Nintendo Direct: Kehebohan Fitur dan Karakter Baru di Super Smash Bros.!

Masahiro Sakurai selaku sutradara Super Smash Bros. menunjukkan fitur dan karakter baru untuk Super Smash Bros. for Nintendo 3DS dan Super Smash Bros. for Wii U dalam Nintendo Direct kali ini.

Masahiro Sakurai selaku sutradara Super Smash Bros. menunjukkan fitur dan karakter baru untuk Super Smash Bros. for Nintendo 3DS dan Super Smash Bros. for Wii U dalam Nintendo Direct kali ini.

Bertajuk Super Smash Bros. Direct, kali ini Masahiro Sakurai membagikan beragam informasi terbaru untuk game tersebut. dimulai dengan konfirmasi tanggal rilis, di mana Super Smash Bros. for Nintendo 3DS akan dirilis pada kuartal kedua tahun ini, disusul kemudian dengan Super Smash Bros. for Wii U pada kuartal keempat tahun ini. Perbedaan tanggal rilis ini dikarenakan butuh penyesuaian untuk versi Wii U.

Dilanjutkan dengan konfirmasi kembalinya karakter lama yang akan bertarung di sini.

Zero Suit Samus

Di game sebelumnya, dia didesain dengan kekuatan fisik yang sedikit lebih rendah. Kali ini, dia mendapatkan sepasang sepatu bot jet, membuat tendangannya lebih kuat karena memadukan kecepatan dan kekuatan. Kemampuan pemulihannya juga meningkat.

Sheik

Gerakannya kini diperbaharui, dengan tambahan dua serangan baru. “Burst Grenade” adalah serangan spesial menyamping yang di mana Sheik melemparkan beberapa bom kecil yang akan meledak ketika pemicunya ditekan. Kemudian ada “Bouncing Fish”, sebuah teknik tendangan akrobatik.

Yoshi

Yoshi kini berjalan lebih tegak, membuatnya lebih kuat dan gerakan-gerakannya bisa dikombinasikan dengan lebih baik dari model Yoshi sebelumnya.
Berikutnya adalah detail informasi terbaru untuk para karakter yang telah diumumkan sebelumnya.

Zelda

Gerakan spesial bawahnya bernama “Phantom Slash,” di mana dia memanggil Phantom untuk menyerang atau bertahan. Hati-hati karena Phantom ini bisa berbalik memantul dan menyerangnya jika ditahan oleh musuh.

Kirby

Teknik “Hammer Flip” telah ditambahkan untuk Kirby. Tekan dan tahan tombol serang untuk mengumpulkan tenaga dan lepas untuk membuat Kirby menyerang menggunakan palu. Tapi jika kamu telah mengumpulkan tenaga hingga maksimum dan tidak menggunakannya, maka Kirby akan mendapatkan damage. Final Smash milik Kirby kini berubah menjadi “Ultra Sword”.

Dedede

Dia kini melemparkan Gordo, bukannya Waddle Dee ke arah musuh dan bisa digunakan secara beruntun.

Lucario

Lucario sekarang memiliki serangan Aura yang lebih kuat. Jika semakin terdesak, maka damage serangan Aura-nya akan jauh lebih besar. Tapi jika mengumpulkan tenaga terlalu berlebihan, maka kamu akan mendapatkan masalah. Lucario juga bisa memasuki kondisi Mega Evolution, membuat serangan Aura-nya selalu memberikan damage maksimum.

Olimar dan Pikmin

Sekarang hanya tiga Pikmin yang mengikuti Olimar. Pikmin sekarang berada dalam urutan yang sudah tetap, yakni merah, kuning, dan biru. Setelah ketiganya dipakai, maka akan muncul Pikmin putih, ungu, dan kembali ke merah lagi. Berkurangnya jumlah Pikmin ini memudahkan mereka untuk dilihat dan diatur. Gerakan pemulihan Olimar diubah menjadi “Winged Pikmin,” di mana Pikmin tersebut akan mengangkat Olimar ke udara.

Pit

Mekanisme melayangnya sudah dihapus. Sebagai gantinya, kekuatannya sedikit lebih besar dibanding sebelumnya. Terlebih untuk kekuatan terbangnya, yang bisa digunakan sebagai gerakan pemulihan dengan mudah. Final Smash miliknya berubah menjadi “Three Sacred Treasures”.

