Baldur’s Gate Enhanced Edition Versi Android Akhirnya Dirilis di Google Play Store

Atari dan Overhaul Games merilis kembali salah satu game ikonik dari era tahun 90-an, yang juga dianggap berhasil membangkitkan genre RPG di PC, Baldur’s Gate Enhanced Edition, untuk Android.

Baldur's-Gate-Enhanced-Ed-6

Pada akhir Desember 2012, Atari dan Overhaul Games merilis kembali salah satu game ikonik dari era tahun 90-an, yang juga dianggap berhasil membangkitkan genre RPG di PC. Baldur’s Gate Enhanced Edition, menjadi remake Baldur’s Gate sekaligus juga ekspansinya Baldur’s Gate: Tales of the Sword Coast. Selain iOS, sebelumnya juga eksis untuk PC Windows pada akhir November 2012, dan PC Mac OS X pada akhir Februari 2013. Saat itu, developer mengatakan juga akan segera merilis versi Android-nya.

Baldur's-Gate-Enhanced-Edit

Namun pada 19 Juni 2013, Baldur’s Gate: Enhanced Edition dihilangkan akses penjualannya oleh Beamdog, induk Overhaul, sebuah platform distribusi digital yang didirikan co-founder BioWare, yang tidak lain juga menjadi kreator asli Baldur’s Gate. Alasan ditariknya Enhanced Edition dari Apple App Store adalah karena masalah kontrak, walaupun pada 15 Agustus 2013 game tersebut kembali eksis di iOS. Sedangkan versi Android-nya, yang seharusnya dikonfirmasikan segera datang bersamaan dengan versi iOS, terpaksa juga menunggu lebih lama, dan pada akhirnya dirilis 17 April 2014 kemarin di Google Play Store.

Baldur's-Gate-Enhanced-Ed-1

Versi remastered ini bukan sekadar remake, karena ada banyak perbedaan diantara versi klasik dan yang baru. Grafisnya juga dibangun dari Infinity Engine yang lebih baru, engine yang banyak memperkuat serial Dungeons & Dragons, dengan resolusi yang lebih tinggi. Kemudian ditambahkan juga beberapa fitur baru, seperti arena adventure The Black Pits, area baru yang bisa dijelajahi, karakter baru Dorn Il-Khan, Neera the Wild Mage dan Rasaad yn Bashir sebagai in-app purchase, Player Voice dan New Player Portrait sebagai IAP, dan yang banyak disukai, ada fitur Cross-platform Multiplayer Match-Making untuk semua platform. Sedangkan modifikasi minor, seperti dengan antar muka permainan lebih mudah diakses melalui layar sentuh, hingga opsi untuk makin fleksibel memodifikasi game.

Baldur's-Gate-Enhanced-Ed-5

Kemudian versi mobile ini juga menerapkan sedikit opsi kontrol yang berbeda dibandingkan versi PC Windows atau Mac-nya. Seperti misalnya, cukup dengan satu sentuhan saja pada layar untuk menggerakkan karakter dan tim party-mu ke titik / lokasi yang dimaksud, atau melakukan sedikit gesture pada layar untuk menggeser sudut pandang kamera. Namun dengan mouse pada versi PC-nya bukan sekadar untuk navigasi, namun juga untuk memilih anggota party, atau selama menyorot obyek apakah bisa digunakan untuk berinteraksi. Dan karena pasti susah melakukan hal tersebut melalui sentuhan jari, dalam Enhanced Edition versi mobile ini kamu juga mendapatkan tombol virtual. Ada yang digunakan untuk mengaktifkan mode dimana kamu bisa menggambar empat persegi panjang di sekitar unit yang ingin dipilih, hampir sama seperti versi PC-nya. Tombol kedua makin mempermudah kontrol versi mobile, untuk menyorot semua obyek apakah bisa bisa dibuka, disentuh, atau dilihat.

Baldur's-Gate-Enhanced-Ed-2

Walaupun terlambat, setidaknya pengguna Android kini bisa merasakan game ini di platform mereka tanpa harus melalui versi-versi awalnya yang sarat akan bug. Dan karena termasuk ikon RPG klasik dengan banyak penggemar fanatik, tidak heran jika game ini ditawarkan tinggi. Seperti di iOS, di Play Store game ini dijual dengan harga Rp. 119,000. Game dengan setting dunia fantasi Forgotten Realms ini menawarkan waktu quest utama hingga lebih dari 60+ jam, bersama dua ekspansi game aslinya. Selain itu juga ada empat ekspansi tambahan yang bisa dibeli melalui IAP seharga Rp. 35 ribu.

Baldur's-Gate-Enhanced-Ed-4

  • Dapatkan Baldur’s Gate: Enhanced Edition versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.1 dan jatah storage 1.79 GB.
  • Dapatkan Baldur’s Gate: Enhanced Edition versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 3.0 dan jatah storage 2.3 GB.

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.