Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Bagaimana jadinya jika simulasi ala Football Manager digabungkan dengan data statistik ala Fantasy Manager? Super Soccer Football Manager adalah jawabannya. Simak preview lengkap game ini di dalam!

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Bagi para penggemar game sepakbola, mungkin sudah paham dengan genre simulasi menjadi manager sebuah klub sepakbola yang seringkali ditawarkan game-game manager, sebut saja seperti Football Manager dan Championship Manager yang ada di PC. Kedua game tersebut menawarkan gameplay simulasi yang sangat detail dan dalam, yang membuat pemain seolah-olah menjadi manajer klub sepakbola sesungguhnya. Di sisi lain, terdapat pula sebuah game Fantasy Football (atau sering juga disebut dengan Fantasy Manager) yang menggunakan data statistik nyata, namun tidak memiliki kedalaman gameplay seperti game simulasi. Bagaimana jika dua elemen tersebut dikombinasikan dalam satu game? Jawabannya bisa kamu dapatkan dalam sebuah game yang disebut dengan Super Soccer Football Manager ini.

Super Soccer Football Manager adalah sebuah terobosan baru yang menggabungkan data statistik resmi Liga Inggris, dengan kebebasan untuk mengatur dan memilih tim impian yang kamu inginkan. Dalam game ini, kamu akan benar benar diuji kemampuannya untuk menjadi seorang manajer Liga Inggris. Penggunaan data statistik tersebut tak lepas dari dukungan Super Soccer, sebagai pemegang statistik resmi Barclays Premier League (BPL) Inggris di Indonesia, yang akan menyediakan lebih dari 60 jenis data statistik pertandingan untuk dipergunakan oleh para manajer untuk berkompetisi menjadi manajer terbaik.

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Game ini berbeda dengan Fantasy Football lain, karena lebih menantang berkat 110 data statistik yang sangat mendetail dari pertandingan di dunia nyata untuk menentukan performa pemain di dalam game ini. Beberapa data seperti jumlah tackle, tendangan akurat, umpan silang, gocekan yang dilakukan pemain asli di lapangan semua dihitung secara real-time dan menjadi penentu jumlah poin para pemain. Data statistik ini bersifat real time, karena diperbaharui setiap 5 detik berdasarkan data permainan yang terjadi di pertandingan nyata. Data statistik tersebut diperoleh berkat kerjasama Super Soccer dengan BPL Liga Inggris, di mana terdapat lebih dari 110 jenis statistik yang kemudian berpengaruh pada  nilai pemain dan akhirnya berdampak pada prestasi pengguna sebagai manager klub di game ini.

Game ini menawarkan kebebasan ala gameplay simulasi yang ditawarkan baik Football Manager maupun Championship Manager. Siapapun bisa memilih dan membeli pemain-pemain favorit mereka dan menggabungkannya dalam satu tim impian. Tim ini akan berkompetisi dengan tim-tim lainnya dalam mengumpulkan poin yang didasarkan dari statistik pemain di pertandingan BPL yang berlangsung di matchday tersebut. Tidak hanya mengatur formasi, para pemain juga ditantang untuk mengatur keuangan tim, layaknya tim BPL sebenarnya. Mulai dari membayar gaji pemain hingga biaya perawatan Stadion. Jika salah perhitungan, bukan tidak mungkin keuangan sebuah tim menjadi merugi dan dampaknya pun Poin sang pemain akan turun secara drastis.

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Selain itu, Super Soccer Football Manager ini juga memiliki beberapa fitur menarik, seperti event mingguan yang membuat para manajer harus berpikir keras menentukan pilihan yang terbaik untuk timnya. Contohnya seperti ada tawaran dari manajer lain untuk membeli pemain yang ada di timnya, tawaran dana dari sponsor atau bahkan ancaman demo dari para supporter yang kecewa atas serentetan hasil buruk yang didapat selama beberapa minggu pertandingan. Satu fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Bursa Transfer, yaitu waktu dimana para manajer bisa membeli dan menjual pemain. Dengan kondisi pemain yang terus berubah (cedera, akumulasi kartu, dan lain sebagainya mengikuti perkembangan pemain di dunia nyata), ini menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu para manajer untuk memperkuat kembali timnya. Bursa transfer dibuka setiap bulan pada tanggal 11 hingga 15.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

"Ide awal untuk membuat game Super Soccer Football Manager datang ketika bermain Championship Manager di PlayStation dan permainan Fantasy Manager. Permasalahan di kedua game itu adalah permainan itu benar-benar computerized dan terprogram, bukan nyata. Maka dari itu kami memutuskan untuk menggabungkan data statistik nyata dengan permainan virtual melalui game ini, “ jelas Mirwan Suwarso selaku Managing Editor Super Soccer Indonesia lewat pernyataan resmi yang dikirimkan ke meja Duniaku.

