Merayakan 8 tahun Twitter, Temukan Tweet Pertamamu di sini!

cover-twitter

Twitter merupakan sosial media berupa penyampaian kabar (tweet) yang disampaikan dalam maksimal 140 karakter huruf. Sosial media ini diciptakan pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone, dan Noah Glass lalu dirilis pada Juli 2006.

Twitter yang memiliki logo berupa burung biru kini menjadi sosial media paling sering dikunjungi, dan saking berperan dalam komunikasi sosial masa kini, twitter dijuluki sebagai “the SMS of the internet”. Hal ini karena inovasi fitur yang terdapat pada Twitter antara lain

  • Mention (@) : men-tag akun seseorang dalam tweet
  • Hashtag (#) : menekankan sebuah kata yang menjadi topic untuk dijadikan database dari trending topic. Semakin banyak orang meng-hasntag kata yang sama, semakin besar kemungkinan menjadi trending topic.
  • Trending topic : kata atau hashtag yang paling sering muncul akan masuk dalam trending topic, memudahkan pengguna Twitter mencari kabar terkini atau mempopulerkan sesuatu topik.
  • Retweet (RT) : budaya men-tweet ulang dari tweet seseorang, Twitter juga mencantumkan berapa kali tweet yang kita buat di tweet ulang orang lain.
  • Dan fitur lainnya seperti twitpic dan direct message, yang memudahkan komunikasi di media sosial.

Tahun ini berarti Twitter mencapai 8 tahun. Untuk merayakannya, Twitter mengajak citizen untuk melihat kembali tweet pertama yang dibuat citizen. Tautannya bisa kamu buka di sini (dengan syarat memiliki akun twitter yang aktif dan sedang log-in).

https://discover.twitter.com/first-tweet#

Beberapa hari yang lalu hashtag #FirstTweet juga mencapai trending topic, hal ini menunjukkan user twtitter ramai membicarakan tentang fitur first tweet ini.

Tidak hanya tweet pribadi milik citizen, citizen juga bisa menemukan tweet pertama orang lain dengan memasukkan username Twitter orang lain yang bersangkutan di kolom mention (@). Dengan syarat, akun yang bersangkutan tidak di-lock (kunci) dan masih aktif.

Jadi citizen bisa melihat tweet pertama dari orang terkenal, mungkin dari Farhat Abbas misalnya? Atau citizen juga bisa kepo-in tweet pertama gebetanmu… Asal jangan disalahgunakan ya.. :D

Ayo temukan tweet pertamamu dan share di sini!


SHARE
Previous articleGame Developer Indonesia Minggu Ini
Next articleArtoncode Indonesia Jelaskan Alasan Dibalik Menghilangnya Melodi dari App Store

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.