Ambisi Wind Up Knight 2 Menjadi Platformer Terbaik, Dirilis Lebih Awal di Android

Wind-up-Knight-1

UPDATE: Versi iOS-nya juga sudah dirilis, kamu pengguna smartphone dan tablet Apple bisa mengunduhnya melalui tautan di bagian bawah artikel ini.

Genre action side-scrolling identik dengan repetitif dan juga replay value yang rendah. Namun hal itu berbeda dengan formula yang ditawarkan oleh Wind Up Knight. Game garapan Robot Invader yang dirilis tahun 2011 di iOS dan 2013 di Android tersebut menawarkan konsep game ini unik, dimana kamu akan mengendalikan sebuah robot yang bergerak dengan mekanik ala mainan robot klasik yang diputar kunci pada punggungnya untuk bergerak. Desain level yang ditawarkan game ini sangat bervariasi, dimana setiap level membutuhkan strategi dan gameplay yang berbeda-beda untuk menyelesaikannya.

Grafis yang ditampilkan juga cantik, dimana meskipun menggunakan genre side-scrolling yang notabene lekat dengan 2D, namun game ini menampilkan side-scrolling dengan aroma 3D. Untuk story memang tidak ada yang menarik, karena ceritanya “standar” ksatria menyelamatkan putri raja. Diluar itu semua, Wind Up Knight adalah salah satu game yang adiktif, dan merupakan teman terbaik saat kamu bosan untuk menunggu sesuatu. Penulis pribadi pun tidak sungkan mereferensikan game ini selain Rayman Jungle Run dan Rayman Fiesta Run bagi kalian yang memang doyan memainkan platformer side-scrolling.

Wind-up-Knight-2-9

Kini tidak sampai satu tahun setelah game tersebut dirilis, mereka sudah mengenalkan sekuelnya sejak awal tahun ini. Dan meskipun belum ada kepastian kapan Wind Up Knight 2 bakal dirilis, namun sudah tersedia secara terbatas di di Kanada saja. Dan berbeda dari prekuelnya yang eksis untuk iOS terlebih dahulu, justru sekuelnya ini mendapat perlakuan soft launch lebih awal di Android. Hanya sayagnya, hanya mereka pengguna Android di Kanada saja yang bisa mengunduh dan memainkannya langsung, karena game ini kembali ditawarkan secara gratis dengan in-app purchase berupa kunci untuk membuka keseluruhan level.

Wind-up-Knight-2-10

Sekuelnya ini juga dipastikan lebih besar, lebih baik, dan lebih cantik. Developer juga makin mengoptimalkan engine Unity yang mereka gunakan, sehingga efek-efek grafisnya terlihat lebih realistis, namun tetap tidak menghilangkan kesan imut dari ksatria medieval yang kamu kendalikan. Ya, sesuai namanya, kamu masih mengendalikan knight, yang kini ditugasi mempertahankan kerajaan, ukan sekadar menyelamatkan sang putri seperti sebelumnya. Pola dasar mekanis yang sudah kami kenal masih dipertahankan, seperti robot knight yang bergerak otomatis, dan kamu tinggal mengatur waktu yang tepat kapan untuk melompat, mengayunkan pedang, bertahan dan berguling melalui level platformer yang makin lama makin menantang.

Wind-up-Knight-2-7

Wind Up Knight 2 juga memasukkan beberapa fitur baru, dan yang paling membantu adalah sistem checkpoint, mempermudah kita meneruskan permainan pada level yang panjang, terutama setelah gagal di tengah perjalanan — dan percayalah, sekuel ini masih sama susahnya seperti sebelumnya, serta membuat knight-mu bolak-balik tewas. Jika kamu berhasil melalui satu level tanpa membutuhkan checkpoint, akan ada reward tertentu. Mata uang berbasis coin juga kembali diterapkan, selain juga model mata uang baru yang disebut sebagai ticket.

Wind-up-Knight-2-6

Coin yang banyak berperan, karena menjadi satu-satunya material untuk membeli equipment baru, seperti Hard Helm agarknight bisa bertahan saat kejatuhan obyek dari langit, atau Diamond Sword yang bisa menembakkan proyektil pada musuh. Dan seperti tipikal game free to play lainnya, akan menjadi mudah bagi kita membayar coin tersebut dengan uang asli dibandingkan grinding memainkannya berulang kali. Namun Robot Invader bukan developer indie yang “sadis”, mereka menyeimbangkan mekanis permainannya, sehingga kita bisa memainkan game ini seterusnya dengan gratis tanpa perlu membeli IAP.

Wind-up-Knight-2-5

Dan sama seperti prekuelnya, yang kamu perlukan untuk terus memainkannya hanyalah membayar US $4.99 untuk membuka semua levelnya. Awalnya kami hanya bisa mengakses 20 level untuk bisa dimainkan secara gratis, termasuk bonus round. Kami merasa sekuel ini gameplay-nya sedikit cepat, makin susah, meskipun kini kontrolnya juga terasa lebih akurat, karena setiap tekanan tombol langsung diterjemahkan dengan respon yang cepat.

Wind-up-Knight-2-4

Robot Invader juga membedakan sistem side quest dalam sekuel ini. Ketika kamu memainkan ulang level yang sama, kamu ditugasi mengumpulkan diamondyang tersembunyi, hingga menghindari semua red coin. Side mission kini selain menambah variasi dalam reploay value game ini, juga memberi kita kesempatan untuk mengasah kemampuan platformernya.

Wind-up-Knight-2-3

Kemudian developer juga mendapatkan mode tournament, yang akan menggunakan tiket yang kamu dapatkan selama permainan, memungkinkanmu melalui satu level baru setiap harinya untuk menantang temanmu yang juga memainkan game ini dengan terhubung pada layanan Play Games-nya Google. Dan karena integrasi Play Games tersebut, data save disimpan di awan, serta bisa diakses meskipun kamu berpindah gadget atau platform, entah itu dari dan ke iOS dan Android. Mode tournament memerlukan satu tiket untuk memainkannya, dan akan bertambah tiketnya jika kamu mengulah setelah tewas. Jika kehabisan tiket, kamu bisa membelinya menggunakan coin.

Sementara ini Wind Up Knight 2 hanya eksis di Play Store Kanada saja. Kamu di luar Kanada tidak bisa mengaksesnya. Namun bisa mengunduh link offline level awal game tersebut melalui tautan berikut.

  • Dapatkan Wind-up Knight 2 Android melalui Google Play Store. Membutuhkan minimal Android versi 3.1, dengan storage 193 MB.
  • Dapatkan Wind-up Knight 2 iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan minimal iOS versi 7.0, dengan storage 221 MB.

Ambisi Wind Up Knight 2 Menjadi Platformer Terbaik, Dirilis Lebih Awal di Android

Tidak sampai setahun setelah Wind Up Knight dirilis, developer sudah megenalkan sekuelnya, Wind Up Knight 2, yang melakukan soft launch di Kanada. Berikut impresi awal Duniaku untuk Wind Up Knight 2.

Abaikan


SHARE
Previous articleDreamWorks Animation Rilis Belasan Foto Terbaru How to Train Your Dragon 2
Next articleMelihat Lebih Dekat Wajah Rhino dan Goblin dalam Foto-foto Terbaru The Amazing Spider-Man 2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.