Age of Empires: World Domination Disiapkan Microsoft Untuk Android, iOS dan Windows Phone

Sebagai salah satu game PC terpopuler, Age of Empires selalu ditunggu penggemarnya. Apalagi kehadiran versi mobile, yang akhirnya resmi diungkapkan Microsoft dengan judul Age of Empires: World Domination.

Age-of-Empires-World-Dom-1

Salah satu serial game terpopuler untuk platform PC adalah Age of Empires. Game yang setting waktunya saja mencapai 10 ribu tahun tersebut dikembambangkan oleh Ensemble Studios, salah satu studio first-party-nya Microsoft yang mereka dapatkan sejak tahun 2001 lalu. Sejak kemunculan perdananya pada tahun 1997, Age of Empires, banyak judul baru dan spin-off dirilis, menjadikan game real-time strategy yang menawarkan mode permainan utama single player dan campaign yang terfokus pada event sejarah di Eropa, Afrika dan Asia tersebut tetap ramai dan selalu ditunggu penggemarnya, dan hingga kini penjualannya pun diklaim mencapai lebih dari 22 juta unit, serta menjadi salah satu game PC terlaris dalam sejarah.

Age-of-Empires-World-Dom-2

Berlanjut pertengahan 2013 lalu, muncul kabar bahwa game yang sejatinya menjadi eksklusif mesin game Microsoft tersebut juga akan hadir untuk platform lain, khususnya mobile. Kabar tersebut terjawab melalui konfirmasi KLab Inc., sebuah studio game sosial asal Jepang yang menyebutkan jika mereka sudah mendapatkan persetujuan untuk mengembangkan versi game mobile dari franchise Age of Empires-nya Microsoft Studio.

Selanjutnya memang tidak kabar lebih lanjut, dan baru minggu lalu muncul pernyataan resmi Microsoft melalui website resminya, bahwa mereka mengungkapkan rencana peluncuran Age of Empires: World Domination, sebuah game baru dan bukan port versi PC-nya. Dikembangkan sebagai game free-to-play oleh KLab yang memang ahli dalam bidang game sosial, dan ditujukan untuk platform iOS, Android dan Windows Phone.

Age-of-Empires-World-Dom-3

Menurut Microsoft, dalam Age of Empires: World Domination kamu bisa:

  • Mendominasi kekuasaan dengan lebih dari 100 pahlawan legendaris.
  • Menciptakan unit pertarungan terkuat dengan banyak pilihan pasukan.
  • Menciptakan kerajaanmu sendiri dengan struktur kekuasaan yang diadaptasi dari peradaban terbaik dalam sejarah seperti Celts, Huns, dan Franks.
  • Menantang pemain lain atau bekerjasama dengan teman untuk menguasai dunia.
  • Mengatur taktik selama peperangan dengan kontrol gesture yang sederhana.
  • Memimpin pasukan dengan sistem pertarungan baru yang dibangun khusus untuk mobile.

Age-of-Empires-World-Dom-4

Sayangnya belum ada informasi lanjutan mengenai bagaimana konsep free-to-play dengan tawaran IAP dari game yang sudah identik harus dibeli / dibayar dulu untuk memainkannya ini. Screenshot dan trailernya sendiri masih mendapat label “in development” dengan rencana rilis Summer 2014 atau pertengahan tahun ini, sehingga kita juga belum bisa berkata banyak meskipun sudah melihat dari beberapa media resmi yang dirilis Microsoft.

Microsoft terakhir merilis versi remake Age of Empires II untuk PC pada tahun 2013 lalu, dan juga ekspansi baru untuk game tersebut. Mereka juga akan merilis game dengan upgrade grafis dari spin-off Age of Mythology, yaitu Age of Mythology: Extended Edition untuk Steam pada 8 Mei 2014 mendatang

Age of Empires: World Domination – Announcement Trailer –

[youtube id=”j2PEXEO2ga0″]

Sumber: AoEWD 

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.