MWC 2014: HTC Desire 816 Membawa Speaker BoomSound HTC One Untuk Kelas Menengah

HTC-Desire-816-2

 

UPDATE: HTC akan menjual Desire 816 ini dengan harga sekitar Rp. 4,5 jutaan.

Selama ini HTC terlalu mencurahkan fokusnya menggarap flagship HTC One, yang tidak jarang dihadapkan langsung dengan flagship-nya Samsung (tahun lalu dengan HTC One dan HTC One Max), yang selama ini menjadi benchmark. Untuk tahun 2014 ini, mereka masih sama, ingin menawarkan yang terbaik untuk tipe teratasnya.

Rumornya, penerus HTC One sementara ini disebut dengan kode nama HTC M8. Apa yang sudah diketahui, M8 mengajukan dua sensor kamera kembar, desain masih sama dengan HTC One serta berlapis material metal, resolusi full HD, dan akan menjadi smartphone pertama HTC dengan Anroid 4.4 KitKat serta HTC Sense 6.0. Fitur yang bakal dikombinasikan dalam M8 tersebut memang cocok untuk tipe teratasnya. Namun mulai awal Februari 2014, kami juga mendapati jika HTC juga menyiapkan tipe lain yang akan mereka posisikan di kelas menengah. Saat itu rumor menunjuk satu nama, HTC Desire 8.

Saat itu Desire 8 diketahui menawarkan desain semacam HTC One, material casing berbahan plastik, speaker ganda yang menghadap ke depan, tombol power dan volume di sisi tubuhnya seperti HTC One Max, layar 5.5-inchi, opsi dual SIM, kamera 13-megapixel, dan bakal ditawarkan dengan banyak pilihan warna. Tidak sampai sebulan kemudian, selama Mobile World Congress 2014, HTC resmi membuka tabir Desire 8 tersebut, degan nama resmi HTC Desire 816.

HTC-Desire-816-3

Nama Desire selama ini selalu identik dengan kelas menengah, dan kami pun awalnya sedikit meremehkan Android raksasa ini. Dalam Desire 816 kamu mendapatkan layar lebar 5.5-inchi dengan resolusi HD 720p, alias 720 x 1280-pixel. Kemudian untuk mesinnya, HTC berpartner dengan Qualcomm melalui Snapdragon 400 yang dilengkapi prosesor quad-core  ARM Cortex-A7 pada kecepata 1.6 GHz, Adreno 305, jatah RAM yang agak nyeleneh (dan mengingatkan kami pada Galaxy Mega-nya Samsung), yaitu 1.5 GB, sedangkan internal storage-nya 8 GB (bisa diperbesar melalui micro SD hingga 64 GB). Untuk mendukungnya semua fiturny, HTC melengkapinya dengan baterai berkapasitas 2,600mAh.

Seperti rumor yang sudah berhembus sebelumnya, kameranya utamanya 13-megapixel, dan yang di depan 5-megapixel. Keduanya dilengkapi sensor berpencahayaan belakang, alias BSI, yang mendukung pemotretan di kondisi ruangan minim cahaya. Sayangnya, untuk kamera depan hanya mampu merekam video HD 720p, sementara kamera utamanya mendukung video full HD. Kemudian hadirnya dua corong speaker stereo di sisi depannya, juga didukung teknologi pemrosesan audio HTC BoomSound, sepertinya sudah menjadi ikon yang dipopulerkan oleh HTC, sekaligus menjadikan Desire 816 ini pilihan yang menarik bagi mereka yang menyukai fitur audio dan dua speaker yang pertama kali ditawarkan HTC melalui HTC One.

Sebelumnya kami juga mendengan jika Desire 8 memiliki dua slot SIM. Namun dalam Desire 816 ini, HTC hanya menyediakan satu slot kartu SIM, dan itu pun menggunakan jenis kartu SIM nano, ukuran yang selama ini juga lebih kita kenal melalui seri iPhone dan iPad-nya Apple. Di sisi sofware, HTC BlinkFeed dan Sense UI versi 5.5 menjadi suguhan utamanya. HTC Desire 816 ini bakal dijual di China mulai Maret 2014 nanti, dan secara global mulai April 2014.

Sumber: HTC


SHARE
Previous articleCold,Cold Heart, DLC Baru Batman: Arkham Origins Tampilkan Mr. Freeze
Next articleMWC 2014: HTC Konfirmasikan Desire 610, Fokus Multimedia Dalam Ukuran yang Kompak
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.