Kumpulan Berita dan Lelucon April Fools 2014 di Bidang Teknologi Informasi

April Fools! Mungkin sebagian besar dari kamu sudah menyadari bahwa tanggal 1 April kemarin dunia merayakan hari “berbohong” sedunia. Dan berikut kompilasi kami untuk berita April Fools di bidang teknologi informasi!

April-Fools

April Fools! Mungkin sebagian besar dari kamu sudah menyadari bahwa tanggal 1 April kemarin dunia merayakan hari “berbohong” sedunia. Ada banyak berita dan produk diumumkan yang hanya sekadar lelucon. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut kami Google yang paling kreatif menghadirkan lelucon tersebut. Dua yang sudah kami angkat adalah Google Maps Pokémon Challenge dan Gmail Selfie. Selain itu, masih ada banyak guyonan lain di bidang teknologi informasi yang menarik disimak, dan kami kompilasikan dalam artikel ini!

Google Maps Pokémon Challenge

[youtube id=”4YMD6xELI_k”]

Videonya jelas menunjukkan satu hal yang tidak mungkin, dan itulah lelucon April Fools-nya. Kamu memainkan game augmented reality yang memungkinkan kita di dunia nyata menangkap pokémon melalui kamera smartphone. Namun karena ini Google, mereka tidak berhenti begitu saja hanya dengan video. Pada tanggal 1 April kemarin, Google Maps untuk Android dan iOS dipenuhi dengan monster-monster imut Nintendo tersebut.

Google-Maps-Pokémon-Challen

Dengan men-zoom out pada jarak cukup tinggi, mayoritas di banyak bagian kota dihiasi dengan pokémon, atau bangunan pixelated yang identik dengan gaya grafis game pokémon klasik. Tinggal sentuh seekor pokémon, maka kamu akan menangkapnya dan memasukkan ke dalam Pokedex, lengkap dengan statistik dan penjelasan untuk monster tersebut. Sayangnya ke-150 pokémon yang bisa dicari melalui Google Maps tersebut sudah ditarik kembali saat ini.

Motorola “Powered by Android”

Motorola-Powered-by-Android

Dalam usahanya membuang image bahwa Android itu adalah Samsung Galaxy, atau HTC One, atau merk lain yang lebih familiar di telinga pengguna daripada nama Google itu sendiri, Google akhirnya membuat sebuah aturan mendasar untuk setiap produsen smartphone / tablet yang akan menggunakan aplikasi Android dan layanan mareka. Salah satunya adalah, untuk animasi booting (biasa dikenal sebagai boot animation) smartphone / tablet Android baru nantinya diwajibkan memasukkan kalimat “Powered by Android.” Kalimat tersebut menjadi bagian dari lisensi penggunaan layanan Google Mobile Services. Beberapa produsen yang sudah menggunakannya adalah Samsung’s Galaxy S5 dan HTC One M8. Kalian yang sudah meggunakannya pasti langsung meihat ada kalimat “Powered by Android” selama proses booting.

[youtube id=”f6oEzvaesLA”]

Sementara itu, tanggal 31 Maret 2014 kemarin Motorola mengupdate salah satu aplikasi mereka di Play Store, yaitu Motorola Boot Services, yang memang ditujukan hanya untuk kedua smartphone baru mereka, Moto X dan Moto G. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna kedua Moto bisa bebas mengubah animasi booting smartphone-nya dengan cara yang aman dan tidak ribet. Namun versi baru aplikasi tersebut yang dirilis menjelang April Fools, ternyata menyimpan animasi unik yang dibintangi sebuah UFO, bigfoot, dan monster Loch Ness Monster, lengkap dengan tulisan “Powered by Android” (lebih jelasnya lihat video di atas). Selain selama booting Motorola Moto X dan G yang biasanya dihiasi dengan bola dunia, tampilan layar dengan kalimat “Powered by Android” juga muncul ketika smartphone tersebut di-charge dalam kondisi mati.

