5 Hal yang Membuat Tweet Foto Oscar Selfie dari Ellen Degeneres Memecahkan Rekor Retweet

Oscar-Selfie-1

Ellen DeGeneres Oscar Selfie adalah fenomena populer yang merupakan foto selfie bersama para artis saat Academy Award ke-86 yang dilakukan oleh Ellen Degeneres, yang berdampak pada rekor tweet yang di-retweet paling banyak sepanjang sejarah. Kejadiannya adalah saat Ellen Degeneres meminta Meryl Streep untuk berfoto bersama untuk mencoba membuat rekor retweet foto, dimana rekor retweet sebelumnya dipegang oleh foto Presiden Obama beserta ibu negara yang berpelukan saat terpilih kembali menjadi Presiden Amerika Serikat pada November 2012.

Ternyata percobaan ini berhasil memecahkan rekor retweet sepanjang sejarah, yang bahkan sempat membuat twitter menjadi crash dalam beberapa saat. Apa saja yang membuat foto selfie ini mendapat retweet hingga 3 juta kali? (hingga saat tulisan ini dibuat)

Popularitas artis yang terekam pada foto selfie

Saat DeGeneres dan Streep siap mengambil foto, aktor lainnya ikut ber-photobomb (aksi untuk mengganggu pengambilan foto/video sehingga ikut terekam, tapi kesannya lebih untuk mengganggu esensi pengambilan foto). Aksi photobomb ini membuat selfie yang melibatkan beberapa artis saat penyelenggaraan Academy Award antara lain: Ellen DeGeneres, Meryl Streep, Jared Leto, Brad Pitt, Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Julia Roberts, Lupita N’yongo dan saudaranya, Kevin Spacey, Channing Tatum, juga Angelina Jolie.

Jika dijabarkan, follower twitter dari artis di atas adalah:

  • Ellen DeGeneres (@TheEllenShow) : 27 juta followers
  • Meryl Streep (tidak ada akun twitter resmi)
  • Jared Leto (@JaredLeto) : 1,6 juta followers
  • Brad Pitt (tidak ada akun twitter resmi)
  • Jennifer Lawrence (tidak ada akun twitter resmi)
  • Bradley Cooper (tidak ada akun twitter resmi)
  • Julia Roberts (tidak ada akun twitter resmi)
  • Lupita N’yongo (@Lupita_Nyongo) : 237 ribu followers
  • Kevin Spacey (@KevinSpacey) : 3,1 juta followers
  • Channing Tatum (@channingtatum) : 5,7 juta followers
  • Angelina Jolie (tidak ada akun twitter resmi)

*akun resmi berdasarkan akun twitter yang mendapat tanda centang biru

Dilihat dari jumlah followers nya saja para artis yang terdapat pada selfie di atas memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Jika saja sebagian followers mereka ada yang me-retweet foto selfie tersebut, maka tidak heran jika foto ini mencapai jutaan retweet

Tweet Live Moment dan Trend Academy Award

Nilai lebih dari tweet Ellen DeGeneres ini adalah, selain karena di tweet oleh sosok populer, tweet ini disiarkan langsung ketika event Academy Awards sedang berjalan. Twitter pada masa kini dapat dianggap sebagai sumber berita paling update karena kemudahan dan kecepatan penyebaran informasi yang bisa disampaikan dalam 140 karakter huruf.

Hal ini bisa dilihat dari kronologi ketepatan waktu tweet dari Ellen DeGeneres, ketika Academy Awards sedang berlangsung dan ia mengambil foto tweet yang melibatkan berbagai artis yang hadir di sana.

Tweet ini diambil pada pukul 10.06 PM EST saat penyelenggaraan Academy Award berlangsung.

Oscar-Selfie-Tweet-1

Dalam kurun waktu 3 menit, tweet foto ini di retweet lebih dari 80.000 kali. Lalu foto ini menembus rekor retweet pada pukul 10.40 PM, dan pada pukul 11.05 PM, menjadi tweet pertama yang di retweet lebih dari 1 juta kali. Dan pada 5 Maret 2014, jumlah retweet nya mencapai 3,25 juta kali.

Menurut data dari Google Trend yang bisa Citizen lihat melalui tautan berikut, pencarian kata “academy award” juga mencapai search paling tinggi dibandingkan penyelenggaraan Academy Award tahun sebelumnya, dan mencapai search tertinggi di bulan Maret 2014 saat penyelenggaraan Academy Award ke-86 berlangsung. Dan tentu juga terbantu oleh fenomena retweet foto selfie Ellen DeGeneres.

Statistik dari Google Trend mengenai pencarian kata “Academy Award”
Statistik dari Google Trend mengenai pencarian kata “Academy Award”

Pemberitaan Media dan Fenomena Viral

Ketika tweet ini memecahkan rekor retweet, fenomena ini langsung diberitakan di berbagai media berita online, di antaranya diliput oleh TIME, Buzzfeed, USA Today, dan lainnya. Hal ini turut membantu penyebarluasan informasi tentang tweet dari Ellen DeGeneres.

Popularitas tweet ini juga terbantu oleh perbincangan di internet, sehingga menjadi fenomena viral di dunia maya. Trend yang menyebar begitu cepat membuat beberapa orang kreatif membuat versi lain dari foto selfie ini, beberapa di antaranya bisa citizen lihat melalui tautan berikut.

Fenomena pemecahan rekorini juga menjadi tantangan bagi beberapa artis untuk membuat rekor yang lebih baik. Beberapa orang yang merasa tertantang untuk membuat rekor baru di antaranya adalah  Kevin Spacey beserta host terkenal Jimmy Kimmel, dan seorang penduduk Texas bernama Terry Shipman.

Oscar-Selfie-Tweet-3 Oscar-Selfie-Tweet-2

Retweet yang Membuat Twitter Crash

Segala hal yang bisa membuat media sosial menjadi crash tentu akan menarik perhatian publik, salah satunya adalah tweet Ellen DeGeneres ini. Banyaknya retweet yang membeludak pada waktu singkat membuat twitter sempat crash, dan kegiatan sosial media di twitter terganggu selama kurang lebih 20 menit.

Terganggunya sosial media seperti twitter ini tentu menarik perhatian orang-orang tidak hanya kepada mereka yang berminat pada event Academy Award, namun juga kepada mereka yang awam. Terlepas dari apakah mereka ikut me-retweet foto selfie ini atau tidak.

Tampilan twitter ketika tweet foto selfie Ellen DeGeneres membuat crash
Tampilan twitter ketika tweet foto selfie Ellen DeGeneres membuat crash

Kontroversi

Tweet dari Ellen DeGeneres ini di lain pihak juga menimbulkan kontroversi. Kamera yang digunakan Ellen DeGeneres saat tweet foto selfie ini bertipe Samsung Note 3 yang belum dirilis. Hal ini membuat orang menduga bahwa  foto selfie ini adalah upaya promosi dari Samsung, yang merupakan salah satu sponsor Academy Award.

Padahal tweet foto para artis di backstage menggunakan iPhone. Tidak diketahui apakah memang 2 jenis smartphone yang berbeda ini memang milik Ellen DeGeneres walaupun tentu menimbulkan pertanyaan untuk apa Ellen menggonta-ganti smartphone nya saat mengambil foto selfie yang berbeda. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa tweet selfie Ellen DeGeneres adalah titipan sponsor.

Selfie Ellen DeGeneres di backstage menggunakan iPhone, padahal ketika selfie oscar ia menggunakan Samsung Galaxy Note 3
Selfie Ellen DeGeneres di backstage menggunakan iPhone, padahal ketika selfie Oscar ia menggunakan Samsung Galaxy Note 3

Faktor yang disebutkan di atas merupakan sedikit dari penyebab tweet selfie foto Ellen DeGeneres ini menjadi fenomenal. Apakah citizen tertarik untuk mencoba memecahkan rekor retweet dari foto oscar selfie ini?


SHARE
Previous articleSony Pictures Me-reboot Film Zorro dengan Gaya The Dark Knight
Next articleAktris Korea Soo Hyun Kim Ikut Ramaikan Avengers: Age of Ultron
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.