Xiaomi Keluar China Melalui Xiaomi Redmi, Android Quad-core Hanya 1.6 Jutaan!

Xiaomi-Redmi-2

Selama ini nama Xiaomi selalu dikenal sebagai smartphone khusus China saja, selain prestasi keberhasilannya menjual Android produksi mereka dalam waktu yang sangat singkat. Mereka berhasil menjual hingga 18.7 juta smartphone selama tahun 2013, atau meningkat 160% dibandingkan selama tahun 2012 yang hanya terjual 7 unit saja.

Xiaomi-Redmi-7

Resep sukses produsen smartphone yang eksis mulai 2011 lalu ini adalah racikan hardware yang tinggi, serta dipadukan dengan antar muka custom MIUI (baca, “Me You I,”diambil dari singkatan MI dari Xiaomi dan UI dari User Interface), namun dengan harga yang sangat terjangkau. Sayangnya, di luar China smrtphone produksi mereka melambung harganya, dan kita di Indonesia hanya bisa menikmatinya secara tidak resmi melalui distributor lokal yag mengimpor langsung dengan jaminan yang sangat terbatas.  Namun kabar terakhir, Xiaomi tampaknya akan mengikuti jejak brand asal China lainnya, seperti Huawei, Lenovo dan Oppo yang go internasional, dengan merilis resmi smartphone mereka di luar negara Tirai Bambu.

Xiaomi-Redmi-3

Berbeda dengan strategi produsen lainnya yang menghujani pasar dengan banyak pilihan Android yang bisa jadi spesifikasi dan desainnya tidak jauh berbeda satu-sama lain, Xiaomi lebih eksklusif, dan mereka hanya menawarkan empat varian selama 2013 lalu. Mulai Mi-2S dan Mi-2A yang meluncur bulan April, lalu pada bulan Juli dengan Hongmi yang ditawarkan dengan harga hanya US $130, sedangkan flagship MiPhone 3 muncul September 2013 lalu. Bayangkan saja, disodori Android dengan mesin Snapdragon 800 yang harganya hanya 3 jutaan, tidak heran jika MiPhone 3 mampu terjual 100 ribu unit hanya dalam waktu 83 detik saja!

Xiaomi-Redmi-10

 

Xiaomi-Redmi-11

Meskipun ditawarkan dengan harga murah, Xiaomi masih mampu membukukan keuntungan hingga CNY31.6 milyar, atau sekitar 60 trilyun (mengutip pernyataan CEO Xiaomi CEO Lei Jun melalui Sina Weibo). Selain dari smartphone-nya, mereka juga menjual aksesoris untuk smartphone dan juga maskotnya (berbentuk kelinci) yang sangat populer di China. Makin memperkokoh posisinya untuk siap keluar China, Agustus 2013 lalu perusahaan baru ini juga menggaet masuk Hugo Barra yang sebelumnya menjabat Vice President of Product Management untuk platform Android dari Google, dan kini dia menduduki posisi strategis sebagai Vice President Xiaomi.

Xiaomi-Redmi-4

Kembali pada rencana keluar China secara resmi, Xiaomi pekan lalu Xiaomi mengenalkan produk barunya, yaitu Redmi, yang kemudian kita ketahui tidak lain menjadi nama baru untuk Android “beras merah” Hongmi. Redmi itulah yang diajukan Xiaomi untuk pasar luar China, dan Singapura menjadi sasaran awal Xiaomi, dengan rencana rilis 21 Februari 2014 besok. Dan yang melegakan, Xiaomi kembali menjalankan kebijakan harga kelas bawah untuk Android yang tahun lalu ini seharusnya masih bisa masuk keleas menengah ini. Untuk peluncuran awalnya di luar China Jumat besok di Singapura, Xiaomi hanya mematok Redmi dengan harga S$169 saja, setara dengan Rp. 1,6 jutaan, dan juga sama seperti ketika mereka menawarkan Hongmi di China akhir tahun lalu.

Xiaomi-Redmi-5

Xiaomi-Redmi-6

Dengan harga yang setara dengan versi China-nya, kamu mendapatkan Redmi dengan layar berukuran 4.7-inchi pada resolusi 720 x 1280-pixel berpelindung Corning Gorilla Glass 2, ditenagai prosesor quad-core 1.5GHz dari chipset MediaTek MT6589 Turbo, ada 1GB RAM dan internal storage 4GB, yang masih bisa ditambah dengan microSD hingga 32 GB (pengalaman penulis, MT6589T juga mampu menerima kapasitas 64 GB). Redmi juga mengadopsi kombinasi kamera utama 8-megapixel dengan bukaan lensa f/2.2, kamera depan 1.3-megapixel, audio yang didukung pemrosesan sotware daro brand Swedia yaitu Dirac (biasa digunakan untuk otomotif pada BMW, Bentley, dan Rolls Royce), dual SIM (dengan SIM 1 untuk koneksi 3G), serta menjalankan Android 4.2 dengan polesan antar muka khas MIUI.

Sayangnya, sementara ini Xiaomi baru menawarkannya secara resmi untuk Singapura saja. Mari berharap, Indonesia adalah pasar kedua mereka di luar China, karena dengan harga yang ditawarkan dan spesifikasi yang tinggi, kami yakin Redmi bakal laris bak kacang goreng di pasar lokal.

Xiaomi-Redmi-8

Xiaomi-Redmi-9

Spesifikasi Xiaomi Redmi

  • Network: GSM 3G WCDMA (SIM 1), 2G EDGE (SIM 2)
  • Processor: MediaTek MT6589T (1.5 GHz Quad-Core)
  • GPU: Imagination Technologies PowerVR SGX544
  • Display: 4.7-inch HD IPS (720 x 1280), kerapatan 312 ppi, dilindungi Corning Gorilla Glass 2
  • RAM: 1GB DDR2 RAM
  • Storage:  4GB  eMMC ROM, bisa ditambah melalui slot microSD hingga 64 GB
  • Battery: 2,000-mAh
  • Operating System: Android 4.2 (Jelly Bean)
  • Camera: Main (Rear): 8.0-megapixel dengan bukaan lensa ƒ/2.2 aperture, lensa 28mm wide angle, sensor 1.4ųm yang besar, dan ada 5 lapisan lensa elemen. Kamera secondary (Front) 1.3-megapixel
  • Communication: Bluetooth (BT 4.0) / USB / WiFi (802.11 a/b/g) / micro USB dengan USB OTG
  • Dimensions: 137 x 69 x 9.9 mm dan berat 158 gram
  • Colors: White, Black
  • Other: Kamera merekam video full HD 1080p, audio Dirac yang mampu beradaptasi dengan tipe headset yang kamu gunakan, antar muka MIUI yang kaya fitur dan begitu dalam polesan software-nya (plus ribuan theme untuk menghiasainya)

[cb type=”company”]Xiaomi[/cb]

Sumber: Google+, Xiaomi


SHARE
Previous articleAnalysis of World’s Video Game Growth 2013 (part 2)
Next articleGal Gadot Pamerkan Ototnya Usai Latihan Untuk Peran Wonder Woman

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.