Square Enix Ingin Membawa Lebih Banyak Final Fantasy untuk PC

Square Enix

Dengan dukungan komunitasnya yang sangat besar, PC rupanya sudah menarik minat banyak developer mengembangkan game untuk platform tersebut. Salah satunya adalah Square Enix, yang telah merilis Final Fantasy (FF) XIV untuk PC. Game tersebut ternyata tampil sangat baik di PC, dan mendapatkan sambutan yang cukup meriah dari para penggemar FF yang lebih memilih untuk memainkan game tersebut di PC. Hal tersebutlah rupanya yang membuat sang produser, Yoshinori Kitase membuat sebuah pernyataan menarik: Dia ingin membawa lebih banyak FF untuk PC!

Bersamaan dengan pemotongan harga hingga 50% FF XIV di Steam beberapa waktu lalu, Kitase mengungkapkan alasan dari pernyataan tersebut. “Jangan lupa, saat kami mengembangkan ketiga seri FF XIII, awal pengembangannya kami lakukan di PC,” ungkap Kitase seperti dikutip dari Eurogamer. “Selanjutnya, kami mem-portingnya ke konsol. Sangat memungkinkan bagi kami untuk mengembangkan ketiga game tersebut untuk PC, namun kami tidak melakukannya karena dua hal. Yang pertama, kami melihat situasi pasar dan kedua kami tidak berpikir bahwa hal tersebut bukan ide yang baik. Dan juga, akan banyak masalah kompleks yang menghadang, seperti keamanannya. Sehingga kami memutuskan untuk tidak melakukannya pada saat itu,” urai Kitase panjang lebar.

Namun hal tersebut rupanya tidak menutup rapat kemungkinan FF lain dikembangkan untuk PC. “Tetapi, kami melihat potensi yang ada di sana dan terdapat banyak negara dimana pasar PC sangat kuat. Jadi, dalam konteks harapan kami untuk menyajikan game kami di setiap negara di dunia dan untuk sebanyak mungkin gamer, jawabannya ya! Kami akan sangat tertarik untuk mengikuti rute tersebut (merilis FF untuk PC) di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Square Enix

Square Enix sendiri sudah beberapa kali merilis FF untuk PC melalui Steam, beberapa diantaranya adalah FF VII dan FF VIII. Kitase mengungkapkan bahwa kedua game tersebut cukup sukses, sehingga ada kemungkinan judul FF lain yang diluncurkan di Steam akan mendapatkan kesuksesan serupa. “FF VII dan FF VIII saat ini sudah tersedia di PC, dan keduanya sangat populer. Game tersebut adalah langkah awal bagi kami. Kami belum mendapatkan banyak pengalaman di pasar ini. Jadi, ketika kami memiliki lebih banyak pengalaman di pasar ini, maka kami akan sangat tertarik untuk melanjutkannya,” ungkap Kitase.

Saat ini, Square Enix tengah disibukkan dengan pengembangan FF XV, dan dijadwalkan akan dirilis untuk PS4 dan Xbox One. Apakah nantinya game ini juga akan dirilis untuk PC? Kita tunggu saja!

[Sumber: Eurogamer]


SHARE
Previous articleMarvel Sedang Mencari Sutradara Untuk Film Doctor Strange
Next articleDuniaku Checkpoint: Gathering Toukiden, Berkumpulnya Para Slayer
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.