HTC Gluuv, Wearable Device Berwujud Sarung Tangan

HTC-Gluuv-1

HTC memiliki cara sendiri memperingati April Fools tahun ini, walaupun yang mereka tawarkan sama seperti Samsung. Mereka mengenalkan HTC Gluuv, wearable device berbentuk satung tangan, yang akan terhubung sempurna dengan HTC One M8 yang di posisikan pada pergelangan tangan. HTC juga memasukkan kamera berkualitas 87.2-megapixel yang bentuknya juga mengingatkan pada desain keluarga HTC One, diposisikan di punggung tanganmu. Dimana dengan posisinya tersebut juga akan memudahkan ketika ingin mengambil foto selfie.

HTC-Gluuv-2

HTC juga memberinya kemampuan terkoneksi dengan boombox retro yang mereka sebut dengan BoomBass, dan bisa dikendalikan melalui Gluuv. Kontrol lain melalui Gluuv, kamu cukup menunjukkan ibu jari untuk mensimulasikan ikon LIKE agar Gluuv juga oomatis memberi status LIKE pada akun atau status di Facebook.

Sony Power Food, Isi “Baterai” Manusia dan Gadget Bersamaan

Sony tidak mau ketinggalan menghadirkan inovasi barunya untuk menyambut April Fools 2014. Melalui blog-nya, mereka mengenalkan teknologi bahan bakar baru, Sony Power Foods. Kini bahan bakar (makanan) yang biasa digunakan untuk manusia selama ribuan tahun lalu juga bisa menjadi sumber tenaga untuk perangkat elektronik. Menurut Soy, teknisi dan ahli kuliner mereka melakukannya dengan cara menciptakan ensim, Voltaic Enzyme, yang memunginkan energi kimia dari bahan organik untuk ditransfer masuk ke dalam gadget .

Sony-Power-Food-1

Dan Sony Power Foods bukan sekadar manakan untuk mereka para teknisi elektronik saja, karena siapa pun akan menyukai beragam opsi charging yang ditawarkan. Mulai sereal Crunchy Loops hingga Sony Power Food Cake mix, yang akan memastikan baik pengguna gadget dan perangkat elektronik mereka akan terus ter-charge.

Announcing Sony Power Food: Fuel Yourself And Your Gadgets On The Go

[youtube id=”GPRYB_PNWlA”]

Nokia Jadul Mendapatkan Upgrade Kamera Super

Nokia-3310-PureView-1

Kami menyukai cara Nokia membangkitkan salah satu ponsel terpopulernya ini, dan sangat berharap ini bukan sekadar lelucon April Fools. Mereka mengkonfirmasikan Nokia 3310 with PureView, yang tidak lain menjadi kelahiran kembali feature phone terpopuler Nokia, yang dikenal paling tahan banting tersebut, terlahir kembali sebagai sebuah smartphone Windows Phone 8 yang memiliki sensor kamera monster sebesar 41-megapixel, dengan optik Zeiss dan LED flash Xenon. OS Windows Phone-nya juga disebutkan dimodifikasi begitu dalam sehingga cocok dijalankan melalui layar sentuh mungil berukuran tiga inchi ‘ClearDiamond’ yang digunakan untuk Nokia 3310 baru ini.

Nokia-3310-PureView-2

Beberapa detil spesifikasi lainnya untuk smartphone ini seperti prosesor dual-core 1.5 GHz, 2GB RAM dan internal storage 32GB, dengan dimensi fisik yang tidak jauh berubah dari Nokia 3310 aslinya, pada 113 x 48 x 22-mm dan berat hanya 133g. Smartphone ini juga dilengkapi slot micro SD untuk menambah storage-nya, ada koneksi 3G, serta nantinya juga hadir varian dengan koneksi 4G LTE. Spesifikasi lengkapnya bisa kalian simak melalui tautan berikut.

