Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Bagi para penggemar game sepakbola, mungkin sudah paham dengan genre simulasi menjadi manager sebuah klub sepakbola yang seringkali ditawarkan game-game manager, sebut saja seperti Football Manager dan Championship Manager yang ada di PC. Kedua game tersebut menawarkan gameplay simulasi yang sangat detail dan dalam, yang membuat pemain seolah-olah menjadi manajer klub sepakbola sesungguhnya. Di sisi lain, terdapat pula sebuah game Fantasy Football (atau sering juga disebut dengan Fantasy Manager) yang menggunakan data statistik nyata, namun tidak memiliki kedalaman gameplay seperti game simulasi. Bagaimana jika dua elemen tersebut dikombinasikan dalam satu game? Jawabannya bisa kamu dapatkan dalam sebuah game yang disebut dengan Super Soccer Football Manager ini.

Super Soccer Football Manager adalah sebuah terobosan baru yang menggabungkan data statistik resmi Liga Inggris, dengan kebebasan untuk mengatur dan memilih tim impian yang kamu inginkan. Dalam game ini, kamu akan benar benar diuji kemampuannya untuk menjadi seorang manajer Liga Inggris. Penggunaan data statistik tersebut tak lepas dari dukungan Super Soccer, sebagai pemegang statistik resmi Barclays Premier League (BPL) Inggris di Indonesia, yang akan menyediakan lebih dari 60 jenis data statistik pertandingan untuk dipergunakan oleh para manajer untuk berkompetisi menjadi manajer terbaik.

Game ini berbeda dengan Fantasy Football lain, karena lebih menantang berkat 110 data statistik yang sangat mendetail dari pertandingan di dunia nyata untuk menentukan performa pemain di dalam game ini. Beberapa data seperti jumlah tackle, tendangan akurat, umpan silang, gocekan yang dilakukan pemain asli di lapangan semua dihitung secara real-time dan menjadi penentu jumlah poin para pemain. Data statistik ini bersifat real time, karena diperbaharui setiap 5 detik berdasarkan data permainan yang terjadi di pertandingan nyata. Data statistik tersebut diperoleh berkat kerjasama Super Soccer dengan BPL Liga Inggris, di mana terdapat lebih dari 110 jenis statistik yang kemudian berpengaruh pada  nilai pemain dan akhirnya berdampak pada prestasi pengguna sebagai manager klub di game ini.

Game ini menawarkan kebebasan ala gameplay simulasi yang ditawarkan baik Football Manager maupun Championship Manager. Siapapun bisa memilih dan membeli pemain-pemain favorit mereka dan menggabungkannya dalam satu tim impian. Tim ini akan berkompetisi dengan tim-tim lainnya dalam mengumpulkan poin yang didasarkan dari statistik pemain di pertandingan BPL yang berlangsung di matchday tersebut. Tidak hanya mengatur formasi, para pemain juga ditantang untuk mengatur keuangan tim, layaknya tim BPL sebenarnya. Mulai dari membayar gaji pemain hingga biaya perawatan Stadion. Jika salah perhitungan, bukan tidak mungkin keuangan sebuah tim menjadi merugi dan dampaknya pun Poin sang pemain akan turun secara drastis.

Selain itu, Super Soccer Football Manager ini juga memiliki beberapa fitur menarik, seperti event mingguan yang membuat para manajer harus berpikir keras menentukan pilihan yang terbaik untuk timnya. Contohnya seperti ada tawaran dari manajer lain untuk membeli pemain yang ada di timnya, tawaran dana dari sponsor atau bahkan ancaman demo dari para supporter yang kecewa atas serentetan hasil buruk yang didapat selama beberapa minggu pertandingan. Satu fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Bursa Transfer, yaitu waktu dimana para manajer bisa membeli dan menjual pemain. Dengan kondisi pemain yang terus berubah (cedera, akumulasi kartu, dan lain sebagainya mengikuti perkembangan pemain di dunia nyata), ini menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu para manajer untuk memperkuat kembali timnya. Bursa transfer dibuka setiap bulan pada tanggal 11 hingga 15.

Lanjut ke halaman selanjutnya…

1
2

SHARE
Previous articleAsus Konfirmasikan PadFone Infinity Lite, Lebih Murah Berkat Snapdragon 600
Next articleBethesda Tentukan Tanggal Rilis Wolfenstein: The New Order, Lengkap Dengan Akses Beta Doom 4

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.