Flappy Jam, Bentuk Dukungan Moral dari Developer Indie untuk Dong Nguyen

Flappy Jam

Keputusan Dong Nguyen yang menarik Flappy Bird dari peredaran mendapatkan beragam reaksi baik dari para penggemarnya maupun dari sesama developer. Jika banyak penggemar yang bereaksi cukup keras dengan keputusan tersebut, bahkan ada yang sampai mengancam akan membunuh Dong, maka dari sisi developer bentuk dukungan yang mereka tunjukkan lebih positif: membuat sebuah game jam sebagai tribute untuk Dong. Dan terbentuklah Flappy Jam, event Game Jam yang mengajak para developer indie untuk mengembangkan game sebagai bentuk dukungan terhadap Dong.

Peraturan untuk mengikuti Game Jam ini cukup simpel. Developer hanya perlu membuat sebuah game yang susah, atau bahkan tidak bisa dimainkan sama sekali. Selain itu, game tersebut juga harus menggunakan aset yang terinspirasi dari game-game klasik. Terakhir, developer juga bisa membuat game dengan menggunakan kata Flappy, atau menggunakan mekanisme gameplay ala Flappy Bird, namun hal tersebut bukan menjadi sebuah keharusan.

Flappy Bird
Beebox, salah satu game yang menjadi peserta Flappy Jam

Sampai artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 50 game yang dibuat oleh developer indie dan di-upload di website resmi Flappy Jam. Gameplay yang ditawarkan pun bermacam-macam, seperti dari membuat gameplay ala Flappy Bird namun menggunakan balok-balok Tetris. Namun sebagian besar dari game yang didaftarkan menggunakan mekanisme yang mirip dengan Flappy Bird, hanya saja mengganti karakter utama serta setting dari game-nya.

Kamu memiliki ide menarik dan juga ingin memberikan dukungan kepada Dong Nguyen? Segera kembangkan idemu dan submit game-nya ke alamat berikut ini sebelum tanggal 24 Februari 2014 ya!

[Sumber: Vg247]


SHARE
Previous articleBrick Mansions, Film Terakhir Paul Walker Sebelum Fast & Furious 7
Next articleARM Konfirmasikan Cortex-A17, MediaTek Menjadi yang Pertama Menerapkannya

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.