Artoncode Indonesia Jelaskan Alasan Dibalik Menghilangnya Melodi dari App Store

Melodi-1

Seperti yang pernah kami beritakan sebelumnya, salah satu aplikasi populer di App Store buatan Artoncode Indonesia berjudul Melodi tiba-tiba “menghilang” dari daftar. Banyak yang bertanya-tanya, apakah aplikasi ini sengaja ditarik oleh Artoncode Indonesia, atau ditarik oleh Apple karena ada pelanggaran. Artoncode sendiri hanya memberikan pernyataan di halaman resminya, bahwa aplikasi ini menghilang dari App Store dan akan kembali dalam waktu dekat.

Apa yang sebenarnya yang terjadi? Kali ini Duniaku berhasil mewawancarai Indra Gunawan, CEO dari Artoncode Indonesia selaku pengembang Melodi. Indra banyak menceritakan sebab menghilangnya aplikasi ini dari App Store serta memaparkan rencana untuk Melodi ke depannya. Simak wawancaranya berikut ini!

Duniaku (D): Melodi tiba-tiba menghilang dari App Store dalam beberapa minggu terakhir. Ada apa?

Indra (I): Melodi menghilang dikarenakan Apple secara sepihak memutuskan keanggotaan iOS Developer Program karena dianggap melanggar pasal 3.2(f) dari iDP Agreement, tanpa penjelasan yang konkret tentang kesalahan yang kami perbuat. Saat ini kami telah meminta penjelasan tentang masalah ini dari pihak Apple. Hingga hari ini, Apple masih tidak merespon atas permintaan tersebut.

D: Benarkah kabarnya aplikasi ini ditarik karena bermasalah dengan Hak Cipta lagu-lagunya?

I: Kami yakin 100% bahwa hal tersebut bukan berhubungan dengan Hak Cipta lagu-lagu Melodi.

D: Sejak dirilis hingga sebelum ditarik, apa saja pencapaian yang sudah didapatkan Melodi?

I: Sejak dirilis bulan November 2013, Melodi telah di-feature oleh Apple selama kurang lebih 3 bulan di setidaknya 7 negara. Melodi juga mendapatkan lebih dari 800 review bintang 5. Setidaknya hingga saat Melodi ditarik dari Appstore, Melodi telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna, yang mana mayoritas berasal dari Indonesia.

D: Usaha apa saja yang sudah dilakukan Artoncode untuk meminta kejelasan dari pihak Apple?

I: Kita sudah mencoba berbagai cara, seperti mengirimkan email dan telpon tiap hari. Tetapi respon dari Apple sangat minim. Terakhir telpon dan berbicara dengan senior advisor, dia bilang kalau masalah seperti ini biasanya sudah gone case. Kita sangat kecewa karena kejadian ini sangat sepihak. Kami tidak keberatan sebenarnya untuk ditarik bila kami terbukti melakukan kesalahan. Tapi paling tidak, kami perlu tahu apa sebenarnya kesalahan itu sehingga kami tidak membuat kesalahan lagi.

Melodi-3

D: Apa dampak yang ditimbulkan dari masalah ini terhadap Artoncode?

I: Kejadian seperti ini tentunya merugikan untuk game developer indie seperti kami secara signifikan dimana overhead operational tetap berjalan, tetapi kita kehilangan income. Kejadian ini tentunya bisa, atau bahkan telah terjadi kepada developer game lainnya. Kami harap berita ini dapat diketahui semua pihak baik nasional maupun internasional, sehingga kami mendapat dukungan dari teman-teman untuk tetap terus berkarya. Semoga pemerintah juga tergerak akan isu ini dan Apple pun bisa lebih bijaksana dalam proses pemutusan sepihak ini.

D: Langkah apa yang akan dilakukan Artoncode selanjutnya? Adakah rencana untuk merilis kembali game ini di iTunes?

I: Saat ini kami masih mencoba untuk meminta penjelasan dari Apple tentang permasalahan ini. Dan tentunya kami masih sangat berminat untuk kembali merilis Melodi di iTunes. Namun dikarenakan ketentuan dari Apple yang menyebutkan bahwa kami tidak lagi mendaftar sebagai Apple Developer Program selama satu tahun kedepan, maka saat ini kami tidak bisa melakukan hal tersebut. Adapun kemungkinan yang mungkin bisa kami lakukan adalah dengan mencari publisher lain untuk merilis Melodi. Namun hal ini pun tentunya masih harus melalui persetujuan Apple untuk dapat mentransfer aplikasi Melodi ke publisher lain.

D: Apakah juga ada rencana untuk merilis di platform lain seperti Google Play Store?

I: Melodi versi Android saat ini sudah memasuki versi beta, akan dirilis di Google Play Store dalam waktu dekat. Namun terdapat kemungkinan besar akan dirilis dengan judul yang berbeda.

Melodi-4

D: Apa hal positif yang bisa dipetik Artoncode dari hal ini?

I: Sebagai developer, sangatlah penting untuk membaca dan memperhatikan semua ketentuan-ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh para Platform Provider, baik itu Apple, Google, Facebook, dan lain-lain. Kami juga makin sadar betapa pentingnya untuk memperhatikan semua konsekuensi yang mungkin terjadi dari setiap tindakan yang kami lakukan.

D: Apa pesan-pesan Artoncode untuk game developer lainnya terkait dengan hal ini?

I: Harap perhatikan semua elemen-elemen dari aplikasi maupun game design yang mempunyai potensi melanggar ketentuan-ketentuan development, atau potensi untuk dieksploitasi oleh pihak-pihak ketiga maupun dari penggunanya sendiri.


SHARE
Previous articleMerayakan 8 tahun Twitter, Temukan Tweet Pertamamu di sini!
Next articleEye Candy: Kumpulan Concept Art Menarik 300: Rise of an Empire (Part 2)
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.