Sony Terus Berjaya, PlayStation 4 Terjual 6 Juta Unit, Paksa Xbox One Turun Harga!

Watanabe, gamer Jepang pertama yang mendapatkan PS4.
Watanabe, gamer Jepang pertama yang mendapatkan PS4.

Hanya berselang dua minggu setelah Sony terakhir mengumumkan jika mereka berhasil menjual 5.3 juta unit PlayStation 4 di seluruh dunia, kami mendapatkan data baru jika produsen konsol game asal Jepang yang baru saja menjual PlayStation 4 mereka di Jepang pada 22 Februari 2014 kemarin berhasil menambah lagi unit yang berpindah tangan ke gamer. Di Jepang PlayStation 4 berhasil terjual 322,083 unit hanya dalam dua hari perilisannya, yang kemudian bertambah 65,685 unit pada minggu kedua yang berakhir 2 Maret 2014 menjadi lebih dari 387,768 unit. Digabungkan dengan penjualan di wilayah lain, kini jumlah PlayStation 4 yang sudah beredar di pasaran mencapai 6 juta unit per 2 Maret 2014 kemarin, atau satu minggu pasca mulai dijual di Jepang!

Paket PS4 First Limited Pack inilah yang dijual di Jepang.
Paket PS4 First Limited Pack inilah yang dijual di Jepang.

Jika ditotal dari pertama kali dirilis, Sony hanya membutuhkan waktu empat bulan untuk menjual 6 juta unit Playstation 4 di seluruh dunia, sejak pertama kali dirilis pertengahan November 2013 lalu Amerika Serikat dan Eropa, dan kini sudah tersedia di 57 negara. Selain itu, Sony juga mengungkapkan jika ada peningkatan drastis pelanggan PlayStation Plus sejak konsol terbaru mereka itu diirlis. Wajar, karena untuk bermain online multiplayer menggunakan kotak game baru Sony, gamer perlu berlangganan PS Plus, selain juga untuk menanti penawaran diskon game-game lama, atau bahkan juga digratiskan.

PlayStation 4 melengkapi perangkat hiburan keluarga dari Sony.
PlayStation 4 melengkapi perangkat hiburan keluarga dari Sony.

Klaim angka dari Sony yang terus berkembang itu juga diiringi dengan data-data lain yang dihasilkan oleh para pengguna PlayStation 4. Seperti 3.6 juta live broadcast dibuat memanfaatkan tombol Share pada kontroler Dual Shock 4, yang kemudian menghasilkan efek viral mencapai lebih dari 54 juta melalui layanan video Twitch dan Ustream. Itu untuk video, menurut Sony gamer juga sudah membagikan lebih dari 100 juta hasil capture layar dan lebih dari 100 juta achievement yang dibagikan ke jejaring sosial seperti Facebook serta Twitter. Selain itu, mereka juga mengatakan sudah lebih dari 13.7 juta game PS4 terjual hingga saat ini. Figur tersebut dicapai hanya dalam waktu 4 bulan. Bandingkan saja dengan angka 17 juta unit software yang dijual Nintendo Wii U selama 12 bulan.

Game keren sekelas Titanfall ini seharusnya mampu menambah jumlah Xbox One yang terjual.
Game keren sekelas Titanfall ini seharusnya mampu menambah jumlah Xbox One yang terjual.

Sony sukses memulai start PlayStation 4 di Amerika, dan banyak yang menyebutkan jika konsol tersebut sebagai mesin game terlaris selama Januari 2014 kemarin, yang diikuti oleh rival terdekat Xbox One-nya Microsoft yang diklaim sudah terjual 3.9 juta unit per akhir Januari 2014. Dan kini Maret 2014 datang, sekaligus beberapa game unggulan untuk keduanya juga segera hadir. Bulan ini kedua konsol generasi delapan tersebut kembali diuji, mampukan game eksklusif sepeti Titanfall untuk Xbox One, first-person shooter dari developer yang selama ini dikenal membantu pengembangan franchise Call of Duty, dan juga inFamous: Second Son untuk PlayStation 4, game action adventure yang sudah identik di telinga penggemar Sony, mampu mendongkrak penjualan?

Membeli bundle Xbox One ini, sama saja kamu mendapatkan salah satu game eksklusif unggulan Titanfall secara gratis!
Membeli bundle Xbox One ini, sama saja kamu mendapatkan salah satu game eksklusif unggulan Titanfall secara gratis!

Meskipun belum terasa, seharusnya akan ada perubahan untuk total unit konsol yang terjual. Untuk saat ini, perbandingan PlayStation 4 (sekitar 6 juta unit) dan Xbox One (sekitar 3.9 juta unit) yang terjual berbanding 1: 1,5 untuk kemenangan PlayStation 4. Dan itulah yang menjelaskan kenapa Microosoft memutuskan memangkas harga konsol mereka di Eropa akhir Februari 2014 lalu. Mulai 28 Februari 2014 kemarin, Xbox One dijual di Inggris Raya dengan harga £399.99 atau sekitar Rp. 7,8 jutaan dari harga normal £499.99 Bahkan Microsoft juga menawarkan bundle khusus Titanfall dengan harga yang sama, yang bisa dipesan awal mulai akhir bulan lalu. Bundle tersebut tampil dengan kemasan bernuansa Titanfall, dan termasuk di dalamnya mesin Xbox One, sensor Kinect, Xbox One wireless controller, Xbox One Chat Headset, satu bulan keanggotaan gratis Xbox Live Gold dan ternyata hanya kopi versi digital Titanfall, yang menjelaskan kenapa harganya bisa murah — bahkan retailer di sana menjualnya di harga sekitar £360, yang akhirnya membuatnya ludes dalam waktu sehari saja.. Di wilayah lain, bundle tersebut dijual dengan harga yang masih sama dengan harga normal Xbox One, yaitu US $499.99, dan masih bisa kamu raih melalui situs ofisial Xbox di tautan berikut.

PS4-Hong-Kong-Launch

Kita tungu saja bagaimana game-game menarik seperti Titanfall yang eksklusif Xbox One, dan inFamous: Second Son serta Dynasty Warriors 8: Complete Edition yang hanya tersedia di PlayStation 4, serta Metal Gear Solid V: Ground Zeroes untuk kedua konsol tersebut, mampu menambah jumlah mesin yang terjual di pasaran selama Maret 2014 ini.

[cb type=”company”]Sony[/cb]

Sumber: Blog PlayStation


SHARE
Previous articleSkor Review Famitsu Edisi 1318, Dark Souls II Menguasai Tahta
Next articleKumpulan Rumor “The All New HTC One M8,” Unggulkan Dua Sensor Kamera UltraPixel

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.