Ekuator Games, Kisah Dibalik Kesuksesan Menembus Target di Kickstarter

cover-celestian

Minggu lalu, kita sudah mendapatkan kabar gembira dari Ekuator Games, yang sudah berhasil menembus target pendanaan yang mereka canangkan di Kickstarter untuk game yang mereka kembangkan, Celestian Tales: Old North. Meskipun bukan menjadi game Indonesia pertama yang berhasil dalam kampanye crowdfunding, namun kiprah developer Bandung ini patut diacungi jempol. Betapa tidak, mereka berhasil menembus target tersebut hanya dalam kurun waktu kurang dari dua minggu sejak peluncuran kampanye.

Yang menarik pula, ini adalah kali kedua Ekuator Games membawa Celestian Tales: Old North untuk berkampanye di Kickstarter. Dalam percobaan pertamanya pertengahan tahun lalu, RPG tersebut tidak berhasil mencapai target yang ditentukan. Nah, dalam artikel kali ini, Duniaku berhasil mewawancarai Produser dari game ini, Cipto Adiguno. Kepada Duniaku, Cipto menceritakan banyak pengalaman mereka di jalur crowdfunding, dan bagaimana mereka belajar dari kegagalan di percobaan pertama untuk mencapai keberhasilan di percobaan keduanya. Berikut adalah petikan wawancaranya.

duniaku-celestian-8

Duniaku (D): Selamat atas kesuksesannya ya! Ini adalah usaha kedua dari Ekuator Games guna menggalang dukungan di Kickstarter. Bisa ceritakan sedikit pengalamannya?

Cipto (C): Kickstarter yang ini baru berjalan kurang dari dua minggu dan sudah menembus targetnya. Sekilas memang terlihat singkat, tapi pada kenyataannya, ini bukan sesuatu yang terjadi begitu saja. Perjalanan menuju titik ini sudah dimulai sejak tahun lalu, baik melalui update berkelanjutan dari Kickstarter terdahulu dan terus berkomunikasi dengan para pendukung. Kalau diceritakan semuanya bisa panjang banget :)

D: Kegagalan di usaha pertama lalu tentu memberikan pelajaran yang berharga. Pelajaran apa yang didapat, lantas diimplementasikan dalam usaha keduanya kali ini?

C: Pelajaran utama yang perlu diambil adalah: dengarkan orang-orang yang mendukungmu. Para backers dari Kickstarter sebelumnya adalah orang-orang yang percaya pada proyek Celestian Tales, dan bersedia berkontribusi secara riil. Mendengarkan dan menghargai pendapat mereka telah membawa Celestian Tales lebih dari apa yang awalnya kami bayangkan.

D: Menurut Ekuator Games sendiri, apa yang menyebabkan usaha pertama dulu belum membuahkan hasil?

C: Singkatnya, kami belum siap. Kami belum punya komunitas yang baik untuk menerima saran. Game-nya sendiri belum dalam kondisi yang cukup layak untuk dimainkan. Sebagai team pun kami belum se-solid saat ini. Kickstarter yang kedua ini dipersiapkan dengan jauh lebih matang.

duniaku-celestian-4

D: Strategi apa yang digunakan Ekuator dalam usaha kedua ini, sehingga bisa sukses menggalang dukungan dengan masih banyak waktu yang tersisa?

C: Ada beberapa strategi kecil yang kami gunakan:

 Membangun komunitas. Ini penting sekali untuk mendapatkan boost di awal Kickstarter. Kami mendapat lebih dari 40% dari target kami di hari pertama. Boost ini akan mendorong project ke jajaran Popular di Kickstarter, sehingga memberi exposure lebih banyak dan menarik lebih banyak orang.

– Menunda launch. Banyak yang meminta kami untuk launch lebih cepat, tapi kami sengaja menghindari Desember karena saat itu orang-orang akan memiliki pengeluaran tambahan untuk Christmas dan New Year.

