Doraemon Hadir dalam Film CG 3D Pertamanya, Stand by Me Doraemon

Stand by Me Doraemon

Doraemon kini akan hadir dalam film animasi CG (computer graphic) 3D pertamanya berjudul Stand by Me Doraemon, yang akan tayang tanggal 8 Agustus 2014.

Tentunya Stand by Me Doraemon akan ditayangkan di bioskop-bioskop di Jepang pada tanggal 8 Agustus 2014 mendatang. Tagline dalam debut trailer-nya menyebutkan film ini sebagai”kisah Doraemon yang pertama – dan yang terakhir.” Doraemon mengatakan pada Nobita,”Aku tidak bisa tinggal di sini lagi.” Tagline di akhir video bisa dibaca sebagai berikut,”Untuk semua orang yang memiliki masa kecil.”

Stand by Me Doraemon

Duo kreator manga Doraemon, Fujiko Fujio (Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko) menciptakan Doraemon pada tahun 1969 silam. Dikisahkan, ada sebuah robot  kucing yang dikirim oleh seorang anak laki-laki dari masa depan ke masa kini untuk membantu kakek dari anak laki-laki tersebut, Nobita. Nobita, Doraemon, dan teman-temannya menjalani kehidupan sehari-harinya dengan beragam konflik. Mereka bisa menyelesaikan (dan membuat) masalah dengan bantuan beragam peralatan futuristis dari kantong ajaib empat dimensi milik Doraemon. Dan mereka pun juga mengalami petualangan melintasi ruang dan waktu berkat adanya Doraemon,

Takashi Yamazaki (Returner, Always: Sunset on Third Street, Ballad, Space Battleship Yamato) yang berusia 49 tahun dan Ryûichi Yagi (sutradara Pénélope tête en l’air line, pengarah CG 3D Moyashimon) yang berusia 48 tahun akan bekerjasama menangani film Doraemon ke-36 ini, setelah sebelumnya pernah bekerjasama dalam menangani film anime CG 3D Friends: Mononoke Shima no Naki. Yamazaki juga menulis screenplay-nya.

Stand by Me Doraemon

Perencanaan Stand By Me Doraemon dimulai semenjak tiga tahun lalu. Setelah menyelesaikan Friends: Mononoke Shima no Naki, kedua orang tersebut mulai memikirkan membuat sebuah proyek baru dengan tim yang sama. Yamazaki mengatakan kalau film tersebut akan memberikan pengalaman menonton film 3D dalam dunia Doraemon, seperti apa jadinya kalau tanganmu benar-benar memegang beragam peralatan milik Doraemon. Yagi menambahkan kalau adegan terbang di dalamnya akan ditampilkan dengan alat khas Doraemon, Baling-baling Bambu.

Stand by Me Doraemon

Proses pembuatan model karakternya memakan waktu setahun, dan tim berusaha untuk mencapai pergerakan dan ekspresi wajah yang realistis. Setelah dialognya direkam, tim mulai memproduksi animasi CG untuk menyesuaikan dengan suaranya, merupakan kebalikan dari proses pembuatan film anime di Jepang (yang merekam dialognya setelah hampir keseluruhan animasinya selesai). Teknik yang digunakan di sini melibatkan miniatur dan obyek-obyek dunia nyata untuk latar belakangnya.

Berikut adalah para seiyuu yang mengisi suara karakter dalam Stand by Me Doraemon.

Megumi Oohara sebagai Nobita

Subaru Kimura sebagai Giant

Tomokazu Seki sebagai Suneo

Wasabi Mizuta sebagai Doraemon

Yumi Kakazu sebagai Shizuka

Stand by Me Doraemon

Di lain sisi, seri manga-nya dikompilasi dalam 45 volume komik sebelum berakhir di tahun 1996.Serial anime televisinya juga sudah dikumpulkan selama empat dekade terakhir, dan juga beberapa anime televisi spesial. Fujiko F. Fujio Production, produser multimedia Jepang Voyager Japan, dan perusahaan penerjemahan AltJapan tengah merilis manga Doraemon dalam bahasa Inggris dan penuh warna secara digital.

[ Sumber : Anime News Network (2, 3) ]


SHARE
Previous articleUbisoft Beberkan Spesifikasi PC Minimum untuk Memainkan Watch Dogs
Next articleMount & Blade: Warband Dirilis di Android, Eksklusif Untuk nVidia Tegra 4

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.