MWC 2014: Samsung Konfirmasikan Galaxy S5, Selain Anti Debu & Air, Juga Bisa Rasakan Detak Jantung

Galaxy-S5-Cover-1

Inilah akhir dari estafet rumor mulai akhir tahun 2013 lalu dengan bintangnya Galaxy S5, karena Samsung resmi mengkonfirmasikam flagship mereka tersebut selama Mobile World Congress 2014 yang berlangsung di Barcelona mulai kemarin melalui event Unpacked 5. Dan kembali rumor membuktikan kekuatannya, nyaris semua yang diungkapkan Samsung kemarin tembus dengan berita yang sudah kita ungkapkan selama ini. Berikut yang bisa kalian harapkan dari sebuah super smarterphone-nya Samsung tersebut.

Galaxy-S5-1

  • Layar 5.1-inchi dengan resolusi full HD 1080p Super AMOLED
  • Prosesor ARM quad-core dengan kecepatan 2.5GHz (melalui chipset Qualcomm Snapdragon 801 8974-AC)
  • GPU Adreno 330
  • Memory 2GB RAM
  • Internal storage 16 atau 32GB dengan slot microSD
  • Konektivitas WiFi a/b/g/n/ac (MIMO 2×2), Bluetooth 4.0 LE, ANT+, USB 3.0, NFC, IR blaster
  • 4G LTE Cat. 4
  • Port USB 3.0
  • Baterai 2,800mAh
  • Kamera utama 16-megapixel, kamera depan 2.1-megapixel
  • Sensor pemindai sidik jari
  • Sensor detak jantung
  • Rating IP67 dengan casing anti debu dan air
  • Dimensi 142.0 x 72.5 x 8.1-mm, berat 145-gram
  • OS Android 4.4.2

Galaxy-S5-2

Yup, tidak semua rumor tembus, namun spesifikasi yang diajukan Samsung ini juga terasa familiar akhir-akhir ini, karena memang itulah yang ditawarkan mayoritas vendor smartphone untuk flagship-nya. Namun untuk membuatnya tetap terlihat berbeda serta bisa menjadi modal Samsung mempromosikannya lebih jauh, ada banyak sensor dibenamkan ke dalam Galaxy S5 ini. Selain sensor standar seperti accelerometer, proximity, digital compass, ambient light, gyroscope, dan barometer Samsung masih ingin menjadikannya sebagai remote control universal dengan adanya port IR, serta dua sensor baru yang akan menjadikannya lebih fresh dibandingkan pesaingnya.

Galaxy-S5-3

 

Pertama, ada sensor sidik jari pada tombol Home, dan seperti yang kami tuliskan sebelumnya, untuk mengaktifkannya membutuhkan gesture jari pada sensor tersebut. Kemudian yang tidak terdeteksi oleh rumor, sensor detak jantung yang ditempatkan disamping modul LED flash pada sisi belakang casing smartphone ini. Tempatkan jarimu di sana, maka otomatis akan membawa keluar aplikasi S Health 3.0, yang juga berperan sebagai pedometer untuk mencatat aktivitas dietmu. Samsung juga berencana bekerjasama dengan developer aplikasi third-party untuk memaksimalkan sensor tersebut.

Galaxy-S5-7

Samsung juga menyebutkan jika mereka memasukkan sensor cahaya tipe baru, yang diklaim lebih sensitif serta mampu mendeteksi lingkungan sekitar, dan mengatur tingkat kontras serta kedalaman warna secara otomatis agar pencahayaan layar tetap nyaman untuk digunakan di dalam dan luar ruangan, bahkan di bawah paparan sinar matahari sekalipun. Mendukung hal itu, ada mode Ultra Power Saving yang otomatis bakal mengubah mode warna layar ke hitam dan putih untuk ketahanan baterai maksimal. Bicara baterai, kali ini kapasitas 2,800-mAh diklaim mampu membuatnya bertahan 390 jam untuk siaga dan 21 jam waktu bicara.

Galaxy-S5-4

Untuk Galaxy S baru ini Samsung juga masih percaya jika material casing plastik keras polycarbonate adalah pilihan terbaik. Efek kulit pada Galaxy Note 3 pun masih dilanjutkan melalui material casing belakang tersebut. Samsung sekaligus membantah salah satu rumor yang menyebutkan jika Galaxy S5 akan datang dengan casing metal. Namun karena di sini statusnya langsung mendapat predikat anti debu dan sir, maka mereka perlu sedikit melakukan penyesuaian. Panel belakangnya masih bisa dibuka-tutup, membedakannya dengan tipikal smartphone anti air sejenis. Sedangkan desain panel belakang tersebut juga mengingatkan pada seri Active (Galaxy S4 Active), yang menjadi varian pertama flagship mereka yang dibekali kemampian menyelam ke dalam air. Mendukung ketahanannya dalam mengeksplorasi keadaan bawah air, ada lapisan karet di sekeliling tutup baterai untuk mencegah masuknya air. Demikian juga port USB-nya, juga tertutup flap karet. Menurut Samsung Galaxy S5 masuk peringkat IP67, jadi jangan dibawa menyelam lebih dalam. Dia bisa bertahan dari guyuran air hujan, atau ketika tidak sengaja masuk ke dalam wastafel.

Galaxy-S5-5

Smartphone ber OS Android 4.4.2 Jelly Bean dengan slogan “Discover The Future” ini seperti biasa, masih dilapisi dengan antar muka TouchWiz. Ada banyak polesan software baru yang dibenamkan Samsung ke dalamnya, dan akan kami ulas di bagian lain. Namun seperti yang sempat kami singgung melalui artikel sebelumnya, benar yang diunggulkan adalah pengalaman mengoperasikan kameranya. Ada banyak mode pemotretan baru untuk mengakomodir sensor 16-megapixel yang mereka tawarkan di sini. Kamera tersebut kampu merekam video UHD 30fps, melakukan mode HDR, image stabilization, dan aplikasi kamera baru yang menyederhanakan antar muka. Mode HDR-nya kini juga diproses secara real-time ketika shutter ditekan, sehingga tidak lag antara setiap jepretan HDR. Samsung juga mengklaim Galaxy S5 sebagai smartphone dengan autofocus tercepat, hanya butuh 0.3 detik saja untuk mengunci obyek yang difokuskan. Mode kameranya juga ada efek background-defocus yang biasa kita temui pada efek fotografi DOF profesional.

Galaxy-S5-6

Sejauh ini belum terungkap mengenai berapa harga smartphone ini. Namun yang jelas Samsung akan mulai menjualnya 11 April 2014 mendatang, serentak di 150 negara, bersamaan dengan penerus smartwatch Galaxy Gear 2, yang juga sudah diungkapkan selama MWC 2014 ini.

Samsung GALAXY S5 First Look

MWC 2014: Samsung Konfirmasikan Galaxy S5, Selain Anti Debu & Air, Juga Bisa Rasakan Detak Jantung

Inilah akhir dari estafet rumor dengan bintangnya Galaxy S5, karena Samsung resmi mengkonfirmasikam flagship mereka tersebut selama Mobile World Congress 2014. Apa saja fitur barunya? Lihat saja di dalam!

Abaikan

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung