Celestian Tales: Old North, RPG Indonesia yang Berhasil Menembus Kickstarter

cover-celestian

Kilas balik pertengahan tahun 2013 lalu, ada satu developer game asal Indonesia yang mencoba peruntungan di jalur crowdfunding dengan game RPG yang dikembangkannya. Sayang, pada saat itu Ekuator Games yang mendaftarkan proyek RPG mereka, Celestian Tales: Old North gagal mencapai target pendanaan di Kickstarter. Akibatnya, mereka pun gagal mendapatkan pendanaan dari website crowdfunding terbesar tersebut, dan pengembangan game ini pun harus terhenti sementara.

Hal tersebut rupanya tidak membuat mereka berputus asa, dan kembali mencoba peruntungan di Kickstarter pada bulan Maret ini. Percobaan kedua akhirnya membuahkan hasil, dimana akhirnya semalam mereka berhasil menembus target NZD 30,000 yang dibebankan untuk proyek ini. Sampai artikel ini ditulis, game yang disebut akan membawa nuansa segar dalam genre RPG ini sudah mendapatkan dukungan NZD 31,167 dengan masih 21 hari tersisa sebelum keran pendanaannya ditutup nanti.

Celestian Tales: Old North adalah sebuah RPG dengan cita rasa klasik yang menggunakan grafis dua dimensi yang cantik. Dalam halaman Kickstarter resminya, Ekuator Games mengungkapkan bahwa tujuan mereka mengembangkan game ini adalah bukan hanya menghadirkan sebuah game yang menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga memiliki pesan dan kesan yang dalam untuk para pemainnya. Game ini mengambil setting sebuah negara kelam untuk ditinggali yang bernama Old North. Di Negara ini, para bangsawan bertindak semena-mena terhadap rakyatnya, yang harus bekerja setiap hari untuk bangsawan tersebut. Di tengah masa kelam ini, muncul enam anak yang tengah memulai petualangan mereka sebagai ksatria. Mereka menyadari, bahwa negara yang mereka cintai saat ini sudah tidak seindah bayangan mereka, dan di tengah perjalanan pun mereka menghadapi konflik demi konflik yang harus mereka selesaikan.

Game ini akan menghadirkan enam karakter playable, dimana masing-masing akan memiliki latar belakang dan kisahnya sendiri-sendiri. Gaya penceritaan game ini mengambil sudut pandang masing-masing karakter ala Odin Sphere, dan pada suatu saat para karakter ini akan bertemu untuk membentuk kisah utama dari game ini dan berkembang secara bersama-sama. Saat memulai pertarungan, game ini mengadopsi sistem yang sedikit mirip dengan Grandia, dimana kamu akan memulai pertarungan setelah berinteraksi dengan musuh di map. Sedangkan untuk sistem pertarungannya, game ini mengadopsi sistem yang mirip dengan FF VI dan Dungeons & Dragons yang mengkombinasikan antara sistem pertarungan turn based dengan variasi komposisi tim yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan gaya bertarung yang beraneka ragam.

Pihak pengembang mengungkapkan bahwa dalam game ini kamu akan menelusuri kehidupan selama 30 tahun dari enam karakter tersebut, sehingga nantinya kamu bisa melihat bagaimana mereka tumbuh dewasa dan berkembang menjadi seorang ksatria. Enam karakter ini nantinya akan menawarkan pengalaman bermain yang berbeda, dimana masing-masing memiliki kepribadian, gaya bertarung, equipment, kisah pribadi, cut scene, hingga pilihan keputusan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Untuk gaya grafisnya, pihak pengembang menyebutkan bahwa mereka terinspirasi dari sprite dua dimensi klasik ala Suikoden dan Ragnarok Online, dengan perspektif top down saat menjelajah map.

Masih banyak waktu tersisa bagi kamu yang ingin memberikan dukungan kepada game ini. Sama dengan proyek lain di Kickstarter, pihak pengembang menyediakan banyak insentif menarik bagi para backer (sebutan penyandang dana di Kickstarter) sesuai dengan dana yang mereka keluarkan seperti kopi digital game, konten eksklusif hingga kumpulan artwork goresan tangan yang menarik.

Rencananya, game ini akan dirilis dalam bentuk episodik ala The Walking Dead, dengan episode pertama yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir 2014 ini juga untuk PC, Mac dan Linux. Bagi kamu yang penasaran dengan game ini, untuk sementara kamu bisa mencoba prototype-nya terlebih dahulu yang disediakan melalui halaman ini.

[Sumber: Kickstarter]