EasterEgg Hunter : Mengungkap Marvel Universe bersama Lady Sif di Agents of S.H.I.E.L.D. : “Yes Men”

Agents-of-S.H.I.E.L.D.-1

Warning : Spoiler Alert!

Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D. memasuki episode ke 15 dengan judul : “Yes Men”. Hal ini terkait dengan kehadiran Lorelei, penyihir dari Asgardian yang menggunakan mantera untuk memikat dan mengendalikan laki-laki untuk menaklukan dunia. Di episode ini diramaikan dengan kehadiran Asgardian lainnya yaitu Lady Sif (hadir di movie Thor dan Thor : The Dark World) dalam menghentikan aksi Lorelei di Bumi.

Namun di baik itu, ada petunjuk tersembunyi yang terdapat di tengah-tengah episode ini. Beberapa di antaranya mungkin bisa menjadi petunjuk untuk movie-movie Marvel yang akan tayang ke depannya.

Ben Franklin

Uang 100 USD yang bergambar Presiden Benjamin Franklin sebenarnya adalah hal yang umum. Namun hal ini menjadi menarik saat Lorelei justru menanyakan tentang gambar yang terdapat pada uang itu, yang sempat disangkanya sebagai seorang “wanita”.

Perlu citizen ketahui, Benjamin (Ben) Franklin merupakan salah satu “tokoh” Marvel yang mengacu pada tokoh dunia yang sebenarnya. Ben Franklin muncul di Marvel Universe pada komik Doctor Strange ketika ia menyelidiki aktivitas perkumpulan kultus yang melibatkan orang yang disayanginya.

Ben Franklin bersama Deadpool, Doctor Strange, dan Agent Preston
Ben Franklin bersama Deadpool, Doctor Strange, dan Agent Preston

Ben Franklin sendiri juga muncul di beberapa komik Marvel terkini, terutama di komik Deadpool. Ben Frankin bahkan membantu S.H.I.E.L.D. untuk permasalahan dunia hantu atau yang terkait dengan sejarah Amerika Serikat.

Menghilangnya Nick Fury

Diceritakan bahwa Nick Fury tidak diketahui kabar dan keberadaannya saat ini. Bahkan Agent Sitwell yang memiliki otoritas tinggi juga tidak mengetahui tentang Nick Fury. Hal ini bisa menjadi petunjuk sehubungan dengan event di movie Captain America : Winter Soldier.

Sif menerima tugas dari Odin

Misi Lady Sif dalam penangkapan Lorelei adalah misi yang diperintahkan dari Odin. Jika ini benar, apakah Odin yang sesungguhnya memang masih menjadi penguasa Asgard, atau Odin ini, seperti halnya pada ending Thor : The Dark World, adalah Loki yang memiliki muslihat melibatkan Lorelei?

Interdites, Levians, Pheragots, Kree, Sarks, Centaurians, dan Frost Giants

Lady Sif sempat bercerita pada Agent Coulson bahwa ia pernah mengunjungi beberapa ras alien lainnya di jagad raya – ini mengacu pada post-credit scene pada movie Thor : The Dark World –. Agent Coulson lalu bertanya pada Lady Sif mengenai apakah di antara ras alien itu ada yang berupa manusia biru (mengacu pada episode “T.A.H.I.T.I”), lalu Lady Sif menjawab bahwa ras alien biru yang pernah ia lihat adalah : Interdites, Levians, Pheragots, Kree, Sarks, Centaurians, dan Frost Giants. Jika citizen adalah penggemar berat komik Marvel, pernyataan ini tentu menarik perhatian citizen, karena Lady Sif menyebutkan nama ras alien yang ada di Marvel Universe. Beberapa yang kita bisa bahas antara lain:

Interdites : ras alien dari Planet Interdis, memiliki kemampuan psionik dan mampu melihat masa depan

Levians : ras alien dari Planet Levia yang telah hancur, kini berada di dunia berupa kapal angkasa raksasa bernama Levianon. Mereka yang selamat dari hancurnya Levia membentuk peradaban baru berupa peradaban yang primitif.

Pheragots : ras alien dari Planet Arago-7, memiliki kekuatan melebihi manusia bumi biasanya, namun sangat ramah dan cenderung menghindari peperangan atau kekerasan.

Sarks : alien dari Planet Sarka

Centaurians : alien dari Planet Centauri-VI. Ciri khas nya adalah beberapa di antara mereka memiliki kemampuan psionik, dan beberapa juga menguasai kemampuan mistik, hingga bisa berkomunikasi dengan kehidupan alam lain. Centaurian, seperti manusia, juga turut menjadi eksperimen bangsa Kree, sehingga beberapa Inhuman adalah ras Centaurian. Diketahui juga ada Centaurian yang juga merupakan mutan, yang memiliki perubahan genetis sejak lahir.

Frost Giant : bangsa raksasa es dari Jotunheim. Konon beberapa milenia lalu pernah menginvasi Bumi, namun Bumi mendapat perlindungan dari para Asgardian. Frost Giant pernah muncul di movie Thor. Dan Loki, saudara tiri Thor, adalah seorang Frost Giant. 

Loki, salah satu Frost Giant di dunia Marvel
Loki, salah satu Frost Giant di dunia Marvel

[Trivia] seandainya saja bisa merembet ke X-Men universe, maka salah satu hal yang diketahui penulis adalah bahwa Iceman, salah satu X-Men, merupakan “potential Frost Giant”. Hal ini diungkapkan oleh Thor ketika bertemu dengan Iceman.

Thor menganggap Iceman sebagai “Little Frost Giant”
Thor menganggap Iceman sebagai “Little Frost Giant”

Kree : ras alien yang krusial di dunia Marvel. Mereka berasal dari Planet Hala. Kree memiliki kekuatan tubuh rata-rata 2x dari kekuatan manusia Bumi karena kondisi alam Planet Hala. Karena terlibat perang berkepanjangan, terutama dengan bangsa Skrull, Kree juga memiliki kekuatan militer yang kuat. Salah satu kekuatan militer mereka adalah dengan melakukan berbagai eksperimen kepada ras alien lain. Eksperimen bangsa Kree terhadap manusia Bumi menyebabkan lahirnya Inhuman.

Pernyataan Lady Sif tentang Kree ini memperkuat bukti bahwa Marvel Cinematic memang memiliki lisensi terhadap Bangsa Kree, berbeda dengan Bangsa Skrull, yang karena suatu sebab sehingga mereka harus menggantinya dengan Bangsa Chitauri.

Hal ini memberi petunjuk bahwa salah satu alien yang akan muncul di Guardian of the Galaxy memang merupakan Bangsa Kree. Salah satu Kree yang muncul adalah Korath the Pursuer.

Korath the Pursuer, salah satu Kree yang hadir di Guardian of the Galaxy
Korath the Pursuer, salah satu Kree yang hadir di Guardian of the Galaxy

Keberadaan Kree juga menimbulkan potensi munculnya superhero Marvel lainnya. Superhero Marvel yang merupakan bangsa Kree antara lain : Captain Marvel dan Ms. Marvel.

Dengan penegasan keberadaan Kree, akankah Marvel Cinematic akan memunculkan hero lainnya seperti Captain Marvel dan Ms. Marvel?
Dengan penegasan keberadaan Kree, akankah Marvel Cinematic akan memunculkan hero lainnya seperti Captain Marvel dan Ms. Marvel?

SHARE
Previous articleUji Kadar Kegalauanmu dengan Memainkan Kuis Galau dari Agate Jogja!
Next articleGame Developer Indonesia Minggu Ini

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.