Rumor: Assassin’s Creed Selanjutnya Berkode Unity, Hadirkan Assassin dari Prancis!

Sekitar akhir 2013 lalu, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Ubisoft menyiapkan dua game Assassin’s Creed (AC) untuk tahun 2014. Pada saat itu, Ubisoft dikabarkan membangun dua game AC tersebut untuk pasar yang berbeda, satu game untuk konsol next gen (PS4 dan Xbox One) dan satunya lagi untuk konsol current gen. Kabar tersebut diikuti dengan hint dari Jade Raymond, produser dari beberapa serial AC yang menyebutkan bahwa AC selanjutnya nanti akan ber-setting di masa sejarah yang sangat dia kagumi. Nah, di pertengahan Maret ini, salah satu dari dua game AC yang dijanjikan tersebut mulai bocor di dunia maya. Menggunakan kode AC: Unity, dikabarkan bahwa AC baru ini nantinya akan ber-setting di Prancis!

Setidaknya itulah yang tersirat dari kabar yang dilansir dari Kotaku. Kotaku menuliskan, bahwa mereka mendapatkan kiriman beberapa screenshot yang dikirimkan oleh seseorang “misterius” yang tidak mau disebutkan namanya. Dalam screenshot tersebut, tampak sebuah game yang ber-setting abad 18 di Paris, Prancis. Screenshot ini menggambarkan keindahan kota Paris, lengkap dengan beberapa bangunan ikoniknya, seperti Notre Dame dan sungai Seine. Tampak screenshot ini masih kasar, dan mungkin menggambarkan versi awal dari game ini.

Apa lagi yang bisa dipelajari dari screenshot ini? Yaitu, adanya sebuah mekanisme Parkour Up dan Parkour Down yang tercantum dalam tombol di bagian kanan atas. Memang belum ada detail mengenai mekanisme baru ini, namun kabarnya mekanisme ini akan menjadi inti dari AC-AC selanjutnya, yang akan dimulai dari AC: Unity ini. Rumor ini sejalan dengan pendapat salah satu user NeoGaf bernama krimsoncharge beberapa waktu lalu. Pada saat itu, krimsoncharge mengaku duduk bersama salah satu staff Ubisoft saat dia berada dalam sebuah pesawat. Staff Ubisoft tersebut lantas menunjukkan sebuah video singkat mengenai proyek AC: Unity ini. User krimsoncharge juga mengungkapkan beberapa detailnya, bahwa game ini nantinya akan ber-setting di Revolusi Prancis (setelah masa Ezio), dan mengangkat seorang Assassin bernama Arno atau Harno. Arno memiliki sebuah handgun yang akan memegang peranan penting plus game ini juga akan memiliki fitur Villa Management.

Rumor lain menyebutkan, bahwa AC: Unity ini adalah AC yang dipersiapkan khusus untuk konsol next gen. Satu AC lain, kabarnya akan menggunakan kode Comet, dan akan dibuat khusus untuk konsol current gen. Yang paling beruntung tentunya pemilik PC, karena mereka kemungkinan besar akan mendapatkan dua judul tersebut, meskipun biasanya jadwal rilisnya lebih lambat dibandingkan versi konsol. Sayangnya, belum ada kabar mengenai versi untuk Nintendo, meskipun kita tahu dalam beberapa seri terakhir, AC juga dirilis untuk Wii U.

Berbeda dengan Unity yang sudah bocor screenshot dan sedikit detailnya, belum ada satu sumber pun yang menyebutkan seperti apa Comet nantinya. Namun jika kita berpatokan dengan pernyataan Ubisoft beberapa waktu lalu yang ingin membuat dua game yang bisa dipasarkan secara bersamaan untuk versi next gen dan current gen-nya, ada kemungkinan bahwa Unity dan Comet memiliki benang merah yang menghubungkan keduanya seperti halnya AC III dengan AC III: Liberation. Oiya, berita ini sifatnya masih rumor, karena sampai artikel ini ditulis belum ada konfirmasi resmi dari Ubisoft, baik mengenai Unity maupun Comet.

Jade Raymond pernah mengungkapkan bahwa AC selanjutnya akan berlatar belakang sejarah yang sangat dikaguminya. Bukan hal yang mengejutkan bukan jika dia mengagumi sejarah Prancis, yang notabene merupakan negara markas Ubisoft? Hehe..

[Sumber: Kotaku/NeoGaf]


SHARE
Previous articleAuction House di Diablo III Resmi Ditutup
Next articleMarvel Rilis Concept Art Menarik Ant-Man!

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.