Kembali Alirkan Air Dalam 80 Level Where’s My Water? Feat. XYY, Kini ke Mulut Domba!

Meskipun pola permainan serial Where’s My hampir tidak berubah drastis dalam setiap serinya, namun Disney tidak kekurangan ide menawarkan spin-off barunya, yang kali ini hadir melalui Where’s My Water? Feat. XYY.

Where's-My-Water-Feat.-XYY-

Seperti yang kami beritakan akhir 2012 lalu, Disney Mobile dengan game-gaem mobile menjadi amunisi terbaru Walt Disney di bisnis video game, setelah anak perusahaan mereka yang biasa menangani game konsol terus merugi. Salah satu franchise game mereka yang sangat populer adalah serial “Where’s My,” yang berawal dari game puzzle kreatif dimana kamu harus mengarahkan air ke mulut buaya di dalam selokan tersebut berkembang menjadi beberapa spin-off. Mulai Where’s My Holiday? yang dirilis 1 Desember 2011, dan kemudian sejak 1 Februari 2013 berubah menjadi Where’s My Valentine?, berlanjut Where’s My Mickey? yang dirilis 19 Juni 2013, dan yang terbaru, Where’s My Water? Feat. XYY dirilis 17 April 2014.

Apa yang menarik dari serial Where’s My adalah bagaimana Disney terus mempertahankan mekanis yang sama, dimana kamu perlu mengarahkan air melalui saluran di dalam selokan, atau suatu lingkungan seperti kota bawah tanah, untuk sampai ke tokoh utama game yang membutuhkannya. Pada setiap spin-off-nya terkadang ada elemen tertentu yang membuat puzzle mengarahkan air tersebut lebih rumit, seperti dengan menambahkan minyak yang akan terbakar menjadi api untuk membuat laju airnya lebih susah mencapai tujuan. Itulah yang mereka terapkan pada spin-off terbarunya, Where’s My Water? Feat. XYY dengan setting kota bawah tanah di China dengan bantuan domba dari serial animasi terkenal dari negara tersebut. Xi Yang Yang.

Where's-My-Water-Feat.-XY-1

Meskipun ada setting baru, ikon baru, dan sedikit variasi melalui adanya minyak dan api, namun keseluruhan mekanisnya sebenarnya sama. Demikian kami juga merasa pengalaman memainkannya seperti Where’s My Water sebelumnya. Seakan Disney kembali menawarkan pada kita 80 level baru dengan kosmetik yang berbeda, walaupun mereka penggemar Xi Yang Yang, atau juga familiar di luar China sebagai Pleasant Goat and Big Big Wolf pasti akan tertarik memainkannya.

Penulis sendiri belum mendapati laporan, apakah kasus yang terjadi di China akhir tahun kemarin, dimana seorang seorang anak mengalami kekerasan yang melibatkan penggunaan api oleh temannya, dan tindakan tersebut terinspirasi salah satu adegan dalam Xi Yang Yang, juga mempengaruhi Where’s My Water? Feat. XYY. Namun dari apa yang penulis mainkan (memang ada unsur api sih), mekanis game ini tidak ada yang menjurus pada makhluk yang terbakar, dan tetap fun dimainkan sebagaimana keeluruhan serial Where’s My sebelumnya… dengan catatan juga, tidak bosan berhadapan memainkan mekanis permainan yang begitu-begitu saja.

Where's-My-Water-Feat.-XY-2

Berbeda dengan seri sebelumnya, tidak ada versi gratis di sini. Where’s My Water? Feat. XYY ditawarkan dengan harga Rp. 12 ribu di Android, iOS, Windows Phone 8 dan US $4.99 untuk PC. Jangan harap bebas IAP, Disney masih menyisipkan IAP dalam bentuk paket petunjuk untuk menyelesaikan puzzle-nya jika kamu merasa kesulitan. Selain game ini, Disney juga akan merilis Where’s My Clover? pada Juni mendatang, dengan bintang Clover, kelinci dari animasi Sofia the First.


Where’s My Water feat. XYY App Trailer on Disney Video

  • Dapatkan Where’s My Water? Featuring XYY versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 6.0 dan jatah storage 55 MB.
  • Dapatkan Where’s My Water? Featuring XYY versi Android melalui Google Play Store atau Amazon App Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3.3 dan jatah storage 50 MB.
  • Dapatkan Where’s My Water? Featuring XYY versi Windows Phone 8 melalui Windows Phone Store. Membutuhkan Windows Phone minimal versi 8 dan 8.1 dan jatah storage 83 MB.
  • Dapatkan Where’s My Water? Featuring XYY versi PC melalui Windows Store. Membutuhkan PC Windows 8.1 dan jatah storage 90.7 MB.
TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.