Sony Ungguli Nintendo dan Microsoft, Menjual 5.3 Juta Unit PS4 Dalam 3 Bulan

PS4-Knack-Bundle

Kurang lengkap jika menyinggung mengenai persaingan konsol next-gen tanpa mengikuti update terbaru prestasi penjualan unitnya. Terakhir kami mendapatkan kabar jika Microsoft berhasil menjual 3.9 juta unit Xbox One hingga Januari 2014 kemarin, dan Sony sendiri berdasarkan klaim resminya, mengungguli Microsoft dengan 4.2 juta unit PlayStation 4 hingga 28 Desember 2013. Dan kini dengan PlayStation 4 sudah bisa dijangkau secara resmi di hampir semua negara di dunia, Sony pun meng-update pencapaian mereka. Melalui pernyataan pers yang dirilis Sony kemarin, mereka mengklaim jika PS4 yang terjual di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 5.3 juta unit.

Sebelumnya, selama peluncuran perdana PS4 di Amerika Serikat dan Kanada, SCEA President dan CEO Jack Tretton memperkirakan pihaknya menarget akan menjual hingga 5 juta unit PS4 hingga akhir tahun fiskal pada Maret 2014 mendatang, sekaligus juga memasukkan dalam perhitungan adalah ketersediaannya di wilayah Jepang, yang baru akan hadir pada 22 Februari 2014 besok. Dan ternyata Sony melampaui targetnya, mereka berhasil mencapai (bahkan lebih) 5 juta unit sebelum tahun fiskal 2013 berakhir pada Maret 2014 mendatang.

PlayStation-4-7

Apa yang membuat angka 5.3 juta yang diklaim Sony itu lebih impresif, mereka belum menambahkan angka penjualan di Jepang, yang tentunya logika berbicara konsol ini akan lebih laku keras di negara asalnya. Apalagi melihat angka penjualan PS3 sebelumnya di Jepang, yang terbukti mampu mengungguli rival terdekatnya Xbox 360 dengan perbandingan yang sangat jauh.

Dan jika membandingkannya dengan PS3, Sony membutuhkan hampir setahun untuk membuat konsol generasi tujuh tersebut mencapai angka penjualan yang sama dengan PS4 saat ini. Kemudian Nintendo Wii U, yang hari lahirnya terpaut sekitar 1 tahun lebih tua dari PS4, data terakhir dari Nintendo pun menunjukkan hanya terjual kurang dari 3 juta unit sepanjang tahun 2013 lalu. Sedangkan ketika kami melihat dari data analis di luar produsen resmi konsol tersebut, didapatkan angka Wii U sudah terjual 5.68 juta unit, Xbox One dengan 3.44 juta unit serta PS4 5.06 juta unit.

Memang Wii U masih memimpin penjualan konsol generasi delapan ini. Namun angka tersebut didapatkan dalam waktu lebih dari 1 tahun, sejak konsol tersebut pertama kali dijual awal November 2012 lalu, sedangkan Sony berhasil mencapai 5 juta unit hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan sejak pertama kali dirilis 15 November 2013. Selain itu, PS4 juga terbukti beberapa kali mengungguli penjualan Xbox One, meskipun tanggal perilisan kedua konsol itu hanya terpaut satu minggu saja.

Dengan demikian, untuk sementara ini Sony bisa dianggap sebagai pemenang untuk persaingan konsol kali ini. Kami sendiri penasaran, berapa jumlah yang akan bertambah setelah Sony merilis PS4 di Jepang besok lusa.

[cb type=”company”]Sony[/cb]

Sumber: Sony