Samsung Fingers Akan Membuat Kita Lebih Percaya Diri

Samsung-Fingers-1

Jika jajaran smartwatch Samsung belum cukup membuat para gadgeter bertingkah aneh karena mereka tiba-tiba berbicara sendiri kepada jam tangannya. kali ini ada satu wearable device lainnya yang dijamin membuat penggunanya lebih percaya diri. Atau, lebih cocok disebut “tahan malu.” Samsung Fingers merupakan sarung tangan cerdas yang diklaim menjadi revolusi, dan memberi pengalaman baru dalam berinteraksi dengan smartphone langsung melalui telapak tangan.

Samsung-Fingers-2

Samsung Fingers dilengkapi layar Super Emo-LED yang sepertinya juga fleksibel serta bisa ditekuk, kamera 16-megapixel, serta konektivitas Wi-Fi yang menemani berbagai fitur unik yang membuat penggunanya tidak malu berbicara langsung pada telapak tangannya. Berkat fitur tersebut, Samsung ongin merubah bagaimana seseorang brinteraksi dengan lainnya melalui Samsung Fingers ini. Ketika sedang di tengah percakapan dan orang lain ingin ikut nimbrung, kamu cukup arahkan saja telapak tangan yang mengenakan Samsung Fingers ini, dan membuat mereka berbicara pada tangan tersebut, direkam perkataannya, dan bisa didengarkan kembali nantinya.

Samsung-Fingers-3

Wearable ini juga diklaim menjadi yang pertama dilengkapi fungsi palm recognition, dimana smartglove ini bisa mengenali obyek yang digenggam di atas telapak tangan, dan memberi feedback berguna untuk user bagaimana mereka seharusnya memperlakukan obyek tersebut, sekaligus memanipulasi energi kinetik dan potensial sehingga tagan kita seakan merasa tetap dingin.

Samsung-Fingers-4

Samsung Fingers juga memberi usernya kemampuan tambahan lain agar mereka bisa terlihat lebih sosial di tengah komunitas. Dengan fungsi “Voice & Snap AMP,” user bisa mencuri perhatian kerumunan orang karena kata-kata yang direkam akan diperdengarkan kembali dengan kualitas dan volume suara yang disebutkan mampu membuat orang lain langsung mengalihkan perhatiannya.

Samsung-Fingers-5

 

Samsung-Fingers-6

Dan yang lebih keren, konfirmasi Samsung Fingers yang kami dapatkan melalui situs Samsung Tomorrow ini juga memiliki kemampuan untuk di-charge menggunakan tenaga matahari, dengan cara mengangkat tangan yang mengenakan Fingers ke arah matahari — bisa sekalian berjemur ya! Selain itu, Samsung Fingers juga mendukung pengoperasian melalui gesture jari. Dengan melakukan kombinasi gerakan jari, kamu bisa melakukan panggilan atau menolak panggilan masuk.

Google Auto Awesome Bersama David Hasselhoff

robiou 1-1

Salah satu bagian dari update baru aplikasi Google+ adalah fasilitas Google Photo, photo viewer sekaligus memberi kita opsi untuk mem-backup foto ke akun Google+, dan juga dilengkapi fasilitasn auto awesome untuk membuat foto menjadi lebih baik, atau mendapatkan efek-efek khusus, seperti dengan munculnya animasi salju ketika kita menggoyangkan smartphone / tablet selama proses auto awesome (memperingati musim liburan akir tahun kemarin), atau ikon hati seandainya foto tersebut dikenali menampilkan dua sosok yang berciuman (memperingati Hari Valentine).

Auto Awesome David 2

Sedangkan untuk April Fools, Google memiliki efek auto awesome baru yang memang sangat “mengagumkan,” dan menyebutnya sebagai Photobombs. Seperti efek auto awesome lainnya, kita tinggal mengambil foto, dan kemudian mem-backupnya ke Google Photo melalui Google+, dan berharap efek auto awesome yang didapatkan selama 1 April 2014 kemarin setidaknya justru “tidak merusak” foto tersebut. Beberapa foto hasil auto awesome Photobombs tersebut bisa kamu lihat di bawah.

