Dari PSN dan Steam, Rochard Kini Hadir di Android Melalui TegraZone

Rochard-1

Ketika nVidia mengkonfirmasikan handheld mereka nVidia Shield awal tahun 2013 lalu, selain menunjukkan kekuatan hardware nVidia Tegra 4, mereka juga menjanjikan beberapa game yang dirilis khusus untuk Shield. Meskipun tidak eksklusif, namun setidaknya untuk kelas mobile, awalnya hanya akan tersedia untuk pengguna handheld tersebut. Salah satu gamenya adalah Rochard, game platformer buatan Recoil Games yang sebelumnya sudah eksis di PlayStation 3 melalui PlayStation Network pada 27 September 2011, dan juga PC Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X melalui Steam pada 15 November di tahun yang sama. Dan kini nVidia akhirnya resmi mendapatkan game ini, karena kemarin dirilis untuk nVidia TegraZone, portal unduh game mobile khusus untuk gadget ber-chipset Tegra.

Rochard-2

Game ini mengisahkan karakter dengan kemampuan manipulasi gravitasi menggunakan G-Lifter, perangkat gravitasi yang dengan mudah mampu memindahkan obyek, memodifikasi keadaan sekitar atau merubah keadaan gravitasi. Gabungkan perangkat unit tersebut dengan puzzle berbasis platformer side-scrolling yang menantang, penuh humor dan cerita yang kompleks dalam tampilan grafis dan lingkungan 3D yang digambarkan sangat detil. Gameplay-nya yang banyak melibatkan gerakan platformer memang lebih cocok dikendalikan dengan kontroler fisik nVidia Shield dibandingkan touchscreen tipikal smartphone atau tablet.

Rochard-3

Kamu akan menyusuri serangkaian lingkungan yag memadukan puzzle dan pertarungan. Menghadapi tantangan tersebut, karaktermu, John Rochard bisa mengakses peralatan dan mekanis yang berhubungan dengan gravitasi dan berat. Kamu bisa mengganti antara gaya tarik gravitasi normal seperti yang kita rasakan di Bumi, atau gravitasi yang lebih rendah dengan hanya sentuhan tombol. Mengendalikan gravitasi menjadi kunci utama karakter sukses melalui setiap level, seperti dengan mengganti ke gravitasi rendah sehingga bisa melompat lebih tinggi, mengatur arah lintasan benda yang dilemparkan, melayang di dalam lubang udara ketika mode gravitasi rendah diaktifkan, mengangkat obyek berat ketika gravitasi rendah, hingga berayun pada obyek tertentu menggunakan alat Gravity Beam. Pada beberapa level gravitasinya juga ditukar, sehingga karakter bisa menyentuh atap ruangan, ala mekanis gameplay Gravity Guy.

Rochard-4

Grafisnya yang memang di atas rata-rata itu (dengan elemen seperti tekstur kompresi DXT5, PCF shadow dan multiple pixel light melalui engine Unity) ternyata karena memang diptimalkan untuk perangkat dengan chipset Tegra 4 saja (khususnya Shield), tidak untuk chipset Tegra di bawahnya, atau chipset mobile lainnya yang digunakan untuk Android. Selain itu, developer juga mengharuskan game ini dimainkan dengan kombinasi kendali gamepad, sehingga menyulitkan seandainya perangkat yang digunakan media kontrolnya melalui layar sentuh, kecuali perangkat ber-Tegra 4 lainnya seperti Tegra Note dan Asus TransformerPad TF701T bisa memainkannya seandainya disandingkan dengan gamepad eksternal.

  • Dapatkan Rochard melalui Google Play Store. Membutuhkan minimal Android versi 4.1, dengan storage 615 MB, chipset Tegra 4 dan kontroler Gamepad.

Sumber: TegraZone


SHARE
Previous articleMengintip Gameplay 2014 FIFA World Cup Brazil dari EA
Next articleWave Game Siapkan Fantasy Saga Online, MMORPG Bergaya Anime dengan Seiyuu Papan Atas
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.