– Tanggal yang tepat. Saat Celestian Tales diluncurkan, tidak banyak berita games besar yang keluar PS4 dan Xbox One sudah lewat, Thief sudah tidak hype, dan Titanfall belum ramai dibicarakan. Hal ini memungkinkan kami untuk muncul sebagai berita.

D: Mengenai game-nya sendiri, inspirasi dari Celestian Tales: Old North datang dari mana? Game apa saja yang memberikan pengaruh paling banyak?

C: Banyak sekali game yang memberi inspirasi pada Celestian Tales. Penyampaian ceritanya agak mirip dengan Odin Sphere. Setting yang gelap dan serius cenderung menyerupai RPG barat. Turn-based combat yang digunakan serupa dengan Final Fantasy VI. Animasi karakter mungkin mengingatkan pada Suikoden 2 atau Ragnarok Online.

Celestian Tales tidak mirip dengan game apapun, tapi di saat yang sama mirip dengan banyak game. Ini salah satu konsep kami dalam ‘mendefinisikan ulang’ RPG klasik.

D: Apa fitur paling utama yang ditawarkan oleh game ini?

C: Fitur utama Celestian Tales ada pada ceritanya yang tidak ‘standar’. Sudah berapa kali ada game dengan cerita ‘anak muda yang terpilih untuk menyelamatkan dunia’ ? Kami ingin menyampaikan cerita yang lebih duniawi, yang lebih dekat dengan diri kita sendiri, yaitu sebuah dunia di mana musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri.

duniaku-celestiantales-4

D: Apa kesulitan yang dihadapi selama berkampanye di Kickstarter?

C: Dari mulai membuat video yang singkat dan mengena, memperbaiki prototype agar lancar dimainkan, mengurus account di New Zealand, hingga memastikan bahwa semua tulisan bahasa Inggris tercantum dengan benar. Tidak ada masalah yang benar-benar besar, namun masalah-masalah kecil seperti inilah yang paling memakan waktu persiapan.

D: Apa sih yang sebenarnya dibutuhkan oleh developer Indonesia jika ingin berkampanye di Kickstarter?

C: Siapapun yang ingin menjalankan Kickstarter memerlukan anggota team di salah satu dari negara-negara ini: Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Australia, atau New Zealand. Kalau syarat ini terpenuhi, Kickstarter bisa dilaksanakan walau usahanya berpusat di negara lain.

D: Sampai saat ini, progress pengembangan game ini sudah berapa persen? Kapan game ini ditargetkan untuk rilis?

C: Saat ini basic framework dari Celestian Tales sudah selesai, dan gamenya sendiri sudah bisa dimainkan. Tahap awal merupakan tahap yang paling sulit, dan kami sudah melewatinya. Celestian Tales: Old North Part One dijadwalkan untuk selesai November 2014. (Kamu bisa mencoba prototype-nya melalui link ini)

D: Dengan kesuksesan ini, apa langkah paling dekat yang akan dilakukan oleh Ekuator Games?

C: Kami sudah memusatkan tenaga kami untuk membangun Celestian Tales. Kami menjanjikan sebuah game, dan ratusan orang percaya akan impian kami. Kami akan memenuhi janji itu.

D: Terakhir, mungkin ada pesan-pesan untuk developer Indonesia yang ingin membawa proyeknya menuju Kickstarter?

C: Kickstarter memang bisa membantu kita dalam mewujudkan impian, namun ini bukan ‘jalan pintas’. Dukungan dan kepercayaan tidak datang begitu saja, tapi harus diusahakan. Oleh karena itu perlu persiapan yang matang sebelum meluncur ke Kickstarter.

duniaku-celestiantales-1

D: Terima kasih atas waktunya. Semoga pengembangan Celestian Tales: Old North berjalan sesuai dengan ekspektasi!

C: Terima kasih juga!

Sebagai catatan, sampai artikel ini ditulis, Celestian Tales: Old North sudah berhasil mengumpulkan NZD 36.992 dari target awal NZD 30.000. Masih ada sekitar 15 hari lagi bagi kamu yang ingin berkontribusi untuk game ini dengan langsung mengunjungi halaman Kickstarter-nya di sini.