Rosalina dan Luma

Serangan “Luma Shot” milik Rosalina melontarkan Luma dan membawanya kembali ke dekat Rosalina. Luma bisa berjalan dan bertarung sendiri secara terpisah. Rosalina dan Luma memiliki set serangannya masing-masing dan bisa bertarung secar amandiri. Serangan spesial menyamping Rosalina bernama “Star Bits” di mana Luma akan menembakkan serangan proyektil. Serangan spesial atasnya bernama “Launch Star,” gerakan pemulihan berjarak jauh. Serangan spesial bawahnya bernama Gravitational Pull,” yang menyedot item di dekatnya bahkan menetralkan serangan proyektil musuh. Final Smash miliknya  bernama “Power Star”, mengkombinasikan serangan meteor kecil dan juga yang besar.

Little Mac

Di tanah, semua serangannya benar-benar sangat kuat. Dia juga bisa menetralkan beberapa serangan. Serangan smash miliknya dapat membuat musuh bisa terlontar dengan mudah. Tapi ketika di udara, dia benar-benar lemah. Bahkan kemampuan pemulihannya sangat rendah. Little Mac juga memiliki Power Meter. Meter itu akan penuh ketika dia berhasil memberi damage atau menerima damage dari musuh. Ketika penuh, dia bisa melakukan satu pukulan yang membuat satu karakter langsung K.O.. serangan spesial menyampingnya adalah “Jolt Haymaker”. Serangan spesial atasnya bernama “Rising Uppercut”. Serangan spesial bawahnya bernama “Slip Counter”. Dan Final Smash miliknya mengubah dirinya menjadi “Giga Mac”.  Wireframe Mac klasik juga tersedia sebagai pilihan kostum, tampilan dirinya di game arcade.

Mega Man

Final Smash miliknya adalah memanggil semua maskot seri Mega Man, mulai dari MegaMan.exe (Mega Man Battle Network), Mega Man X (Mega Man X), Mega Man Omega-Xis (Mega Man Starforce), dan Mega Man Volnutt (Mega Man Legends).

Wii Fit Trainer

Mereka bertarung dengan teknik-teknik yang menyehatkan. “Deep Breathing” adalah gerakan spesial bawahnya, membantu dirinya menyatukan pikiran dengan jiwa, sehingga semua serangannya menjadi lebih kuat. Dan kemudian ada “Sun Saluation”, serangan proyektil yang bisa disimpan untuk gerakan berikutnya. Baik model pria dan wanitanya sama-sama bisa dimainkan, dengan tinggi badan dan kekuatan yang sama.

Masahiro kemudian menjelaskan mode eksklusif yang ada di versi 3DS, bernama “Smash Run”. Mode ini bisa dimainkan hingga empat pemain dalam area yang didesain mirip penjelajahan dungeon, di mana kamu bisa melawan musuh-musuh dan mengumpulkan beragam item yang menambah kekuatan serangan, pertahanan, kecepatan, dan lompatan. Setelah lima menit menjelajah, semua item tadi akan diakumulasikan dan semua pemain akan bertarung di arena dengan item dan kekuatan baru mereka yang telah dikumpulkan. Musuh-musuh berbeda akan muncul secara acak dalam dungeon tiap kali kamu memainkannya.

Kumpulkan semua item selama lima menit…

… kemudian bertarung dengan item yang telah dikumpulkan!

Untuk versi 3DS, permainan akan berjalan dalam 60 frame per detik bahkan ketika ditampilkan menggunakan efek 3D stereoskopik. Namun beberapa Assist Trophy dan Pokemon yang ada ditampilkan dengan pergerakan 30 frame per detik.

Kini kamu juga bisa mengkustomisasi set gerakan karaktermu dan dapat digunakan ketika bermain multiplayer baik lokal maupun via online.

Untuk stage-nya sendiri, memang ada beberapa perbedaan antara versi 3DS dan Wii U. Beberapa stage akan muncul di kedua versi, ada juga yang eksklusif untuk masing-masing versi.

Di Super Smash Bros. for Nintendo 3DS, tiap stage memiliki dua lagu. Di Super Smash Bros. for Wii U, kamu dapat masuk ke menu “My Music” untuk menemukan semua lagu dari game-game Super Smash Bros. sebelumnya. Beberapa stage yang dikonfirmasikan hadir untuk versi 3DS antara lain Reset Bomb Forest, 3D Land, Spirit Train, Gerudo Valley, Arena Ferox, Tortimer Island, Living Room, Prism Tower, Rainbow Road, Find Mii, Balloon Fight, dan Jungle Japes.