Google Tawarkan Penjualan Aplikasi Versi Google Play Signature Edition

Seperti tahun lalu, Goole juga memiliki cara khusus membuat guyonan khusus untuk para partner developer aplikasi. Tahun ini mereka mengenalkan Signature Apps. Apa itu Signature App? Ini merupakan cara baru yang ditawarkan Google agar aplikasi yang dijual ke para pengguna Android menjadi lebih bernilai. Bukan sekadar tekan tombol unduh untuk meng-install saja, yang mana cara pemasaran tersebut selama ini tidak memberi impresi kedekatan developer dengan para pembeli aplikasi.

Google-Play-Signature-Editi

Membedakan dengan aplikasi yang dijual melalui toko digitalnya Google, melalui Signature App developer bisa menawarkan aplikasi mereka di dalam thumbdrive atau CD, yang kemudian dipaketkan melalui sebuah kotak eksklusif untuk mendapatkan kesan unboxing seperti halnya ketika kita membeli produk fisik, dan termasuk di dalamnya juga dimasukan sertifikat fisik (atau bisa juga elektronik) yang dilengkapi tanda-tangan developer untuk memberi kesan keaslian aplikasi tersebut.

Google-Play-Signature-Edi-1

Begitu niatnya Google, pada 1 April kemarin developer yang login melalui dev console mereka akan menemukan post yang menjelaskan bagaimana konsep Google Play Signature Edition ini bekerja, termasuk juga setting bagaimana aplikasi terebut bakal dikapalkan untuk dikirim ke pembeli. Video YouTube yang terkesan keseriusan rencana Google juga dirilis. Namun seperti yang diungkapkan salah satu developer dalam video tersebut, siapa saja yang paham kebiasaan Google, pasti akan langsung skeptis dengan Signature Edition yang sekadar menjadi guyonan April Fools-nya Google ini.

[youtube id=”KrGQ2EyuQ1Q”]

Toshiba DiGiT, Sarung Tangan Cerdas yang Lebih Masuk Akal

Toshiba-DiGiT-1

Kami juga bingung, namun mungkin Samsung, HTC dan Toshiba ini sudah janjian menyemarakkan April Fools dengan perangkat sarug tangan rekaan. Atau, guyonan mereka ini benar-benar akan diwujudkan di tahun 2014 ini? Bagaimana pun rencana para produsen gadget tersebut, dibandingkan dua wearable device lainnya berbasis smartglove yang muncul sebagai bagian lelucon April Fools, DiGiT-nya Toshiba ini terlihat yang paling masuk akal, dan yang paling niat.

Toshiba-DiGiT-2

Mendukung keisengan mereka, Toshiba bahkan membuat beberapa video keren yang begitu detil menjelaskan apa saja fungsi DiGiT ini. Selain mampu merekam video dengan kualitas 4K Ultra HD, berfungsi layaknya earbud-ya headset dengan kualitas output surround, sarung tangan masa depan ini juga mampu menerjemahkan bahasa asing dan bahkan untuk memindai obyek atau nama tempat dan alamat. Toshiba bahkan sudah membuka kolom pemesanan DiGiT ini, yang disebutkan melalui website tersebut menyimpang spesifikasi hardware mumpuni, seperti microphone, kamera, lampu LED, proyektor, port USB dan juga port eSATA, serta sensor accelerometer.

Toshiba-DiGiT-3

Beberapa detuk spesifikasi lainnya seperti kamera 32-megapixel dengan 8x Optical Zoom, 64GB On-Board SSD Storage, ditambah 1 TB Cloud Storage, koneksi lokal melalui Near Field Communication dan Dual Band Wireless-N 7260 AC Plus, serta baterai dengan daya tahan 12 jam! Konfigurasi dan modelnya memang tidak biasa, namun sayangnya, produk ini sepertinya tidak akan dijual di pasaran oleh Toshiba!

