Update Samsung Galaxy S5: Juga Ada Versi Layar Full HD, Sensor Sidik Jari Melalui Tombol Home

Galaxy-S5-1

Salah satu smartphone Android yang paling banyak ditunggu adalah Samsung Galaxy S5. Meskipun sekadar rumor yang bermunculan sejak akhir tahun 2013 lalu, namun banyak yang penasaran teknologi baru apa lagi yang akan dikenalkan Samsung untuk flagship barunya tersebut. Sebelumnya kami mendengar jika Galaxy S5 akan diperkuat dengan prosesor 64-bit, casing anti debu dan air, sensor keamanan canggih, kamera 16-megapixel dengan sensor CMOS baru ISOCELL, hingga akan menggunakan layar dengan resolusi 2K atau 2560 x 1440-pixel. Memasukkan semua fitur unggulan tersebut dalam satu paket sepertinya akan merepotkan Samsung. Namun jika benar berhasil, Galaxy S5 akan menjadi smartphone idaman tahun 2014 ini.

Samsung-Unpacked-Galaxy-S5

Berlanjut selama Januari 2014, Samsung Galaxy S5 kembali mengoda menjelang rumor bahwa Samsung akan mengkonfirmasikannya selama kuartal pertama 2014. Lebih tepatnya, jika undangan event Samsung Unpacked 5 yang akan mereka gelar pada 24 Februari 2014 mendatang itu benar, bisa jadi Galaxy S5 akan muncul selama event tersebut (mengacu pada angka 5 pada undangan tersebut). Namun undangan ini juga menuliskan Episode 1, yang mengindikasikan ada kelanjutannya, dan bisa jadi, Samsung sekadar memberi petunjuk saja untuj Episode 2 dimana mereka akan mengumumkan resmi Galaxy S5, sesuai dengan perkiraan sebelumnya, selama kuartal pertama 2014 yang berakhir Maret 2014 nanti.

Samsung-Unpacked-Galaxy-S5-

Menambah keyakinan kita jika Samsung benar akan mengumumkan Galaxy S5 selama MWC 2014, mereka membuat teaser untuk event Unpacked 5 yang kali ini dilengkapi ikon-ikon TouchWiz yang didesain ulang, dan sepertinya ikon tersebut juga akan memulai debut melalui Galaxy S5. Kumpulan 9 ikon kategori tersebut semuanya menjadi kesatuan dan mengacu pada angka 5, yang terlihat disamarkan pada setiap kategori ikon. Ikon tersebut menujukkan simbol untuk Speed, Outdoor, Curiosity, Fun, Social, Style, Privacy, Fitness dan Life. Apakah kategori tersebut nantinya muncul sebagai folder kumpulan aplikasi atau fitur utama dalam Galaxy S5?

Perkiraan desain Galaxy S5 melalui render tidak resmi. Sepertinya tidak banyak perbedaan dengan Galaxy S4.
Perkiraan desain Galaxy S5 melalui render tidak resmi. Sepertinya tidak banyak perbedaan dengan Galaxy S4.

Kabar baru yang mendukung seputar smartphone super ini seperti layarnya, yang menjawab prediksi melalui hasil benchmark, yang ternyata benar jika Samsung Galaxy S5 menggunakan layar dengan resolusi 2K. Memang kepastian resolusi tersebut bukan langsung dari Samsung, hanya saja tren tahun 2014 ini sudah mengarah ke sana. Di sisi lain, salah satu operator di Korea memasukkan tipe baru yang akan mereka tawarkan nanti, dengan kode SM-G900L (hampir semua rumor Galaxy S5 dari Asia, Jepang dan Eropa menggunakan kode SM-G900), yang ternyata resolusi layarnya hanya full HD 1080p. Bisa jadi, Samsung akan menawarkan Galaxy S5 dalam beberapa varian, dan dengan spesifikasi yang berbeda untuk pasar tertentu. Kemudian kami juga mendengar jika Samsung akan tetap menggunakan material AMOLED Ultra HD untuk Galaxy S5, sehingga menghasilkan kerapatan pixel 560-PPI seandainya benar yang dipilih untuk versi internasionalnya adalah resolusi 2K atau 2560 x 1440-pixel.

Samsung-Life-Times-1

Dan kini menjelang prediksi peluncuran pertamanya selama Mobile World Congress 2014, kami mendapatkan banyak kabar baru seputar Samsung Galaxy S5, terutama beberapa versi baru aplikasi TouchWiz-nya yang akan diperkenalkan melalui Galaxy S5. Pertama dengan aplikasi semacam jurnal kehidupan yang sementara ini dikenal sebagai Samsung Life Times. Aplikasi ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menyusun kembali kejadian berharga dari hidup pengguna, yang diabadikan melalui smartphone.