Dengan konsep inovatif tersebut, Super Soccer Football Manager memberikan para penggunanya sebuah kesempatan untuk mencoba secara realistis apa yang dialami oleh seorang manajer klub sepak bola elit kelas dunia. Penyajian detail yang ditawarkan oleh Super Soccer Football Manager ini juga diakui oleh Roy Evans, mantan manager Liverpool dari tahun 1994-1998. Manager yang turut berjasa melejitkan Liverpool ini mengakui bahwa permainan ini bisa membuat penggunannya merasa menjadi seorang manajer klub elit dunia. “Saya belum pernah memainkan game seperti ini sebelumnya. Tetapi saat mencoba Super Soccer Football Manager, para pemain bisa merasakan kerja seorang manajer klub sepak bola sesungguhnya, di mana harus memperhatikan perkembangan pemain dan setiap data yang tercipta selama pertandingan sebelumnya," ujar Roy Evans yang juga turut hadir dalam peluncuran game ini di Score! Cilandak Town Square, Sabtu 8 Februari 2014 yang lalu.

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Layaknya sebuah kompetisi nyata, Super Soccer Football Manager juga memberikan hadiah kepada setiap pengguna yang mencapai prestasi maksimal. Sejumlah hadiah sudah disediakan, mulai dari jersey asli klub ternama, hingga kesempatan menonton pertandingan BPL langsung di Inggris! Prestasi itu dinilai dari poin yang dikumpulkan oleh para pengguna yang diakumulasikan dalam setiap periode tertentu. "Kami menyediakan berbagai hadiah menarik yang nyata. Misalnya kami menyediakan jersey apapun yang diminta oleh peraih poin tertinggi setiap pekannya. Syarat untuk menang, para pengguna harus rajin melihat detail dan perkembangan statistik yang bisa dilihat di situs Super Soccer," tambah Mirwan lagi.

Sistem yang dikembangkan oleh Super Soccer ini ternyata juga mulai dilirik oleh  para pecinta sepakbola mancanegara. Mirwan mengatakan bahwa system yang mereka gunakan akan dipakai juga di Inggris dan Amerika. "Jadi sistem yang kami kembangkan akan digunakan di Inggris dan Amerika Serikat pada bulan Agustus tahun ini. Mereka membeli sistem kami dan mereka bisa mengubah nama permainannya sesuai dengan negara masing-masing," imbuh Mirwan. Super Soccer Football Manager sendiri dikembangkan mulai bulan Mei 2013 dan memulai fase beta pada bulan November 2013 yang lalu. Setelah sukses menjalani fase beta, baru versi resminya diluncurkan bulan Februari 2014 ini.

Super Soccer Football Manager, Kombinasi Gameplay Simulasi dengan Data Statistik Nyata

Untuk memainkan Super Soccer Football Manager, para pengguna bisa menambah uang virtual mereka dengan membeli voucher yang disediakan di gerai Seven Eleven terdekat. Voucher yang tersedia dalam paket Rp 25.000 hingga Rp 100.000 itu lantas bisa ditukar dengan mata uang yang disebut Dollar Super Soccer, agar para pengguna bisa membeli para pemain dan mengelola klub mereka.

Tertarik dengan game ini? Kamu bisa memainkan Super Soccer Football Manager dengan mengunjungi situs resminya yang ada di sini. Game ini juga sudah akan tersedia dalam platform mobile untuk para pengguna Android dengan cara mengunduhnya di alamat berikut ini. Menurut rencana, dalam waktu dekat permainan ini juga bisa didapatkan bagi para pengguna sistem operasi iOS dan Windows Phone.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU