Wanita-wanita Inspiratif dalam Dunia Game

Menyambut Hari Kartini 21 April, Duniaku mengajakmu untuk menengok beberapa karakter wanita inspirasional yang pernah ada di dalam game.

cover-tombraider

21 April. Indonesia selalu memperingatinya sebagai hari Kartini, yang menandai hari lahir salah satu pahlawan yang sangat menginspirasi wanita modern. Ibu Kartini bukan hanya menginspirasi banyak wanita untuk berjuang di bidang masing-masing, tetapi juga menyampaikan pesan emansipasi wanita, bahwa wanita pun tidak kalah dibandingkan pria dalam hal melakukan banyak pekerjaan.

Begitu pula di dalam game yang didominasi oleh kaum laki-laki, baik dari segi karakter maupun dari gamer-nya itu sendiri. Meskipun dominasi tersebut sangat kuat, namun bukan berarti tidak ada wanita yang tampil sebagai sosok yang menginspirasi. Nah, kali ini Duniaku ingin mengajakmu untuk menengok beberapa karakter wanita yang sangat inspirasional di tengah menjamurnya karakter laki-laki di dalam dunia game. Inspirasional di sini selain menghadirkan nilai-nilai positif bagi siapa saja yang memainkannya, juga memberikan banyak inspirasi bagi wanita modern untuk mengikuti jejak karakter fantasi tersebut. Selamat mengikuti!

Film The Last of Us

Ellie (The Last of Us)

Meskipun baru muncul tahun 2013 lalu, Ellie banyak menyita perhatian gamer. Ellie adalah seorang wanita muda yang merupakan produk dari lingkungan. Lingkungan yang keras membantu membentuk pribadi yang tangguh dalam dirinya untuk bertahan hidup dalam kondisi tersebut. Naughty Dog juga tidak hanya sekedar membuat Ellie sebagai “putri yang harus diselamatkan” dalam game tersebut dan membentuk hubungan ayah dan anak dengan Joel, tetapi juga memberikan kemampuan untuk beradaptasi, yang membuat Ellie tampak semakin realistis.

Yah, meskipun di dunia modern sampai saat ini para wanita tidak dihadapkan dengan bencana seperti yang dialami Ellie, tetapi Ellie bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tetap percaya pada kemampuan diri sendiri saat menghadapi kondisi lingkungan yang keras dan tidak dapat diprediksi.

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.