Samsung-Life-Times-2

Samsung berusaha mengingatkan pengguna melalui Life Times apa yang sudah mereka lakukan dengan smartphone-nya beberapa jam atau hari belakangan, dengan data informasi dari aplikasi dan event, seperti post jejaring sosial, pesan, hasil foto, hingga lokasi penggunamore. Sumber informasi tersebut bisa dikonfigurasi ulang, jadi pengguna yang tidak ingin aktivitas yang lebih pribadi ikut terkumpul ke dalam Life Times bisa menonaktifkannya.

Galaxy-S5-Finger-Print

Kami juga mendapat kabar baru seputar sensor keamanan canggih berupa pengenal sidik jari yang dimasukkan Samsung untuk flagship-nya ini. Nantinya, sensor ini akan dimasukkan ke dalam tombol home (ya, Galaxy S5 masih memiliki tombol fisik), dan mampu mengenali delapan sidik jari, yang masing-masing bisa digunakan untuk memicu fungsi yang berbeda, seperti untuk mengaktifkan aplikasi atau widget, dengan salah satu jari yang berperan untuk membukanya dari kondisi terkunci. Melalui sidik jari, Samsung juga sudah menyiapkan mode ‘Personal’ dan ‘Private’, yang fungsinya untuk mengelompokkan aplikasi atau file yang bisa lebih aman disembunyikan, dengan cara menguncinya (membuka melalui sidik jari, pola goresan tangan pada layar, atau PIN). Selain itu, dengan salah satu mode kunci melalui sidik jari, Samsung juga membuat layar Galaxy S5 bisa menampilkan sidik jarimu secara real time, sehingga kamu akan tahu apakah jarimu bisa dibaca dengan baik atau tidak.

Terakhir, kami juga mendapatkan rumor bahwa selain versi utama Galaxy S5, seperti Galaxy S4 Samsung akan menyiapkan varian lainnya melalui Galaxy S5 Active yang mengajukan casing anti debu dan air, serta Galaxy S5 Zoom yag di-upgrade dengan fokus pada kemampuan kameranya. Rumor ini muncul karena menurut Samsung Galaxy S4 Active dan Zoom juga memiliki pasar tersendiri. Bahkan mereka akan berusaha membuat penjualan Galaxy S5 Active menapai 20 hingga 30% dari keseluruhan penjualan Galaxy S5. Untuk yang satu ini, kami juga belum mendapatkan detail apa saja spesifikasinya, dan perbedaan dengan Galaxy S5 yang utama. Namun dari beberapa data hasil benchmark yang muncul beberapa hari lalu, bisa disimpulkan jika Samsung memang menyiapkan varian dengan spesifikasi yang lebih rendah dari Galaxy S5.

Galaxy-S5-Benchmark-1

Galaxy-S5-Benchmark-2

Dua data hasil uji AnTuTu untuk Galaxy S5 muncul dengan kode SM-G900H dan SM-G900R4. Di sana terlihat untuk SM-G900R4 mendapatkan nilai 31,483 poin, melalui prosesor quad-core 2.5GHz dari hipset Snapdragon 800, 3GB RAM, GPU Adreno 330 GPU, internal storage 32GB, kamera utama 16-megapixel, kamera sekunder 2.1-megapixel, layar Quad HD, dan juga OS Android Kit Kit 4.4.2. Kemudian SM-G900H datang dengan spesifikasi yang berbeda. Prosesor octa-core 1.5GHz dari Samsung Exynos 522, 2GB RAM, GPU ARM Mali-T628, internal storage 16GB, kamera 16-megapixel, Android 4.4.2, dan layar HD. Apakah kedua versi tersebut mengacu pada Galaxy S5 Active dan Zoom?

Spesifikasi Sementara Galaxy S5:

  • Layar 5.2 atau 5.25-inchi resolusi Quad HD 2,560×1,440-pixel atau 1440p Super AMOLED, ada varian lain dengan resolusi layar full HD 1080p (sama seperti Galaxy S4 dan Note 3)
  • Berpelindung Gorilla Glass 3
  • Chipset Exynos 6 octa-core 2.0GHz dengan teknologi 64-bit, atau Snapdragon 805 quad-core 2.5GHz
  • RAM 3 GB
  • Internal storage 32, 64 atau 128GB
  • Kamera utama 16-megapixel berteknologi ISOCELL (ada juga yang menyebutkan 20-megapixel) dengan bukaan lensa f/2.2, focal length 4.6mm, ukuran sensor 1/2.5″. Kamera depannya 3.2-megapixel.
  • Koneksi WiFi, 3G dan LTE
  • Baterai 3,200-mAh (dengan teknologi rapid charging)
  • Android 4.4 KitKat
  • Material plastik atau metal

Sumber: Sammobile, Samsung, Etnews, Antutu (1), (2), SonnyDickson, SamsungTomorrow (2)


SHARE
Previous articleToy Fair 2014: Deretan Mainan LEGO dari Berbagai Film Blockbuster
Next articleSatu Lagi Klip dari Marvel’s One Shot: All Hail the King

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.