Sedangkan beberapa stage yang akan hadir untuk versi Wii U antara lain Mario Galaxy, Pyrosphere, Town and City, Boxing Ring, Pilot Wings, Skyloft, Windy Hill, Garden of Hope, Wii Fit Studio, Palutena’s Temple, dan Halberd. Beberapa stage di game sebelumnya juga akan kembali hadir di sini. Dan hampir semua stage yang ada memiliki mode “Final Destination” masing-masing. Artinya, kamu akan bertarung di stage datar tanpa apapun, pertarungan hidup dan mati di satu platform saja.

Di stage berbasis game Mega Man yang bernama “Wily Castle,” kamu akan menemui karakter boss Yellow Devil yang terbang dari kastil dan menyerang semua karakter. Kamu dapat menyerang Yellow Devil tersebut dengan menghajar matanya. Pemain yang berhasil memberikan serangan akhir pada Yellow Devil dapat menggunakan ledakannya sebagai serangan pamungkas ke karakter lainnya. Para karakter boss ini juga akan hadir di beberapa stage lainnya, tapi detailnya masih belum diberikan lebih lanjut.

Yellow Devil

Tentu saja Nintendo tidak melupakan permainan multiplayer secara online, yang terbagi dalam dua mode utama antara lain sebagai berikut.

For Fun

Stage-nya dipilih secara acak (tanpa Final Destination). Semua item akan dalam stage, hanya untuk pertarungan Smash, dan hanya jumlah kemenangan saja yang dicatat oleh sistem permainan.

For Glory

Menghadirkan stage Final Destination dan versi Final Destination dari beragam stage yang ada. Tidak ada item di sini, pertarungan satu lawan satu mungkin dilakukan, dan jumlah kemenangan serta kekalahan semuanya dicatat oleh sistem permainan.

Nintendo juga bertindak tegas kepada para pemain nakal utamanya dalam permainan multiplayer online ini. Ban akan diberikan untuk sementara waktu kepada pemain yang memulai pertandingan dan tidak bermain, menghajar satu pemain secara spesifik tanpa henti, melakukan upaya bunuh diri secara terus-menerus, sering kali meninggalkan pertandingan, melakukan tindakan curang, atau melaporkan pemain lain tanpa alasan yang jelas.

Para pemain juga akan menadpatkan peringkat dalam sistem baru bernama “Global Smash Power”. Semakin besar angka peringkatnya, maka semakin kuat pula pemain tersebut. Angka Global Smash Power menunjukkan berapa banyak pemain yang berhasil kamu singkirkan dalam pertandingan.

Nintendo juga mengkonfirmasikan beberapa item yang akan muncul dan bisa digunakan ketika pertandingan berlangsung, antara lain Beam Sword, Bumper, Smart Bomb, Motion-Sensor Bomb, POW Block, Beetle, Fire Bar, Back Shield, Bombchu, Fairy Bottle, Ore Club, X Bomb, Hocotate Bomb, Rocket Belt, dan Steel Diver.

Juga tidak ketinggalan daftar Assist Trophy yang akan membantumu dalam pertandingan, seperti Andross, Devil, Knuckle Joe, Saki Amamiya, Lyn, Nintendog, Waluigi, Dr. Wright, Skull Kid, Mother Brain, Midna, Ashley, Dark Samus, Chain Chomp, Isabelle, Elec Man, hingga Color TV-Game 15.

Dan tentunya di sini kamu akan menemui bola-bola Pokemon, yang jika diambil akan mengeluarkan Pokemon untuk membantumu dalam pertarungan. Kali ini kamu dapat menemui Master Ball, yang seperti di game-nya, digunakan untuk menangkap Pokemon langka dan legendaris (dalam trailer diperlihatkan Arceus muncul dari dalam sana). Nintendo telah mengkonfirmasikan beberapa Pokemon yang akan muncul dalam game ini, antara lain Meowth, Electrode, Eevee, Staryu, Metagross, Fennekin, Meloetta, Gogoat, Entei, Deoxys, Palkia, Kyurem, Victini, Keldeo, dan Xerneas.

Kejutan menanti di akhir Super Smash Bros. Direct ini, yakni konfirmasi dua karakter playable baru. Keduanya berasal dari seri Pokemon, dan inilah dia, Charizard serta Greninja! Benar, kedua Pokemon tersebut bisa kamu mainkan di sini, dengan aksi yang memukau. Terutama sih Greninja ya hehe. Kamu juga bisa melihat kalau Charizard dapat mengakses bentuk Mega Evolution-nya menjadi Mega Charizard X. Wow keren! Saya jadi tertarik untuk melakukan pre-order game ini nantinya!

Debut Penampilan Charizard dan Greninja

Nintendo Direct (Super Smash Bros. Direct 4.8.2014)

[ Sumber : Gematsu, Siliconera ]

TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.