappy Bird. Sedangkan untuk Hard kebalikannya, tidak ada gravitasi, sehingga Cupid akan tertarik ke atas, dan kamu harus menyentuh layar berkali-kali untuk mencegahnya menabrak atap. Terakhir untuk Impossibro, gravitasi bisa naik bisa turun jika pemain melewati portal hijau.

Amazing Cupid

Lucunya, setiap kali kamu gagal dalam bermain, entah itu menabrak pilar atau jatuh, Cupid seolah-olah akan kesal kepadamu dan mengirimkan pesan-pesan lucu, seperti “Pantesan lo masih jomblo!”, atau “Awas jatoh gw tabok lo”. Selain tampil dalam bahasa Indonesia versi “gaul”, pesan-pesan ini juga muncul dalam bahasa Inggris jika kamu men-download versi bahasa Inggrisnya. Anton Soeharyo, CEO dari TouchTen sendiri mengungkapkan bahwa game ini dikembangkan selain sebagai tribute untuk Dong Nguyen, juga untuk mencoba teknologi baru yang mereka kembangkan. “Game ini dikembangkan murni untuk mengetes teknologi baru kami, yaitu Secret Chat Message System,” ungkap Anton saat dihubungi Duniaku.net.

Amazing Cupid

Sistem pengiriman pesan ini jugalah yang menjadi pembeda kesekian antara game ini dari Flappy Bird. Dalam game ini, kamu bisa mengirimkan dan menerima pesan rahasia selama bermain. Untuk mengirimkan pesan, kamu bisa mengirimkan PIN dan menentukan tantangan yang harus diselesaikan pemain lain jika ingin mendapatkan pesan rahasiamu. Sebagai contoh, untuk mendapatkan pesan rahasiamu, seseorang harus mendapatkan skor minimal 15 setelah sebelumnya membuka menu Get Message dan memasukkan PIN yang kamu berikan. Saat pemain sudah mencapai tantangan yang ditentukan, maka dia akan mendapatkan pesan yang kamu kirimkan.

Amazing Cupid

Lebih lanjut, Anton mengungkapkan bahwa game ini dikembangkan hanya dengan empat orang dalam waktu pengerjaan selama dua minggu. “Pengerjaannya dua minggu dikejar, dengan empat orang (karena pembuatan fitur messaging-nya lama dan butuh orang lebih). Kalau kaya Flappy Bird doang, bisa seorang dan bisa dalam beberapa hari,” ungkap Anton. Anton juga mengungkapkan, bahwa dirinya juga sudah meminta ijin tertulis kepada Don Nguyen untuk mengimplementasikan gameplay Flappy Bird dalam Amazing Cupid ini. ” YES, kita minta ijin dari @Dongatory. Orangnya asik dan keren,” ujar Anton.

Anton juga memberikan sedikit “bocoran” mengenai update dari Amazing Cupid di masa yang akan datang. “For our fans, kita mau kasih Reward Points yang bisa ditukar dengan hadiah-hadiah menarik :),” ungkapnya. Selain menjelaskan mengenai Amazing Cupid, Anton juga memberikan sedikit analisanya mengenai apa alasan Dong menarik Flappy Bird di saat game tersebut di puncak popularitasnya. “Terus terang tidak ada yang tahu. Menurut saya dia adalah orang yang simpel, dan sangat ingin hidupnya simpel, jauh dari ketenaran…We have to give him his peace, his personal space.. Terlalu banyak “keributan” yang dia tidak inginkan sama sekali. Jadi ketika untung merengut “kebebasannya”, akhirnya dia mencabutnya kembali,” paparnya.

Amazing Cupid

Amazing Cupid sendiri sudah tersedia di Google Play Store dalam dua versi, versi bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris yang bisa didapatkan secara gratis. Untuk men-download-nya, kamu bisa menuju ke salah satu link berikut ini.

Selain untuk Android, game ini juga menurut rencana akan tersedia di iOS dalam waktu dekat. Bosan main Flappy Bird? Coba mainkan Amazing Cupid dan bersiaplah untuk mendapatkan hadiah-hadiahnya!


SHARE
Previous articleKamen Rider: Battride War II Tengah Dikembangkan untuk PlayStation 3
Next articleReport: Global Game Jam 2014 Depok
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.