Melihat Fitur Unggulan Smatphone 10 Jutaan Samsung Galaxy S5 Dalam Video 4 Menit

SM-G900F_shimmery-WHITE_03

Baru 24 Februari lalu Samsung mengkonfirmasikan Galaxy S5. Dan masih lebih dari sebulan ke depan mereka berencana merilisnya di pasaran pada tanggal 11 April 2014. Namun apa yang sudah disampaikan Samsung sepertinya belum cukup memuaskan dahaga penasaran dunia akan flagship barunya tersebut. Karena itulah kemarin mereka merilis satu video intro baru sepanjang 4 menit yang mendemokan beberapa fitur baru yang diunggulkan dalam flagshipnya tersebut. Langsung saja kalian lihat videonya di bawah:

Introducing Samsung GALAXY S5

Video tersebut sukses merangkum semua fungsi dan fitur unggulannya. Apa yang menarik, Samsung memulai pembukaan video tersebut dengan menyinggung bahwa “inovasi itu bukan sekadar mengenai teknologi, namun bagaimana bisa meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.” Ya, mungkin bisa jadi itu petunjuk satu jurus ketika mereka dihadapkan pada pertanyaan, kenapa spesifikasi yang ditawarkan Galaxy S5 kali ini ternyata juga diajukan olah para rivalnya, yang ternyata juga sama mengajukan fitur unik — Galaxy S5 dengan sensor sidik jari dan detak jantung, Xperia Z2 dengan kamera 20-megapixel, atau LG G Pro 2 yang masih memilih kontrol di punggung yang menarik.

SM-G900F_charcoal-BLACK_14

Selain itu, kalimat pembuka Samsung tersebut juga menjelaskan bagaimana Galaxy S5 mampu menjadi partner untuk menemani bagian lifestyle, khususnya untuk mereka yang aktif melakukan aktivitas fitness, seperti dengan beberapa aplikasi baru yang membantu penggunanya untuk merencanakan latihan, mencatat kemajuannya, dan bahkan memonitor detak jantung. Samsung juga menunjukkan melalui video, bagaimana mereka mengintegrasikan fitur fitness tersebut dengan jajaran wearable device smartwatch Gear.

Galaxy-S5-2

Dari video tersebut kami juga sedikit bisa melihat bagaimana beberapa ikon pada antar muka TouchWiz berevolusi. Desain ikonnya kini terlihat lebih datar dan sederhana. Yang sudah terbiasa dengan desain ikon Android Samsung sebelumnya pasti bakal terkejut, karena memang perbedaannya terlihat nyata. Bisa jadi disukai, atau mungkin banyak yang memprotesnya. Namun yang jelas terlihat simple dan mudah dibaca. Dan entah feeling saja, terasa seperti ikon-ikonnya Windows Phone. Lebih jelasnya lagi, kalian bisa melihat video berikut.

Fitur lainnya yang juga disampaikan melalui video adalah satu kemampuan yang banyak diminta pengguna Galaxy selama ini, dan kembali khususnya untuk pengguna aktif, yaitu rating IP67, yang membuatnya anti debu dan air. Samsung juga menawarkan opsi penghemat dsaya Ultra Power Saving Mode pada Galaxy S5. Tidak ketinggalan, yang patut kamu ketahui dari video tersebut adalah layar 5.1-inchi dengan resolusi full HD, prosesor quad-core 2.5GHz dari keluarga Snapdragon 801, 2GB RAM, baterai 2800-mAh, kamera utama 16-megapixel dan Android 4.4 KitKat.

SM-G900F_copper-GOLD_13

Menyinggung mengenai mode penghemat daya Ultra Power Saving, di dalamnya Samsung juga diketahui menerapkan beberapa metode yang diterapkan secara software untuk membuat flagship mereka ini lebih tahan lama. Pertama adalah NavExtend, yang membantu Galaxy S5 ketika menjalankan GPS. NavExtend akan mengatur proporsi GPU yang tepat selama menggunakan fitur map, sehingga GPU tidak akan berjalan terlalu lepas ketika me-refresh tampilan peta misalnya, agar daya yang digunakan tidsak terlalu besar.

Galaxy-S5-4

Metode kedua disebut WebExtend, yang akan menghemat baterai ketika menggunakan aplikasi browser. Sama seperti sebelumnya, sekadar berbasis manajemen GPU, dan mengatur refresh rate agar tidak terlalu aktif ketika hanya mengakses website yang sederhana. Kemudian terakhir adalah GameExtend, yang juga sudah diterapkan Samsung pada Galaxy Note 3. Kembali yang berperan di sini adalah kinerja GPU yang diatur sesuai dengan kebutuhan game yang kamu mainkan. Keseluruhan Samsung mengklaim usaha mereka tersebut bisa menyelamatkan 25% baterai. Bagaimana kenyataannya, itu yang belum bisa kita buktikan.

Galaxy-S5-Gifts

Menutup ulasan ini, kita menyinggung mengenai harga. Sebagai flagship, kita juga tidak berharap Galaxy S5 ini termasuk smartphone yang murah. Beberapa retailer Eropa sudah membuka pre-ordernya dengan beragam nilai. Seperti Clove di UK yang menuiskan Galaxy S5 dengan harga £599, serta Amazon Spanyol akan menjualnya dengan harga 730 Euro. Ketika kita mengkonversikannya ke rupiah, dihasilkan nilai lebih dari Rp. 10 jutaan. Harga tersebut belum final, dan semoga saja Samsung mau merevisinya. Setidaknya dengan angka pembukaan Rp. 7-8 jutaan, cukup membuatnya bersaing dengan rival-rivalnya. Oh ya, mengenai harga yang tinggi, bisa jadi beragam bonus yang dimasukkan Samsung ke dalam Galaxy S5 ikut berkontribusi. Berdasarkan informasi dari website Samsung, mereka menawarkan Galaxy Gifts untuk pengguna Galaxy S5, seperti dengan langganan 1 tahun Run Keeper dan Lark, 6 bulan dari Skimble dan Map My Fitness, serta credit senilai $10 untuk game Cut the Rope 2. Menurut perhitungan Samsung, bonus tersebut saja nilainya US $469, atau sekitar Rp. 5 jutaan!

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleHumble Mobile Bundle 4, Lagi-lagi Kesempatan Berhemat Main Game Orisinal
Next articleSony Merilis Aplikasi Socialife News Untuk Semua Android
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.