Marcelino Lefrandt Memperkenalkan Volt dan Jawara Indonesia Universe di Jakarta Toys & Comics Fair 2014

Volt-6

Bagi citizen yang sempat ke Jakarta Toys & Comics Fair 2014, mungkin citizen menyadari ada beberapa selebritis yang tampak hadir di sana. Salah seorang selebritis yang mudah ditemui di Jakarta Toys & Comics Fair 2014 adalah Marcelino Lefrandt, karena tidak hanya sebagai pengunjung, Marcelino Lefrandt juga hadir untuk mempromosikan komik buatan Indonesia yang ia tulis yaitu Volt dan Jawara. Marcelino Lefrandt mempromosikannya di stand Skylar Comics sebagai penerbit dari Volt dan Jawara Indonesia.

Marcelino Lefrandt juga ikut berfoto bersama cosplayer di Jakarta Toys & Comics Fair 2014
Marcelino Lefrandt juga ikut berfoto bersama cosplayer di Jakarta Toys & Comics Fair 2014

Know Your Hero : Volt

Marcelino Lefrandt menjelaskan bahwa konsep dari komik Volt adalah manifestasi kekuatan sakti yang ada di Indonesia. Hanya saja kalau dahulu kala kekuatan sakti ini berwujud dunia perwayangan, maka di masa kini, manifestasi kesaktian ini berwujud sebagai superhero.

Pada awalnya terdapat kekuatan yang diturunkan Dewa ke bumi untuk melawan kekuatan jahat yang dibangkitkan oleh seorang manusia licik. Kekuatan jahat itu berhasil diatasi dan kini “tertidur” dalam mustika hitam, sedangkan kekuatan baik yang mengalahkannya terkunci dalam sebuah mustika putih.

Kekuatan putih tadi hanya akan bangun apabila kekuatan jahat itu juga terbangun oleh seseorang yang berhati bersih dan murni.Kekuatan ini ternyata terbangun oleh seorang anak kecil berumur 13 tahun bernama Ruben ketika nyawanya terancam oleh sekelompok penjahat yang ia pergoki saat mereka melakukan rencana jahat mereka.

Volt-2

Manifestasi kekuatan putih itu berwujud sesuai dengan daya kreasi Ruben, yang gemar menggambar dan menciptakan superhero-nya sendiri. Kemudian lahirlah Volt, seorang Superhero yang memiliki kekuatan digdaya dalam mengontrol elemen listrik dan petir. Dengan kekuatan itu, Volt mencoba menegakkan kebenaran dan keadilan di negeri ini. Berhasilkah dia?

Hal yang menarik dari Volt adalah karena karakter yang ada mereferensi dari dunia perwayangan Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari penamaan karakter yang bernuansa perwayangan seperti Yamabala dan Megananda. Lalu pemakaian istilah untuk kekuatan, objek, maupun dunia yang mengacu pada istilah perwayangan seperti “Prana”, “Indrajid”, “Sakralyama”, ataupun “Arcapada”

Volt untuk season pertama direncanakan akan terbit dalam 10 edisi, dan saat ini sudah terbit hingga edisi ke-6.

Know Your Heroes : Jawara Indonesia

Jawara Indonesia sendiri merupakan akronim dari JAgoan WArga negaRA Indonesia. Komik dengan format seperti manga Jepang ini merupakan spin-off dari Volt. Kelompok superhero ini sebenarnya adalah sekumpulan manusia biasa dengan jiwa menegakkan kebenaran dan keadilan dikarenakan terinspirasi oleh sepak terjang dari Volt.

Volt-1

Konsep kelompok superhero ini dituturkan dengan pendekatan lingkungan, budaya, dan  masyarakat sekitar kita sehari-hari. Contohnya salah satu anggota Jawara berprofesi sebagai Satpam. Bahkan Marcelino sendiri juga berencana untuk mengangkat karakter berlatar belakang polisi sebagai karakter Jawara selanjutnya. Dan ke depannya kelompok superhero ini diharapkan bisa mewakili karakter dari 33 propinsi di Indonesia, sehingga bisa mengenalkan Indonesia kepada para pembacanya melalui cerita superhero.

Rencana Animasi dan Layar Lebar untuk Volt

Marcelino Lefrandt juga mengungkapkan rencana pengembangan dari komik Volt, yaitu akan dibuat versi animasinya, dan juga versi layar lebar yang akan diproduksi oleh Skylar Picture. Untuk film layar lebarnya akan berupa film live-action.

Marcelino Lefrandt Memperkenalkan Volt dan Jawara Indonesia Universe di Jakarta Toys & Comics Fair 2014

Bagi citizen yang sempat ke Jakarta Toys & Comics Fair 2014, mungkin citizen menyadari ada beberapa selebritis yang tampak hadir di sana, seperti Marcelino Lefrandt, yang mempromosikan komiknya, Volt dan Jawara.

Abaikan

Salah satu upaya untuk mempublikasikan rencana pengembangan Volt dan Jawara ini adalah membuat stand, sembari mengadakan signing session kepada para fans dan pelanggan komik Volt dan Jawara, serta mengisi acara di Jakarta Toys & Comics Fair 2014 di hari pertama dengan session berjudul “Volt Appereance by Skylar Comic”

Marcelino Lefrandt dan Aswin MC Siregar mengadakan signing session di stand Skylar Comics di Jakarta Toys & Comics Fair 2014
Marcelino Lefrandt dan Aswin MC Siregar mengadakan signing session di stand Skylar Comics di Jakarta Toys & Comics Fair 2014

Marcelino-Lefrandt-3

Info tentang Volt dan Jawara Indonesia bisa citizen dapatkan di tautan berikut www.skylarcomics.net.


SHARE
Previous articleFox Pecat Sutradara, Penulis Naskah dan Para Pemain Fantastic Four?
Next articleRoad to World Cup 2014 : Pikachu Menjadi Maskot Resmi Tim Nasional Jepang 2014
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.