Memadukan Action RPG dan Taktik Dalam Captain America The Winter Soldier

Captain-America-TWS-1

Kami sudah mengetahuinya sejak awal Februari 2014 lalu, bahwa Marvel bekerjasama dengan Gameloft menyiapkan versi mobile game dari Captain America: The Winter Soldier yang mulai tayang awal April 2014 ini. Dan game mobile tersebut sudah dirilis akhir pekan kemarin, membawa aksi The Winter Soldier lebih awal melalui smartphone atau tablet iOS dan Android.

Tidak heran nama Gameloft muncul di sini, karena sebelumnya mereka juga yang berhasil menghadirkan The Avengers, Iron Man 3 dan Thor: The Dark World ke dunia game, di saat mayoritas developer game lainnya masih trauma dengan kiprah game adaptasi film yang dianggap loyo di pasaran. Untuk versi game mobile Captain America The Winter Soldier, Gameloft memadukan aksi pertarungan dan elemen taktik yang fleksibel. Di sini kamu akan mengendalikan Captain America yang memimpin para agen S.H.I.E.L.D. dalam pertarungan melawan banyak organisasi kriminal.

Captain-America-TWS-4

Dengan fokus permainan multiplayer agar game ini bisa dinikmati bersama-sama oleh banyak pemain, berkat adanya mode multiplayer khusus yang memungkinkan kita untuk membuat clan, dan mengajak pemain lain bergabung untuk kemudian melakukan pertarungan clan dengan tujuan memperbutkan posisi tertinggi. Marvel yang ikut terlibat dalam proses pengembangan juga ingin game mobile ini mewujudkan gaya gambar komik mereka selama ini (melalui tampilan cell-shading), selain juga menyiapkan cerita orisinal yang terinspirasi dari versi filmnya yang ditulis langsung oleh penulis Marvel Comics, Christos Gage.

Captain-America-TWS-5

Dengan Gameloft yang sudah berpengalamanan menangani game mobile adaptasi film, The Winter Soldier tampil terpoles dengan sangat baik, apalagi jika dibandingkan game mobile Captain America pertama yang diproduksi Marvel, dengan model endless runner, yang menurut penulis terasa kurang mewakili keseruan versi filmnya. Game ini juga menjadi satu-satunya kesempatan lebih awal terbaik untuk merasakan seperti sekelumit cerita versi filmnya. Meskipun ditawarkan sebagai game action yang memadukan elemen taktik, namun keseluruhan mekanisnya sangat mudah dipelajari, karena pada dasarnya sekadar action RPG dimana kamu mengendalikan Captain America serta sekelompok pasukan S.H.I.E.L.D. di tengah pertarungan.

Captain-America-TWS-3

Sebagai Captain America, kamu bertanggung jawab membangun pasukan Strike Team terbaik dengan berbagai skill, melengkapinya dengan senjata dan amunisi melalui toko dalam game — sekalius juga menjadi sumber IAP. Dan di tengah pertarungan, kamu hanya mengendalikan Captain America sedangkan pasukanmu akan terus merapat dan menghajar musuh yang berdatangan. Memang kepalan tangan untuk memukul menjadi senjata utama, namun kamu juga bisa melempar perisaimu dengan mekanis sederhana seperti menyapukan jari pada layar.

Menariknya, seperti dalam filmnya ketika perisai tersebut bisa bergerak layaknya bumerang dan mengenai banyak target sekaligus, di sini juga demikian, selama sapuan jarimu tepat mengenai musuh, maka perisai tersebut akan mengikuti jalur virtual yang sudah kamu buat untuk mendapatkan multiple hits. Untuk mengendalikan karakternya sendiri juga semudah menyentuh bagian area dalam game untuk mengarahkan Captain ke lokasi yang kamu inginkan, atau bisa juga menggunakan d-pad virtual seperti yang juga ditawarkan game-game action sejenis.

Captain-America-TWS-2

Kamu juga bisa meng-upgrade banyak skill dan kekuatan Captain America seiringi progress-nya selama permainan, namun para agent Strike Team juga bisa berkembang tidak kalah kuatnya. Jika Strike Team masih belum cukup, kamu masih bisa memanggil Black Widows dan Falcon. Captain America bisa mempelajari teknik bertarung baru, dan bahkan mengubah kostumnya agar lebih kuat.

Satu-satunya yang membuat penulis agak terganggu adalah Gameloft memaksa memainkan game ini dalam orientasi portrait, tampilan yang kurang ideal untuk bermain game. Bagian layar untuk pengendalian menjadi terbatas. Coba mereka membuatnya seperti Thor: The Dark World yang secara mekanis mirip, dengan grafis cell-shading seperti ini seharusnya bisa lebih memuaskan.

Captain-America-TWS-6

Dan bicara Thor, sekilas mereka pemain game mobile Thor: The Dark World sedikit familiar dengan konsep super hero sebagai commando pasukan di tengah pertarungan ini. Jika Thor berbekal Mjolnir, maka di sini Steve Roger mengandalkan perisainya yang juga tidak bisa hancur, beragam skill, dan tentu saja memilih perintah taktikal untuk para pasukan.

Ditawarkan secara gratis (khususnya untuk Android), dan juga sejatinya sebagai gamenya Gameloft, jangan heran jika seperti game mobile bertema super hero mereka lainnya, mata uang virtual akan menjadi alasanmu untuk grinding memainkan terus-menerus game ini, serta deretan in-app purchase yang seharusnya menjadikan kalian para orang tua lebih berhati-hati memasrahkan game ini untuk anak-anak. Oh ya, maaf, tidak sepenuhnya gratis sih, jika dalam game mobile pertama Captain America kamu cukup membayar sekali untuk membuka keseluruhan stage-nya, maka dalam Captain America: The Winter Soldier ini kamu perlu membayar sekitar Rp. 36 ribuan untuk membuka keseluruhan gamenya, karena hanya 2 level awal saja yang gratis. Sedangkan untuk versi iOS-nya, kamu langsung membayar Rp. 29 ribuan untuk mengakses keseluruhan levelnya — tetap juga dipenuhi tawaran IAP.

Captain-America-TWS-7

Captain America: The Winter Soldier dikembangkan di iOS untuk iPhone, iPad, serta iPod touch dan juga platform Android dan Windows Phone, namun baru versi Android dan iOS-nya saja yang eksis.

  • Dapatkan Captain America: The Winter Soldier versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan minimal iOS versi 7.0 dan storage 93.6 MB.
  • Dapatkan Captain America: The Winter Soldier versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan minimal Android versi 4.2 dan storage 20 MB. Juga membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh konten tambahan, dengan total mencapai sekitar 115 MB. Untuk versi Android ini ada masalah kompatibilitas, sehingga tidak semua Android yang digunakan penulis bisa mengunduhnya langsung dari Play Store. Bagi kalian yang mengalami masalah sama, bisa mengunduh gamenya secara offline melalui tautan berikut ini.

Captain America: The Winter Soldier – The Official Game / Launch Trailer

Memadukan Action RPG dan Taktik Dalam Captain America The Winter Soldier

Marvel dan Gameloft merilis versi mobile game dari Captain America: The Winter Soldier, untuk smartphone atau tablet iOS dan Android. Game ini memadukan unsur action RPG dan taktik seperti versi game Thor The Dark World.

Abaikan