Introducing DiGiT by Toshiba

[youtube id=”3SuarFkuEkA”]

DiGiT by Toshiba: 4K Ultra HD Camera

[youtube id=”W5MEPFm_0R0″]

DiGiT by Toshiba: Ear Bud Technology

[youtube id=”Xt54z1xJAkg”]

DiGiT by Toshiba: Multi-Lingual Optical Translator

[youtube id=”KvigF0bkehQ”]

DiGiT by Toshiba: Point & Scan Optical Sensor

[youtube id=”0mdx3LBTBnQ”]

Chromecast Tidak Terlalu Besar Untuk Para Tupai

[youtube id=”IpT1787EjbE”]

Untuk yang satu ini harus diakui, Google terlalu iseng. Mereka membuat satu video yang menunjukkan bagaimana Chromecast yang diproduksi oleh Google, media player mungil seukuran flash drive yang berfungsi sebagai HDMI dongle dan bisa memutar audio/video melalui televisi high-definition melalui proses streaming Wi-Fi dari internet atau jaringan lokal, ternyata tidak hanya cocok dikonsumsi oleh manusia saja. Google menunjukkan jika Chromecast seharga Rp. 400 ribuan ini diperlihatkan juga menarik bagi para tupai. Meskipun sekadar guyonan saja, namun video tersebut juga bisa berperan sebagai iklan Chromecast yang kreatif. Coba bandingkan denga video Chromecast yang “normal” di bawah ini!

[youtube id=”cKG5HDyTW8o”]

Google Magic Hand, Jika Sepuluh Jari Tidak Cukup

Magic-Hand-1

Google Jepang menemukan metode input yang inovatif untuk smartphone, dan mereka menyebutnya dengan Magic Hand. Pada dasarnya perangkat ini mensimulasikan tangan dengan jari telunjuk yang siap untuk menekan pada layar. iar tidak capek, Magic Hand akan menggantikan jari-jarimu selama mengetik, dan kamu tinggal mengoperasikannya melalui lever yang disediakan.

Melalui Magic Hand, Google Jepang memberi solusi atas masalah seperti kuku jari yang panjang dan menyusahkan selama menyentuh layar, mereka yang tidak ingin layarnya kotor karena bekas minyak dari jari, atau reaksi layar yang kurang cepat ketika ditekan dengan jari. Informasi lain mengenai Magic Hand bisa kamu akses melalui tautan berikut.

[youtube id=”0u1zoaJYAmw”]

Rayakan 10 Tahun Gmail Dengan Gmail Shelfie

Gmail-Selfie-1

Seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnya, Google juga menghadirkan keisengan tersendiri untuk merayakan 10 tahun Gmail, Mereka menambahkan fitur Gmail Shelfie. Melalui fitur tersebut, kamu bisa dengan mudah membagikan foto selfie yang sebelumnya dijadikan tema custom di Gmail, melalui Gmail Shelfie, aau kependekan dari SHareable sELFIE. Gmail Shelfie dikembangkan atas ide bahwa kita tidak boleh egois dengan koleksi foto selfie. Dengan hanya beberapa kali klik saja, siapa pun bisa menjadikan foto Shelfie-mu sebagai tema di Gmail mereka sehingga mereka bisa menikmati memeriksa, membaca atau mengirim email sembari melihat foto selfiemu di latar belakang.

Dukungan Google Translate Untuk Emoji, Langsung di Dalam Chrome Android dan iOS

Chrome Emoji

Kini dari salah satu web browser yang paling banyak digunakan untuk platform mobile. Google Chrome mengkonfirmasikan bahwa fasilitas Google Translate dalam web browser tersebut kini juga bisa menerjemahkan Emoji, yag ditanamkan langsung ke dalam Chrome untuk Android dan iOS. Dengan fungsi tersebut aktif, maka kalian bisa membaca semua konten website favorit menggunakan ilustrasi Emoji, yang oleh Google dianggap lebih efisien dalam menggambarkan isi tulisan di dalamnya.

