MWC 2014: Huawei TalkBand B1, Wearable Device yang Memadukan Headset Wireless dan Fitness Tracker

Huawei-TalkBand-B1-2

Rumor jika Huawei juga akan terjun ke bisnis wearable device melalui smartwatch atau jam tangan cerdas terwujud selama Mobile World Congress 2014. Selain tablet MediaPad X1 dan M1, serta smartphone di kelas menengah Ascend G6, dalam presentasi mereka selama MWC 2014 juga menyebutkan jam tangan cerdas pertamanya, Huawei TalkBand B1.

Huawei-TalkBand-B1-3

 

Begitu melihat desainnya, kami langsung tertarik dengan penampakan layarnya yang tidak mengotak seperti tipikal smartwatch lainnya. Dengan bentuk memanjang dan terlihat timbul keluar, layar tersebut juga bisa digunakan sebagai headset Bluetooth, sedangkan bagian ujung tali pengikatnya bisa dibuka untuk memunculkan konektor USB yang bisa digunakan untuk men-charge baterai. Dan sepertinya memang aksesoris ini kurang cocok disebut smartwatch. Pantasnya sebagai kombinasi headset tanpa kabel dan juga fitness tracker, terutama ketika melihat penampilan layarnya yang tidak umum.

Huawei-TalkBand-B1-4

Huawei mengklaim TalkBand B1 mampu aktif digunakan sebagai headset bluetooth selama 7 jam, dan waktu siaga hingga 2 minggu melalui baterai berkapasitas 93-mAh. Cukup lama waktu siaganya, karena Huawei juga memilih material OLED untuk layarnya yang berukuran 1.4-inchi. Huawei memang menyiapkannya sebagai perangkat pendukung dua tablet MediaPad yang mereka kenalkan juga selama MWC. Namun kita bisa menggunakan gadget lain. Untuk berhubungan dengan smartphone Android (minimal versi 2.3) dan iOS (minimal versi 5.0), smartwatch ini bisa memanfaatkan NFC untuk pairing, dan kemudian akan terus terkoneksi melalui Bluetooth 4.1.

Huawei-TalkBand-B1-5

Seperti smartwatch lainnya, TalkBand B1 juga bisa memberi notifikasi (di sini melalui getaran) ketika gadget yang terhubung dengannya menjauhi jarak jangkauan lebih dari 10 meter. Selain itu, sebagai fitness tracker, TalkBand B1 juga bisa melacak berapa banyak langkah kita, jarak, dan kalori yang terbakar selama durasi perjalanan, serta berapa jam waktu tidur berkualitas yang sudah dilalui penggunanya. Karena layarnya bukanlah touchscreen, kamu perlu menggunakan aplikasi pendamping di gadgetnya untuk berinteraksi dengan Huawei TalkBand B1.

Huawei-TalkBand-B1-6

Huawei juga tidak melupakan syarat mutlak sebuah aksesoris yang terpapar cahaya dan udara luar. Standar rating IP57 didapatkan untuk aksesoris ini agar tahan debu dan air. Untuk aksesoris mereka ini, Huawei mematok harga €99, atau sekitar Rp. 1,6 jutaan. Setidaknya lebih murah dari beberapa jam tangan cerdas lainnya dari Sony dan Samsung. Talkband B1 mulai dirilis di China bulan depan, sedangkan Jepang, Timur Tengah, Rusia dan Eropa Timur akan menerimanya mulai kuartal kedua 2014.

[cb type=”company”]Huawei[/cb]

Sumber: Huawei


SHARE
Previous articleJade Raymond: Assassin’s Creed Selanjutnya Tidak Ber-setting di Jepang
Next articleMWC 2014: Samsung Membuang “Galaxy” Untuk Gear 2, Smartwatch Keduanya Ini Gunakan Tizen
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.