Huawei Siapkan Tiga Android Tipis, Ascend P6S, Ascend P7 dan MediaPad X1

Si cantik Ascend P6 akan mendapatkan dua "pendamping"
Si cantik Ascend P6 akan mendapatkan dua “pendamping”

Menjelang berlangsungnya event tahunan Mobile World Congress 2014, makin banyak rumor beredar di seputar ranah mobile. Berikut beberapa rumor mengenai smartphone Android flagship, yang diprediksi akan meramaikan panggung MWC 2014 di Barcelona pada 24 Februari mendatang.

Huawei makin aktif melakukan penetrasi ke banyak pasar dunia, seperti di Indonesia akhir tahun 2013 lalu mereka banyak merilis smartphone dual SIM, fitur yang selama ini banyak diharapkan, namun sepertinya agak terlambat disadari (terutama setelah suksesnya Lenovo menjadi satu pilihan terbaik di kelas dual SIM). Dan untuk MWC 2014 mendatang, mereka dikabarkan akan menyiapkan beberapa jagoannya. Vendor asal China ini akan mengenalkan smartwatch pertamanya, smartphone baru, dan dua tablet. Meskipun banyak yang menduga jika smartphone yang akan mereka bawa itu bukan Ascend P7, yang mulai akhir tahun lalu banyak diperbincangkan, namun kita bisa berharap setidaknya Huawei memberi petunjuk seperti apa penerus flagship mereka.

Seperti di atas penampakan MediaPad-X1, berada di sebelah Note 3 dan iPhone 5.
Seperti di atas penampakan MediaPad-X1, berada di sebelah Note 3 dan iPhone 5.

Penerus Android tertipis Ascend P6 itu kabarnya akan dikonfirmasikan dalam sebuah event lainnya tahun ini. Sedangkan untuk tablet, banyak yang percaya itu adalah Huawei MediaPad X1 7.0, tablet sekelas Nexus 7 2013 (namun lebih kompak serta ringan dengan dimensi 183.5 x 103.9 x 7.5-mm, berat 239-gram) dengan layar HD dan koneksi 3G. Sejauh ini diketahui spesifikasinya 1,200 x 1,920-pixel pada 323ppi, koneksi 3G atau 4G LTE, 2GB RAM, GPU Mali-450 GPU, chipset Huawei Hisilicon Kirin 910 dengan prosesor quad-core yang bekerja pada frekuensi 1.6GHz, kamera 13-megapixel (yang sepertinya terlalu berlebihan untuk sebuah tablet), serta langsung menjalankan Android 4.2 Jelly Bean. Yang paling mengejutkan, Huawei dikabarkan bakal menjual MediaPad X1 mereka di China dengan harga hanya CNY 1,200, atau sekitar Rp. 2,5 jutaan saja!

Ascend P7 melanjutkan desain mengotak Ascend P6. Dan tetap tipis...
Ascend P7 melanjutkan desain mengotak Ascend P6. Dan tetap tipis…

Mengenai Huawei Ascend P7, yang juga memiliki kode nama Sophia ini akan menjadi update besar dibandingkan Ascend P6, atau bahkan versi upgrade minornya, Ascend P6S, yang juga akan diprediksi muncul selama MWC 2014. Ascend P7 mengajukan layar dengan bidang 5-inchi, TFT resolusi full HD 1080p, chioset HiSilicon Balong 910 dengan prosesor quad-core 1.6GHz, 2GB RAM dan internal storage 16GB yang bisa diperbesar melalui slot microSD hingga 64 GB. Interface Emotion 2.0 yang saat ini menjadi standar pada banyak Android mereka juga kembali diterapkan untuk Ascend P7.

Casing belakang Ascend P7
Casing belakang Ascend P7

Huawei juga masih melanjutkan penggunaan material metal untuk Ascend P7 dan desain yang mengotak. Kini kamera utamanya meningkat menjadi 13-megapixel, serta kamera sekunder yang juga diperbesar hingga 8-megapixel, serta diklaim mampu menghasilkan video selfie terbaik. Sayangnya, untuk menjaga postur tubuhnya tetap ramping, Huawei hanya menyematkan baterai 2460mAh saja. Sepertinya kurang ya untuk memberinya tanaga ketika beroperasi di jaringan 4G LTE yang memang sudah didukung flagship baru Huawei ini.

Huawei-Ascend-P6S-2
Sementara ini Ascend P6S hanya tersedia di China.

Selain Ascend P7, sejak Oktober 2013 lalu kita sudah mengetahui juka Huawei juga sedang menyiapkan versi upgrade Ascend P6. Disebut sebagai Ascend P6S, atau yang juga dikenal dengan kode nama Echo, smartphone yang sudah ditawarkan di China sejak pertengahan Januari 2014 kemarin ini sekadar upgrade minor saja, sehingga secara desain pun tidak banyak perbedaan dengan si cantik nan ramping Ascend P6.

Ascend P6S menjadi upgrade minor...
Ascend P6S menjadi upgrade minor…

Mulai dengan chipsetnya, mendapatkan upgrade menggunakan chipset yang sama seperti MediaPad X1, yaitu Huawei HiSilicon V9R1 Kirin 910, yang memiliki prosesor quad-core dengan kecepatan 1.6 GHz, serta GPU Mali 450. Sisa spesifikasi Ascend P6S nyaris sama dengan kakaknya. Mulai layar IPS+ 4.7-inchi pada resolusi HD 720p, berpelindung Gorilla Glass 2, ada 2 GB RAM, internal storage 16 GB, kamera utama 8-megapixel, kamera sekunder 5-megapixel, dan juga masih menggunakan Android 4.2. Di negara asalnya, Ascend P6S juga ditawarkan dengan opsi dual SIM.

Satu fitur yang pasti banyak dicari, seperti di Indonesia, apalagi mengingat opsi smartphone dual SIM dengan desain ramping seperti ini sementara ini masih dipegang oleh HTC One versi dual SIM yang ditawarkang dengan harga Rp. 7,3 jutaan. Ascend P6S sendiri dijual dengan harga 2,688 CNY di negara asalnya, atau sekitar Rp. 5,4 jutaan.

Tidak heran tubuhnya juga ramping, dengan dimensi 65.5 x 132.6 x 6.18 mm.
Tidak heran tubuhnya juga ramping, dengan dimensi 65.5 x 132.6 x 6.18 mm.

SHARE
Previous articleNokia Akan Mengumumkan Nokia X aka Normandy Selama MWC 2014?
Next articleInstall Clash of Gods dan Menangkan Hadiah-hadiahnya!

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.