MWC 2014: Sony Xperia Z2 Tablet, Tertipis dan Teringan di Dunia yang Juga Anti Air

Xperia-Z2-Tablet-2

Selain Xperia Z2, Sony Mobile juga menggunakan kesempatan Mobile World Congress 2014 untuk mengenalkan tablet terbarunya, yang kini namanya pun jelas mengambil referensi yang dekat dengan smartphone flagship-nya, yaitu Sony Xperia Z2 Tablet. Dan bukan sekadar namanya saja yang terdengar mirip, spesifikasinya pun juga setara, menjadikan tablet ini bisa dianggap sebagai Xperia Z2 yang membesar ukurannya.

Xperia-Z2-Tablet-3

Dengan spesifikasi yang setara Xperia Z2, otomatis menempatkan Xperia Z2 Tablet sebagai tablet kelas atas. Yang paling menjanjikan dari apa yang ditawarkan Sony adalah prosesor Snapdragon 801 dengan empat core yang kecepatannya 2.26Ghz. Sedangkan untuk layarnya yang dimensinya 10.1-inchi, resolusinya juga sama , full HD 1080p, meskipun dibandingkan dengan tawaran kelas atas dari Samsung, Xperia Z2 Tablet  masih ketinggalan pixelnya. Kemudian dengan jatah RAM 3GB, tablet Sony Mobile bisa menjadi partner yang tepat untuk menjalankan banyak aplikasi bersamaan. Dan meskipun tidak sebanding dengan smartphone-nya, kamera utama 8.1-megapixel juga masih termasuk tinggi untuk ukuran tablet. Sedangkan sensor di kamera depannya juga sama dengan Xperia Z2, 2.2-megapixel.

Xperia-Z2-Tablet-4

Bukan Sony Mobile jika tidak memperhitungkan desain eksternal gadget produksinya.Yang membuat kami heran, walaupun kapasitas baterainya cukup besar, 6,000-mAh, namun ternyata ketebalannya bisa bertahan di angka yang sama seperti Xperia Z Ultra, yaitu 6.4-mm. Beratnya pun juga membuat kami kurang percaya jika ini sebuah tablet dengan layar 10-inchi, karena hanya 425-gram saja untuk versi WiFi, dan yang 4G LTE menjadi 439-gram. Berkat dua pencapaiannya tersebut, Sony pun menemukan tagline yang tepat untuk Xperia Z2 tablet, “tablet tertipis dan teringan di dunia yang juga anti air.”

Xperia-Z2-Tablet-5

 

Yup, seperti semua desain Sony setahun belakangan, tablet bongsor ini juga mendapatkan sertifikat ingress protection untuk ketahanan terhadap air dan debu. Melihat lebih dekat bagian bezelnya, tablet Sony ini juga terlihat berbeda dengan tipikal tablet lain yang lebih membanggakan proporsi layar yang besar untuk bidang depannya, melalui ukuran bezel kecil. Di sini Xperia Z2 Tablet bezelnya cukup lebar, bisa jadi di dalamnya Sony menempatkan inovasinya yang mampu membuat tablet ini tahan air — yang sayangnya, masih belum tahan banting ya!

Xperia-Z2-Tablet-6

Sama seperti Xperia Z2, tablet ini langsung menjalankan OS terbaru Google, Android 4.4 KitKat. Digital noise canceling juga masih kamu temukan di dalamnya, dan menjadi yang pertama untuk kelas tablet. Untuk mendukung ketahanan baterainya, Sony mengaku sudah memperbaiki mode battery stamina-nya, sehingga mampu didapat ketahanan 10 jam untuk memutar video.

Tablet yang akan tersedia dengan pilihan warna hitam dan putih mulai bulan depan ini juga akan tersedia dalam varian 4G LTE, namun Sony Mobile baru menyediakan versi WiFi saja Maret nanti. Sony Mobile juga akan menyediakan beberapa aksesoris untuk mendukungnya, seperti speaker dock, magnetic charging dock, dan keyboard case. Oh ya, gamer bisa juga merubahnya menjadi konsol (atau handheld, ya?) dadakan, karena tablet ini juga kompatibel dengan kontroler wireless Dual Shock 3.

Xperia-Z2-Tablet-14

Untuk harganya, mengingat yang diterapkan di sini spesifikasi papan atas, maka banyak yang menduga Sony Mobile akan menawarkannya dengan mahal. Namun ternyata di Eropa nanti Xperia Z2 Tablet versi WiFi bakal dijual dengan harga  £399.00/€499.00, atau sekitar Rp, 8 jutaan. Sedangkan untuk yang versi 16GB LTE dijual dengan harga £499.00/€649.00, atau sekitar Rp. 10 jutaan! Itu harga di Eropa, untuk wilayah lain bisa jadi ditawarkan mulai Rp. 5,5 hingga 7 jutaan.

Xperia-Z2-Tablet-7

Xperia-Z2-Tablet-8

Xperia-Z2-Tablet-9

Spesifikasi Sony Xperia Z2 Tablet

  • Layar 10.1-inchi TFT LCD full HD 1920×1080-pixel TRILUMINOS Display for mobile dengan engine pemrosesan layar X-Reality for mobile, 16 juta warna
  • OS Google Android 4.4 (Kitkat)
  • Chipset Qualcomm APQ8074+MSM8974AB, Snapdragon 801, dengan prosesor quad-core 2.3 GHz
  • GPU Adreno 330
  • Kamera utama 8.1-megapixel dengan 16x digital zoom. Kamera sekunder 2.2-megapixel dengan opsi merekam video 1080p
  • Dimensi 172 x 266 x 6.4-mm, berat 439 gram
  • Baterai 6,000-mAh dengan klaim video hingga 10 jam
  • Daya tahan terhadap air dan debu melalui sertifikat rating IPX5/IPX8 dan IP5X
  • Pilihan warna: hitam, putih

Sony Details: Xperia Z2 Tablet

MWC 2014: Sony Xperia Z2 Tablet, Tertipis dan Teringan di Dunia yang Juga Anti Air

Selain Xperia Z2, Sony Mobile juga mengenalkan tablet terbarunya, yang kini namanya pun jelas mengambil referensi yang dekat dengan smartphone flagship-nya, yaitu Sony Xperia Z2 Tablet.

Abaikan

[cb type=”company”]Sony Mobile[/cb]

Sumber: Sony (1), (2)


SHARE
Previous articleEnthrean Guardian dan Hinocyber Siapkan Game Action Renegade Death!
Next articleMWC 2014: Samsung Konfirmasikan Bagian Mesin Utama Galaxy S5, Exynos 5422 dan Exynos 5260

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.