Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Toge Productions sudah merilis Infectonator: Survivors melalui Steam Early Access pada 14 April lalu. Berikut ini adalah impresi kami setelah menjajal versi awal dari game ini.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Setelah sukes di web dan mobile, salah satu developer game yang berbasis di Tangerang, Toge Productions mencoba peruntungan beralih ke platform PC. Sebagai gong awal, mereka memilih untuk mendistribusikan salah satu game yang mereka kembangkan, Infectonator: Survivors untuk mencoba peruntungan di Steam Greenlight. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya dalam kurun waktu sekitar satu minggu saja, game ini mendapatkan dukungan yang cukup dari para komunitas, yang akhirnya membawa game ini di-Greenlit untuk dipublikasikan di portal Steam.

Nah, seperti yang kami beritakan sebelumnya, pada tanggal 14 April 2014 kemarin mereka merilis game ini via Steam Early Access. Bukan versi final, melainkan baru versi Alpha yang ditawarkan dengan harga US $12.99 dengan diskon 25% hingga tanggal 22 April 2014 mendatang. Meskipun baru merilis versi Alpha-nya saja, tetapi kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika membeli Early Access dari game ini, mulai dari kesempatan untuk menjajal game ini lebih awal, mendapatkan update versi baru secara berkala, memiliki kesempatan untuk memberikan feedback kepada tim pengembang, hingga bonus artbook digital The Art of Infectonator. Duniaku sendiri sudah mencoba versi Early Access dari game ini. Seperti apa versi awal dari game yang masih mempertahankan gaya grafis pixel art khas serial Infectonator ini?

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Karena masih versi awal, tentu penting bagi Toge Productions untuk membuat pondasi awal yang kuat bagi gameplay-nya, terutama pondasi untuk masing-masing elemen genre yang dihadirkan. Ya, Toge Productions sendiri pernah mendeklarasikan game ini sebagai “Randomized Permadeath Survival Simulator that combines RTS, Tower Defense, Roguelike, and Management-Simulation gameplay” yang artinya, mencampur adukkan beberapa genre sekaligus mulai dari RTS, Tower Defense, Roguelike hingga elemen simulasinya. Dan untuk versi awal ini, kami menilai mereka sudah membangun pondasi yang kuat untuk masing-masing elemen genre tersebut.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat Tim awal yang bisa kamu mainkan dalam versi Early Access[/caption]

Berkebalikan dengan serial Infectonator, dalam game ini kamu akan diajak untuk bertahan hidup dari kiamat zombie yang sedang berlangsung. Di awal permainan, kamu bisa memilih satu dari tiga tim yang tersedia untuk bertahan hidup. Untuk saat ini, kamu baru bisa memilih Tim Survivors yang terdiri dari empat orang, dimana masing-masing orang memiliki keahlian berbeda. Selain tim Survivors, masih ada dua tim lain yang bisa dimainkan nantinya, salah satunya adalah tim Left 4 Dead yang berisi karakter-karakter ikonik dari seri tersebut yang sudah mendapatkan izin resmi dari Valve untuk digunakan dalam game ini. Untuk memainkan tim ini, terlebih dahulu kamu harus mengumpulkan sejumlah Gem yang bisa kamu dapatkan setelah kamu Game Over.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Sekarang kita beralih ke gameplay. Sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh Toge Productions dalam halaman resmi Steam-nya, kamu seperti memainkan beberapa genre sekaligus dalam game ini. Secara default, elemen Tower Defense dan RTS-nya terasa saat kamu mengatur formasi karakter saat menghadapi zombie, dan menghadapi gelombang zombie yang muncul. Zombie akan datang secara bergelombang dari kanan ke kiri, dan di antara setiap wave kamu bisa mengatur kembali formasi timmu. Tetapi bukan berarti saat wave berlangsung kamu hanya diam saja. Saat wave berlangsung, kamu masih bisa memindah-mindah karaktermu atau menyembuhkan karakter dengan membayarnya 50 cash. Elemen tower defense kembali terletak di health survivors yang tersedia. Setiap ada zombie yang lolos ke sebelah kiri layar, maka akan mengurangi satu health survivor-mu. Permainan akan berakhir jika nilai health ini mencapai 0. Di jeda antar wave, game ini menawarkan elemen gameplay menarik lainnya dalam bentuk mencari resource yang terdapat dalam objek-objek yang berkilauan di layar.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Elemen menarik lain yang ditawarkan oleh game ini adalah permanent death (permadeath). Setiap karakter memiliki satu health bar yang akan terus berkurang seiring dia diserang oleh Zombie. Kamu bisa menyembuhkan health dengan membayar 50 cash, atau health ini akan kembali terisi saat pergantian hari. Namun, sistem permadeath ini tentunya juga harus membuatmu sedikit berhati-hati, karena karakter yang sudah tewas tidak akan bisa kamu hidupkan kembali. Jika semua karakter sudah tewas dan kamu tidak memiliki karakter lain untuk menyelesaikan misi, maka permainanmu akan langsung Game Over saat itu juga.

Lanjut ke halaman berikutnya..

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Random Event dan Map

Nilai lebih lain dari game ini terletak pada sistem acak yang terdapat dalam event dan map. Setiap kali kamu memainkan game ini, kamu akan menemui map dan event yang berbeda-beda dari permainanmu yang sebelumnya. Dan menurut kami, ini adalah satu nilai plus dari game ini yang bisa meningkatkan replay value. Banyak event yang bisa kamu temui dalam game ini, dan semuanya menuntutmu untuk mengambil keputusan yang tepat. Sayang, dalam versi alpha ini event masih belum dilengkapi dengan visualisasi dan hanya sebatas teks dan tombol pilihan keputusan saja. Tetapi kembali, Toge Productions membuat sebuah pondasi yang kuat untuk versi finalnya nanti.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Markas yang Penting

Objective terdapat di bagian kiri atas layar saat kamu berada di basecamp. Tugas-tugas ini harus kamu lengkapi agar bisa selamat dari satu kota dan beralih menuju kota lainnya. Selain untuk melengkapi Objective, setiap kali kamu menjalankan misi tentu kamu harus mengumpulkan suplai sebanyak mungkin, karena suplai akan terus berkurang setiap harinya sejumlah survivor yang masih selamat. Kamu bisa keluar dari satu kota setelah menyelesaikan semua objective yang tersedia. Di markas, kamu bisa melakukan banyak hal lain seperti berbelanja item (jika basecamp-mu sudah dikunjungi oleh Merchant), mengatur tim (jika kamu memiliki survivor lebih banyak dari slot tim), hingga melakukan riset dan perbaikan mobil di garasi. Untuk mendapatkan survivor baru sebagai anggota tim, kamu terlebih dahulu harus menyelamatkannya dari serangan zombie saat bertemu di satu map.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat

Kesimpulan

Sesuai dengan judul yang saya berikan, game ini menyajikan pondasi yang cukup kuat untuk berkembang dalam update-update selanjutnya. Dalam halaman Steam resminya, Toge Productions menuliskan bahwa mereka siap mengimplementasikan banyak hal di masa yang akan datang, mulai dari sistem crafting, lebih banyak karakter dan senjata, kustomisasi markas, dan perks untuk masing-masing karakter. Meskipun masih memainkan versi awalnya, kami merasa sudah mendapatkan gambaran yang cukup jelas untuk versi finalnya nanti.

Review Early Access Infectonator: Survivors, Versi Awal dengan Pondasi Gameplay yang Kuat Random event yang sayangnya belum memiliki visualisasi[/caption]

Karena masih merupakan versi awal, game ini masih memiliki beberapa hal yang kurang, seperti biaya untuk menyembuhkan yang cukup mahal serta visualisasi untuk setiap event yang masih belum ada. Belum lagi masih sering muncul sedikit bug, salah satunya adalah seringnya dua karakter berjalan bersamaan di satu tempat, sehingga membuat sprite karakter terlihat berkedip-kedip.

Tertarik untuk mendapatkan kesempatan lebih awal untuk memainkan game ini? Kamu bisa membelinya melalui Steam Early Access yang ada di halaman ini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU