LG Konfirmasikan Optimus G Pro 2, Sepertinya Lebih Menarik Dari Galaxy Note 3

Optimus-G-Pro-2-3

UPDATE: LG akan mulai menawarkan G Pro 2 di Korea pada 21 Februari. Menyusul kemudian negara Asia lainnya pada bulan Maret 2014, kemudian menyusul di Eropa da US, yang masih harus menunggu sampai Mei 2014.

Well, kejutan dari LG penulis terima pagi ini. Mereka mengirimkan press release mengkonfirmasikan Android baru yang sempat beredar rumornya sebagai penerus LG G2 beberapa minggu belakangan. Dan ternyata kita semua salah menebaknya. Inilah LG Optimus G Pro 2, atau kini cukup disebut sebagai LG G Pro 2.

LG Optimus G Pro dirilis di Indonesia sejak pertengahan tahun lalu, dan akhir-akhir ini menjadi pilihan paling worth it karena spesifikasi yag ditawarkan (Snapdragon 600 dengan prosesor quad-core 1.7 GHz, 2 GB RAM, layar 5.5-inchi full HD) seharusnya masuk untuk kelas Android papan atas, namun menjelang dikonfirmasikannya penerusnya ini dijual dengan harga baru mulai Rp. 4.5 hingga 5 jutaan, atau nilainya di bawah rekan senegaranya Galaxy S4, yang sebenarnya konfigurasinya di bawah Optimus G Pro. Dan ternyata penurunan harga Optimus G Pro yang pertama kali dikonfirmasikan awal tahun 2013 lalu tersebut ada sebabnya, penerusnya segera dikonfirmasikan.

Optimus-G-Pro-2-2

LG sepertinya juga tidak mau menunggu lama mengenalkan smartphone besar mereka ini ke publik. Saat mayoritas vendor lain menunggu Mobile World Congress 2014 yang akan berlangsung 24 Februari, LG Optimus G Pro 2 menampakkan wujudnya hari ini. Penerus smartphone besar yang awalnya sudah di-plot untuk menandingi seri Galaxy Note-nya Samsung ini membawa banyak pembaruan. Improvisasi yang dilakukan LG terlihat mulai di layar yang kini menjadi 5.9-inchi full HD 1080p dengan panel LCD (sebelumnya 5.5-inchi full HD dari material IPS), yang jelas lebih lapang dari layar Galaxy Note 3. Seperti pada Optimus G Pro dan LG G2, LG kembali mengklaim smartphone besar mereka ini mengajukan rasio layar dan frame yang cukup besar, mencapai 77.2%. Artinya, mereka berusaha memaksimalkan penggunaan penampang depan Optimus G Pro 2 semaksimal mungkin, sehingga layar 5.9-inchinya hanya mengambil porsi 77.2% saja dari keseluruhan sisi depannya.

Optimus-G-Pro-2-4

Di balik layar LG kembali memuaskan penggemar smartphone Android, khususnya yang masih setia dengan Optimus G Pro, melalui upgrade mesin menjadi Snapdragon 800 dengan empat inti prosesor pada kecepatan 2.26Ghz. Chipset dengan GPU Adreno 330 tersebut didukung kinerjanya melalui memory RAM 3 GB. Sayangnya, kamera utamanya masih sama, 13-megapixel, namun yang melegakan, sudah mendukung fitur Optical Image Stabilization seperti pada LG G2. Untuk sarana video chat / call dan foto selfie, LG menyerahkannya pada sensor 2-megapixel.

Sama seperti sebelumnya, internal storage-nya berkapasitas 16 GB, namun ada juga opsi hingga 32 GB, yang tidak sama seperti LG G2, masih bisa ditambah kapasitasnya melalui slot micro SD hingga 128 GB. Dengan upgrade beberapa fitur tersebut, LG menyerahkan sumber tenaganya pada baterai 3,200mAh yang juga masih bebas dibongkar-pasang. Yah, peningkatan kapasitas baterainya tidak banyak ya, padahal penulis merasa baterai 3140-mAh dalam G Pro sebelumnya cukup boros.

Optimus-G-Pro-2-5

Selain beberapa peningkatan spesifikasi tersebut, penulis menyukai desain Optimus G Pro 2 ini. Tidak heran jika banyak awak media sebelumnya menduga smartphone ini sebagai penerus LG G2, karena di sisi belakang, di bawah sensor kameranya LG menempatkan beberapa tombol seperti pada LG G2. Tombol power dan volumenya ada di sana, sehingga ada sensasi yang unik ketika mengoperasikannya dengan sebelah tangan. Sisi baiknya, mereka yang biasa mengoperasikan smartphone degan tangan kiri atau kanan pun bisa dengan mudah menyesuaikan konfigurasi tersebut.

Optimus-G-Pro-2-7

 

LG akan menawarkan Optimus G Pro 2 dengan tiga pilihan warna, Titan (hitam), White, dan Red. Kemudin jika pada Optimus G Pro sebelumnya panel belakangnya bermaterial glossy yang bermotif 3D, maka untuk penerusnya ini mereka memberikan solusi seperti pada beberapa seri L sebelumnya (khususnya yang warna putih), dengan penutup casing belakang bermotif tekstur kasar, yang pasti akan mendukung genggaman tangan. LG juga membanggakan satu upgrade lain smartphone mereka ini, yaitu speakernya yang berdaya 1-watt, dan diklaim 30% lebih keras dibandingkan model sebelumnya. Kualitas speaker tersebut seharusnya juga dipengaruhi oleh penggunaan chipset Snapdragon 800, yang mampu menghasilkan output Hi-Fi.

Optimus-G-Pro-2-6

Melalui press release-nya memang LG belum memastikan kapan Android raksasa ini akan dirilis dan berapa harganya, mereka hanya menyebutkan pertama kali diluncurkan di Korea, dan memulai debutnya selama MWC 2014. Di sisi software, smartphone yang menjalankan Android 4.4 plus polesan interface LG ini akan mendapatka beberapa fasilitas baru. Seperti mode pemotretan yang mempermudah aktivitas selfie, yang bisa memampatkan layar preview dan melapisinya dengan warna putih sehingga menghasilkan pencahayaan yang lebih baik untuk hasil foto wajah. Sayangnya, tidak ada flash untuk kamera depan, meskipun mode pemotretan selfie ini disebut “Flash for Selfie.” LG hanya mengutak-atik pemrosesan software-nya sehingga bisa hasil foto bisa terlihat lebih terang.

Optimus-G-Pro-2-8

Untuk kamera belakangnya lebih menjanjikan, karena fitur OIS+-nya mampu mendukung terjaganya kestabilan hasil video kita ketika melakukan perekaman video 120FPS pada kecepatan tinggi atau untuk menghasilkan gerakan lambat, hingga merekam video dengan kualitas 4K. Fungsi multimedia lainnya yang disebutkan seperti opsi untuk memperkecil tampilan layar, sehingga mempermudah selama pengoperasian dengan satu tangan saja, serta bisa membagi tampilan layar menjadi dua selama browsing situs web. Pada salah satu press image yang dikirimkan LG, kami juga mengetahui sepertinya mereka juga menyiapkan flip cover khusus seperti yang diberikan untuk LG G2.

Spesifikasi Optimus G Pro 2

  • Network: LTE / HSPA+
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 800 (2.26 GHz Quad-Core)
  • GPU: Qualcomm Technologies Adreno 330
  • Display: 5.9-inch Full HD IPS (1920 x 1080), Slim Bezel
  • RAM: 3GB DDR3 RAM
  • Storage:  16GB atau 32GB eMMC ROM bisa ditambah melalui slot microSD hingga 128 GB
  • Battery: 3200-mAh
  • Operating System: Android 4.4 (Kit Kat)
  • Camera: Main (Rear): 13.0-megapixel dengan OIS+, secondary (Front) 2.1-megapixel
  • Communication: Bluetooth Smart Ready (BT 4.0) / USB / WiFi (802.11 a/b/g/n/ac) / NFC / SlimPort
  • Dimensions: 57.9 x 81.9 x 8.3mm, 172 gram
  • Colors: Titan, White, Red
  • Other: Knock Code™, 1W Hi-Fi Sound, Content Lock

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG


SHARE
Previous articleMarvelous AQL Merilis Debut Screenshot Forbidden Magna
Next articleDong Nguyen Jelaskan Alasan Mengapa Dirinya Menarik Flappy Bird

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.