Chrome Emoji 2

Menurut Google, untuk bisa menampilkan halaman web dalam emoticon Emoji di Android dan iOS, hanya perlu emngunduh versi terbaru Chrome for Mobile dari Play Store atau App Store. Kemudian cukup sentuh tombol menu, lalu memilih opsi “Translate to Emoji”. Tekan tombol “Reload” untuk menambilkan tulisan di web tersebut seperti aslinya. Dan seperti lelucon Google lainnya, kamu tidak akan mendapatkan fitur ini. Namun sepertinya menarik jika benar diimplementasikan untuk Chrome, karena memang pada kenyataannya penggunaan Emoji bisa menyingkat kata dengan lebih efisien (khususnya bagi mereka yang paham).

Chrome for Android and iOS: Emojify the Web

[youtube id=”G3NXNnoGr3Y”]

April Fools Tahun Ini Tetap Milik Google

Selain beberapa lelucon April Fools dari Google tersebut, masih ada banyak keisengan Google yang ditampilkan melalui layanan mereka. Seperti pada 1 April lalu, iklan AdSense menunjukkan daftar planet dan bulan berpenghasilan terbesar.

Google-Ad-Sense-1

Kemudian YouTube yang mengkonfirmasikan trend viral video selanjutnya: clocking, baby shaming, Glub Glub, elaborate divorces, kissing dad dan banyak lagi kategori lainnya.

YouTube Announces Upcoming Viral Video Trends #newtrends

[youtube id=”0YUbYohGMOg”]

Kembali ke web browser desktop Google, yang kini mendapat kemampuan keyboard yang mengenali “bahasa” kucing. Chrome dan juga Chrome OS, yang oleh Google diberi ekstensi baru untuk mendeteksi apabila hewan berbulu tersebut yang iseng menekan keyboard virtual melalui extension Qwerty Cats.

Qwerty-Cat-1

Qwerty-Cat-2

Menurut Google, mereka mendesain on-screen keyboard yang cocok untuk kucing, berbasis pada penelitian Animal-Computer Interaction (ACI). Kamu bisa meng-install keyboard khusus kucing tersebut dan mencoba fitur seperti four pawing modalities menggunakan trackpad atau touchscreen, mouse mode, serta cat translation technology (beta), agar dengan mudah kita bisa mengerti bahasa kucing tersebut.

[youtube id=”8IeWkXmPqpA”]

Selain Photobombs, Google juga menyediakan fasilitas Auto Awesome lainnya pada 1 April kemarin, dan filter efek foto ini ditujukan untuk membuat foto untuk resume pekerjaanmu menjadi lebih menarik. Google melakukannya dengan memadukan semua informasi dirimu, seperti hobi dan aktivitas kesukaanmu, kemudian juga mencarikan pekerjaan yang cocok melalui Google jobs. Foto di bawah menjadi salah satu hasil Auto Awesome untuk sebuah foto resume.

AutoAwesome-Resume

Bahkan ada lowongan pekerjaan dogengineer di Google. Dan syarat yang diperlukan jelas tidak masuk akal juga, seperti “write much web-based code, very programming, so participation in code review, much scary, no cry pls, type type type on computer, very building, much system OS/corn, such complicate.”

Dogengineer-Google

Dan terakhir, Google Helpouts 1 April lalu juga membuat terobosan untuk membantumu meningkatkan pirate vocabulary. Kamu bisa belajar banyak istilah khas bajak laut melalui konsultasi degan ahlinya. Seperti dituliskan dalam webpage Helpouts ini kamu bisa melakukan sesi chat video dengan Scowlin’ Guideon, sehingga bisa dengan mudah mengucapkan kalimat “Ahoy mateys, if ye wanta’ speak like a pirate this be yer ship. From ‘ahoy’ t’ ‘yo-ho-ho,’ ye’ll sound like seven seas marauders faster th’n a scalawag gits scurvy”.

Google-Helpout-Pirate-1

[youtube id=”M-zgrXNjeps”]

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.