MWC 2014: Samsung Menawarkan Gear Fit, Partner Ideal Gadgeteer yang Hobi Fitness

Samsung-Gear-Fit-3

Jika Gear 2 dan Gear 2 Neo menarget pasar yang lebih luas, dan fungsinya pun bergam, bukan sekadar cocok digunakan sebagai pendamping aktivitas para gadgeteer yang hobi fitness saja, namun juga bagian dari gaya hidup. Namun untuk mereka yang memang mencari smatwatch khusus untuk mendukung aktivitas fitness, Samsung menawarkan pilihan lainnya melalui Gear Fit.

Samsung-Gear-Fit-2

Seperti tipikal fitness tracker lainnya, Gear Fit dilengkapi dengan banyak aplikasi pendukung selama user melakukan aktivitas fitness, selain juga karena terhubung dengan smartphone (khususnya Galaxy-nya Samsung), akan mengirimkan notifikasi, memberi peringatan tambahan bagi user yang saat itu mungkin sedang berada jauh dari smartphone bahwa ada panggilan masuk, email, pesan teks, alarm, dan notifikasi lainnya. Fungsi tersebut memang juga bisa didapatkan melalui dua wearable device Samsung lainnya, namun tetap ada yang membedakan Fit dengan kedua Gear baru.

Samsung-Gear-Fit-4

Di sisi hardware, Gear Fit memiliki layar Super AMOLED 1.84-inchi yang dibuat memanjang, dengan resolusi 432×128-pixel, dan permukaannya pun melengkung. Gear Fit akan terkoneksi dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth 4.0. Kemudian bagian tali pengikatnya, seperti Gear 2 juga bebas digonta-ganti, memiliki rating IP67 anti debu dan air, sensor accelerometer, gyroscope, heart monitor, dan baterai berkapasitas 210-mAh. Menurut Samsung, smartwatch ini  bisa bertahan aktof digunakan selama 3-4 hari .

Samsung-Gear-Fit-5

Seperti Gear 2 dan Gear 2 Neo, sensor detak jantung yang ditempatkan di sisi dalam (di bagian bawah jam, dan bersentuhan langsung dengan pergelangan tangan) Gear Fit ini akan membaca denyut jantung pengguna, kemudian menampilkannya pada layar ketika user menggunakan aplikasi pulse, dan mengirimkannya ke smartphone melalui koneksi Bluetooth 4.0 LE. Tidak ada kamera di sini, namun user akan mendapatkan pelatihan health and fitness secara real-time menggunakan data heart rate, berapa banyak langkah yang diambil, berapa lama dan berkualitas saat tidur, serta beberapa data lainnya.

Seperti Gear 2 dan Gear 2 Neo, masih belum, diketahui berapa harga Gear Fit ini, namun Samsung sudah memastikannya akan eksis 11 April 2014 mendatang di 150 negara

UPDATE: Di beberapa wilayah sudah diketahui berapa harga smartwatch ini. Gear Fit dan Gear 2 Neo ditawarkan dengan kisaran harga yang sama, yaitu sekitar $196 atau Rp. 2,3 jutaan. Sedangkan Samsung Gear 2 menjadi yang termahal, sekitar $294, atau Rp. 3,4 jutaan.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung