Melalui Hitman Go, Square Enix Bereksperimen Dengan Turn-Based Strategy

Hitman-Go-2

Selama ini kita mengenal serial game (dan juga film yang akan di-reboot) Hitman sebagai sebuah action berbasis stealth. Dan franchise yang kini dipegang oleh Square Enix tersebut tetap dikenal dan disukai sebagai sebuah ikon action stealth. Namun bagaimana jika developer memutuskan merubah genrenya? Itulah yang terjadi saat ini. Kemarin Square Enix mengkonfirmasikan detail awal sekuel serial Hitman, nantinya akan disebut sebagai Hitman Go, yang untungnya masih mempertahankan elemen stealth serta strategi yang sempat kami rasakan dalam mode Contract Hitman Absolution.

Lantas apa yang salah? Kamu tidak akan menemukan atmosfer gelap yang selama ini menyelimuti serial Hitman, apalagi mekanis tampilan first-person selama menyusuri lingkungannya. Yang ada, kini mekanis gameplay diubah menjadi turn-based strategy, di atas lingkungan yang oleh Square Enix settingnya dibuat bergaya diorama. Yup, diorama, terlihat seperti miniatur ruangan, atau justru lebih mirip sebagai The Sims, namun adanya piringan yang diinjak karakter sekaligus membuatnya juga seperti tipikal board game dibandingkan sebuah game strategi, meskipun ketika memainkannya pergerakan karaktermu juga akan dibatasi oleh grid yang tetap. Meskipun terlihat aneh ampilannya, setidaknya banyak perlengkapan Agent 47 masih bisa kamu gunakan di sini, seperti dia bisa menyamar, mengalihkan perhatian, dan juga menggunakan senjata api.

Hitman-Go-3

Perubahan yang diperlihatkan melalui beberapa screenshot-nya memang mengagetkan. Hanya saja jika melihat ke sisi lain, ada potensi di sini. Game berbasis stealth sebenarnya selama ini selalu memiliki elemen strategi. Seperti bagaimana kamu perlu mengendap-endap, tidak boleh terang-terangan beraksi, arau justru menghindari musuh. Dan menurut Square Enix Montreal yang bertanggung jawab mengembangkannya, gamer perlu berpikir bagaimana sukses menggerakkan karakter di atas kolom yang ada di atas diorama, menghindari musuh, mencapai lokasi yang dijaga ketat, hingga sukses melakukan tujuan utama menghabisi target. Unsur strateginya kamu dapati seperti dengan menyamar dan mengalihkan perhatian musuh.

Kita tunggu saja update barunya nanti, atau ketika game ini dirilis. Siapa tahu perubahan drastis yang ditawarkan Square Enix Montreal justru membuat game ini menarik dimainkan secara mobile dibandingkan mekanis gameplay yang selama ini kita kenal. Belum ada kepastian game ini akan dirilis untuk platform apa dan kapan dirilis, namun kami berharap akan dirilis bersamaan iOS dan Android.

Sumber: Square Enix, (2)


SHARE
Previous articleHasbro Luncurkan Action Figure Keren Guardians of the Galaxy
Next articleSony Gulirkan Update Android 4.3 Untuk Xperia T, TX, V dan SP
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.