Unduh Versi Terbaru BBM iOS dan Android, Kini Mendukung BBM Voice dan Channel

BBM-iOS-Android-2

Setelah BlackBerry (dulu disebut sebagai RIM) membuka fitur BBM Channel untuk smartphone BlackBerry pada November 2013 lalu (melalui BlackBerry 10 v10.3), dan satu fitur yang sudah dijanjikan sejak lama, BBM Voice, akhirnya keduanya ditransfer oleh BlackBerry untuk iOS dan Android, dan sudah dirilis mulai hari ini melalui BBM versi 2.0 yang memberi banyak fitur tambahan baru untuk pengguna iOS dan Android.

BBM-iOS-Android-1

Satu fitur yang paling menarik menurut kami adalah BBM Voice, yang jelas dari namanya memberi opsi pengguna instant messaging tersebut melakukan panggila suara gratis pada sesama pengguna BBM. Panggulan suara gratis ini bisa dijalankan melalui koneksi data Wi-Fi dan GSM, serta memungkinkan user menelepon kontak BBM-nya dari mana saja, selama mendapat akses internet. Sayangnya, belum ada opsi video chat, dan karena bukan teknologi VoIP, panggilan hanya sebatas pada pengguna BBM saja.

BBM-iOS-Android-4

Update ini juga membawa BBM Channel, yang memungkinkan pengguna secara random dari BBM untuk saling chat mengenai suatu topik yang mereka sama-sama sukai. Channel pada dasarnya merupakan conversation permanen yang memiliki pemilik, dan pemilik berhak menentukan siapa yang oleh mem-post ke dalam channel, dan memilih kapan waktu post bisa di-upload, sekaligus memoderasi mayoritas percakapan dalam channel. Bahkan pemilik channel juga mendapatkan laporan analytic. Channel cocok untuk pemilik merk dan pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka, yang tetap dianggap anonymous, sehingga data pribadi pelanggan tetap terjaga.

BBM-iOS-Android-3

Fungsi share lokasi sementara pengguna juga mendapat perbaikan, kini ada opsi melakukan share melalui Glympse dan Dropbox. Kamu yang biasa berkirim file melalui BBM bisa dipermudah dengan integrasi Dropbox, karena kamu dengan mudah mengirimkan link untuk mengunduh file yang tersimpan file berukuran besar dari folder Dropbox pada kontak BBM. Kini kamu juga bisa menambahkan foto, catatan suara, kontak, event kalender, atau file ke kolom chatting BBM. Kemudian janji BlackBerry sebelumnya yang akan menambahkan lebih banyak emoticon akhirnya dipenuhi. Dalam versi 2.0 ini, disediakan lebih dari 100 emoticon baru, dan juga BBM Group juga kini anggotanya ditambah mencapai 50 orang. Lebih jelasnya apa saja fitur baru yang ditawarkan, bisa kamu lihat melalui video berikut.

Unduh Versi Terbaru BBM iOS dan Android, Kini Mendukung BBM Voice dan Channel

Setelah BlackBerry membuka fitur Channel, akhirnya mereka mentransfer-nya untuk platform lain, plus satu fitur yang sudah lama ditunggu, telepon gratis melalui BBM Voice untuk pengguna iOS dan Android.

Abaikan

Dengan statistik jumlah unduhan melalui Play Store-nya Google saja mencapai lebih dari 10 juta, jelas instant messaging ini pertumbuhannya sangat cepat. Wajar BlackBerry tidak ingin pengguna yang sebesar itu merasa ketinggalan dengan aplikasi mereka ini yang juga eksis di smartphone BlackBerry, dan segera memberikan fitur barunya untuk platform lain. Namun jika dibandingkan dengan instant messaging lainnya, sebenarnya BBM tetap ketinggalan. Semoga saja BlackBerry segera merilis update-update baru, yang makin membuat BBM bisa lebih menarik bersaing dengan instant messaging lainnya.

Seperti biasa, update ini akan didistribusikan secara berkala. Jika kamu belum menemukanya melalui app store masing-masing plaform, kembali saja nanti, atau besok. Jika tidak sabar, pengguna Android bisa mengunduhnya melalui limk offline kami dalam tautan berikut.

  • Dapatkan BBM versi iOS melalui Apple iTunes / App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 6.0 dengan storage 31.5 MB.
  • Dapatkan BBM versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan iOS minimal versi 4.0 dengan storage 13.3 MB.

[cb type=”company”]Blackberry[/cb]

Sumber: BlackBerry


SHARE
Previous articleKompilasi Black Market Terbaru, Cara Mudah Dapatkan Elixir di Bravely Default
Next articleImpresi Awal Clash of Gods Indonesia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.