Cara Mendeteksi Berita Game April Mop tahun 2014

Banyak jokes dan hoax bermunculan saat April Mop. Bagaimana cara kita mewaspadai berita yang benar dan yang buatan saja?

Pada tanggal 1 April orang-orang di dunia biasa melakukan keisengan berupa perbuatan jahil atau berbohong. Hal ini dikarenakan sebuah kebiasaan informal yang biasa disebut dengan April Mop (April’s Fool, atau All Fool’s Day) dimana orang-orang akan membuat jokes dan hoax pada 1 April.

Masalahnya yang melakukan April Mop tidak hanya orang-orang saja, tapi game company juga akan turut melakukan jokes dan hoax nya. Agar kamu tidak terkecoh, berikut adalah beberapa isu yang akan kamu temui sepanjang 1 April ini dengan kemungkinan besar adalah hoax.

Beberapa berita ini perlu kamu waspadai selama April Mop. Ciri-ciri berita April Mop yang trend di 2014 menurut  beberapa sumber adalah :

– Berita perusahaan X membeli / mengakusisi perusahaan Y. Kecuali Facebook yang memang benar membeli Oculus Rift, namun jika kamu menemukan berita Microsoft membeli Nintendo… kemungkinan besar itu hoax (Gamespot).

– Sebuah developer game terkemuka membuat game dengan genre yang sama sekali baru dari biasanya (Gamespot) . Contohnya adalah Dungeons & Dragon : Neverwinter yang merilis event boardgame… dalam video game nya…

aprilmop-dnd

– Apa pun isu terkait Half-Life 3 (Gamespot)

– Perubahan drastis pada situs resmi suatu perusahaan (Kotaku). contoh Shonen Jump merilis versi “teenage” dari situs mereka

– Munculnya konsol atau gadget terbaru dari perusahaan yang fokus terhadap software (Kotaku). Contoh munculnya isu Sega mengeluarkan produk VR, yaitu Mega(ne) Drive. (“Megane” dalam bahasa Jepang artinya “kacamata”).

aprilmop-sega

– Sebuah game muncul remake atau remade nya. Isu seperti ini menarik, tapi sebaiknya jangan percaya yang muncul pada 1 April. Contohnya adalah Square Enix merilis Thief versi J-RPG klasik.

aprilmop-square

– Ada pemain baru bergabung di sebuah game (IGN). Game seperti Super Smash Bros. Memang menarik untuk diikuti update roster petarungnya. Hanya saja jangan langsung percaya dengan kabar pemain baru terutama pada 1 April. Contohnya Nester, tokoh dalam komik di majalah Nintendo Power (majalah zaman dulu, sekarang sepertinya sudah tidak ada) dikabarkan bergabung dalam roster Super Smash Bros.

aprilmop-nester

Isu seperti ini sebenarnya untuk gurauan belaka, hanya saja daripada kita kecewa dengan isu yang menjebak, ada baiknya kita cross check dengan sumber lain dan tetap waspada.

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin