Google dan Apple Mulai Tolak Game dengan Judul Flappy

Flappy

Pasca ditarik dari Google Play Store dan iTunes oleh sang developer, Dong Nguyen sendiri, fenomena Flappy Bird masih bisa kita rasakan. Salah satunya adalah dengan banyaknya game-game bermunculan yang menawarkan gameplay dan gaya grafis yang mirip dengan game tersebut, baik dari developer lokal maupun mancanegara. Tidak sedikit juga developer yang “numpang tenar” dengan menggunakan judul Flappy di judul aplikasi mereka, dengan harapan gamer yang mencari game yang serupa dengan Flappy Bird bisa menemukan game mereka, dan tentu otomatis akan meningkatkan jumlah download game tersebut.

Namun para developer yang “numpang tenar” dengan mengembangkan aplikasi berjudul Flappy rupanya sudah tidak bisa menggunakan strategi tersebut kembali untuk mempopulerkan aplikasinya. Seperti dilansir dari TechCrunch, baik iTunes milik Apple maupun Play Store milik Google mulai menolak pendaftaran game dan aplikasi yang menggunakan kata Flappy di judul game atau aplikasi mereka. Hal ini terendus dari Twitter salah satu developer berbasis di Vancouver, MindJuice yang mengungkapkan bahwa Apple menolak game mereka yang berjudul Flappy Dragon. Alasan Apple menolak game ini cukup simpel, yaitu judul game ini dianggap memanfaatkan aplikasi yang sudah tenar sebelumnya, apa lagi kalau bukan Flappy Bird. Padahal Flappy Bird-nya sendiri justru sudah menghilang dari iTunes..

Flappy

Ternyata bukan MindJuice saja yang mengalami masalah tersebut. Tercatat ada beberapa developer lain yang juga ditolak game-nya untuk dipublikasikan di iTunes karena masalah yang sama. Padahal, sampai saat ini di iTunes masih banyak juga game-game dan aplikasi lain yang menggunakan kata Flappy di judulnya, mulai dari Flappy Bee, Flappy Plane, Flappy Flyer, bahkan Flappy Bird Flyer. Jika alasannya karena dianggap menjiplak Flappy Bird, nyatanya masih banyak juga game-game serupa yang masih ada di peringkat teratas iTunes, namun menggunakan judul tanpa Flappy seperti IronPants dan Splashy Fish yang sempat menempati peringkat 1 dan 2 di ranking iTunes.

Flappy

Belakangan, beberapa judul game yang menggunakan kata Flappy sudah berubah, entah karena kesadaran developer yang tidak ingin aplikasinya dianggap melanggar hak cipta, atau memang sudah dipaksa oleh Apple untuk mengubah judul tersebut. Namun yang jelas, setiap hari tercatat hampir selalu ada game baru yang menggunakan formula gameplay dari Flappy Bird, yang terbukti sangat adiktif dan disukai banyak orang.

Bukan hanya di iTunes, Google pun rupanya juga akan membersihkan Google Play Store dari game berjudul Flappy, paling tidak menolak pendaftaran game baru yang menggunakan judul tersebut. Masih dari MindJuice, Ken Carpenter kembali mengungkapkan bahwa Flappy Dragon sudah “menghilang” dari hasil search di Google Play Store jika kamu menggunakan keyword Flappy. Awalnya, Ken mengaku tidak ada masalah saat dirinya mempublikasikan Flappy Dragon. Namun 24 jam setelah dia mendaftarkannya, Flappy Dragon tiba-tiba tidak muncul dalam hasil pencarian, namun masih bisa diakses jika gamer memiliki link-nya. Melalui email yang dikirimkan kepada dirinya, Google hanya mengungkapkan bahwa game yang didaftarkan MindJuice terdeteksi sebagai spam.

Flappy

Sayangnya sampai artikel ini ditulis, belum ada konfirmasi resmi dari Google maupun Apple mengenai masalah ini. Namun sampai saat ini, jika kamu mencari game-game dengan menggunakan kata Flappy di Google, kamu masih bisa menemukan beberapa diantaranya yang masih bertahan, atau mungkin tinggal menunggu waktu sebelum Google dan Apple benar-benar melakukan sapu bersih terhadap game-game dan aplikasi tersebut..

[Sumber: TechCrunch/Eurogamer]


SHARE
Previous articleToy Fair 2014: Koleksi Mainan Terbaru Transformers: Age of Extinction
Next articleLG Umumkan L Series III Melalui L90, L70 dan L40

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.